Sponsors Link

3 Pakaian Adat Kalimantan Timur

Kalimantan Timur merupakan salah satu daerah yang cukup terkenal akan kekentalan budayanya seperti alat musik tradisional Kalimantan Timur. Adapun suku yang ada di daerah  Kalimantan Timur tersebut adalah perpaduan antara suku Dayak dan juga kutai yang merupakan suku asli dari ibukota Samarinda ini. provinsi Kalimantan Timur tersebut

ads

merupakan salah satu provinsi yang memiliki daya tarik tersendiri akan budaya yang ada di dalamnya misalnya tari jepen anak tiga. Dikatakan demikian karena budaya yang ada di masyarakat Kalimantan Timur tersebut merupakan perpaduan antara suku Dayak dan juga uku Kutai tersebut.

Tak heran jika kemudian ada begitu banyak kebudayaan yamg terlahir dari dua suku tersebut yang menjadi salah satu kebanggan dari daerah Kalimantan Timur dengan keunikan tari nusantara tersebut. Nah sobat semua, adapun  salah satu budaya yang akan kita bahas dari

daerah Kalimantan Timur tersebut adalah mengenai Pakaian Adat Kalimantan Timur dan penjelasannya yang akan penulis ulas secara lengkap untuk anda. Yuk sobat, langsung saja kita simak ulasan berikut ini dengan seksama. Cekidot. Adapun beberapa pakaian adat Kalimantan Timur tersebut antara lain adalah sebagai berikut :

  • Ta’a dan Sapei sapaq

Yang pertama adalah baju adat Dayak yaitu ta’a dna sapei sapaq. Adapun baju adat Dayak yag satu ini dikenal luas di kancah nasional negara kita. Baju adat yang satu ini terdiri dari dua kelengkapan , yaitu baju Ta’a yang mana baju ini adalah baju yang dikenakan oleh wanita Dayak,

semenatara itu sapei dan sapaq adalah baju adat Dayak yang digunakan oleh kaum pria. Dari pemnuatannya dan cara pemakaiannya sobat, baju adat Dayak yang satu ini sangatlah menggambarkan tentang kearifan masyarakat Dayak dalam memanfaatkan sumber daya alam secara bijak dalam aktivitas kesehariannya.

Dimana baju Ta’a dan  Sape sapeq ini tersusun atas beberapa kelengkapan seperti sapei inoq, rok sebatas lutut yang bernama Ta’a tersebut, dan juga ikat kepala yang terbuat dari kain dan daun pandan serta hiasan bulu  burung serta gelang pintalan yang dipercaya sebagai penolak bala yang diyakini oelh suku Dayak Kalimantan Timur tersebut.

  • Baju Miskat

Yang kedua adalah baju Miskat  yang berasal dari suku Kutai. Selain baju Miskat tersebut ada pula baju yang lainnya seperti baju sakai, baju kustim, baju takwo, dan juga baju rompi antakusuma yang cukup melegenda di daerah Kalimantan Timur atau suku Kutai tersebut.

Namun diantara kelima baju yang berasal dari suku Kutai tersebut, maka baju Miskatlah yang lebih banyka dikenal orang dan sudah popler. Baju miskat ini kini di daerah Kalimantan Timur sudah diresmikan sebagai salah satu seragam PNS yang dikenakan pada hari-hari tertenu, sehingga baju Miskat ini sudah dikenal oleh semua orang di daerah Kalimantan Timur tersebut.

Sponsors Link

  • Baju Kustin

Yang ketiga adalah baju Kustin. Baju Kustin ini juga merupakan salah satu baju adat yang sering digunakan oleh masyarakat Kalimantan Timur yang berasal dari suku Kutai. Pakaian yang satu ini sering digunakan oleh meraka golongan menengah keatas pada saat adanya acara resmi dalam acara pernikahanan atau acara resmi yang lainnya.

Itulah sobat ulasan yang bisa penulis share buat anda pada postingan kali ini mengenai pakaian adat Kalimantan Timur dan penjelasannya untuk anda. Semoga ulasan tersebut bisa bermanfaat bagi anda yang sudah berkunjung dan membaca artikel ini. Sampai jumpa, salam cinta budaya.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Seni Budaya
Search

Artikel Terbaru

Recent