Sponsors Link

7 Keunikan Tari Nusantara Terlengkap Beserta Penjelasannya

Salah satu cabang cabang seni yang sudah dikenal sejak lama pada berbagai wilayah di Indonesia adalah seni tari. Berkembangnya seni tari tersebut bahkan sudah mengakar pada semua sendi masyarakat dan tumbuh menjadi sebuah budaya. Bahkan seni tari merupakan salah satu unsur unsur kebudayaan mulai dari kebudayaan aceh sampai dengan kebudayaan papua yang menjadi daya tarik utama dan selalu ditampilkan pada semua bentuk pertunjukan seni dan budaya dari daerah masing masing.

ads

Secara definisi, pengertian seni tari adalah merupakan seni yang dihasilkan dari gerak tubuh secara berirama yang dilakukan di tempat dan waktu tertentu untuk keperluan pergaulan, mengungkapkan perasaan, maksud, dan pikiran dengan diiringi bunyi bunyian yang disebut musik pengiring tari untuk mengatur gerakan penari dan memperkuat maksud atau pesan yang ingin disampaikan.

Jika dilihat dari cabang cabang seni tari, tarian nusantara termasuk kedalam seni tari traditional.Dalam artikel kali ini, ilmuseni.com akan mengulas dan membahas mengenai beberapa hal yang termasuk kedalam keunikan tari nusantara dilihat dar beberapa sisi. Berikut ini beberapa hal yang merupakan keunikan dari tari tarian nusantara tersebut.

  1. Memiliki ciri khas pada masing masing daerah

Setiap tari yang termasuk kedalam tari nusantara memiliki ciri khas dan keunikan satu sama lain dan saling berbeda meskipun beberapa diantaranya tetap memiliki hubungan satu sama lain terutama wilayah yang dihuni oleh suku yang masih memiliki hubungan dengan suku di wilayah lainnya. Karena adanya kekhasan dari setiap seni tari masing masing daerah menjadikan setiap tarian tersebut selalu dipentaskan dan menjadi sebuah tari pertunjukan dan penyambutan tamu.

  1. Memiliki beraneka ragam fungsi

Tari nusantara merupakan salah satu bentuk dari cabang tari traditional yang memiliki banyak fungsi. Fungsi seni tari traditional yang juga dimiliki oleh seni tari nusantara diantaranya seperti :

  • Sarana upacara, contoh seni tari nusantara yang memiliki fungsi ini adalah seni tari pendet dari bali yang digunakan dalam beberapa upacara keaamaan.
  • Sarana hiburan, contoh seni tari nusantara yang memiliki fungsi ini salah satunya tari tayub dari jawa tengah dan tari jaipong dari jawa barat yang termasuk kebudayaan suku sunda.
  • Sarana penyaluran terapi, beberapa tari nusantara digunakan sebagai salah satu pengobatan alternatif dan terapi untuk penyakit tertentu.
  • Beberapa fungsi lainnya, seperti sebagai penyambutan tamu, ibadah kepada sang pencipta, sarana pendidikan, sarana pergaulan, dan sarana pertunjukan.
  1. Sebagian besar merupakan tarian yang sakral

Sakral merupakan kata dalam bahasa Indonesia yang berarti suci dan keramat. Berkaitan dengan kata sakral tersebut, beberapa tarian nusantara terutama yang berasal dari suku tertentu dan dari keraton atau kerajaan merupakan salah satu jenis tarian yang suci dan keramat. Tingkat kesakralan tarian nusantara tersebut bahkan sebanding dengan kesucian serta kesakralan dari beberapa benda benda maupun pusaka yang melambangkan kekuasaan raja pada zaman hindu jawa. Namun meskipun begitu, ada beberapa tarian yang berubah kesakralannya karena berakhirnya sebuah kerajaan maupun kesukuan.

Sponsors Link

  1. Diiringi oleh musik khas daerah tersebut

Keunikan tari nusantara selanjutnya adalah hampir semua tari traditional nusantara selalu diiringi oleh musik dari alat musik traditional daerah dalam proses pementasannya. Dengan adanya iringan musik maka penampilan dan pertunjukan dari seni tari traditional nusantara akan lebih menarik dan dapat dinikmati dengan baik. Tari dan musik traditional sering kali mendukung satu sama lain dalam proses pementasannya.

  1. Gerakan tari yang identik pada daerah tertentu

Jika diulas dan diperhatikan dengan seksama, setiap tari tarian nusantara memiliki bentuk gerakan yang unik serta berbeda satu sama lain. Keunikan gerakan tari tarian traditional selalu menjadi ciri khas setiap wilayah maupun daerah asal tarian traditional tersebut dibandingkan dengan daerah lain.

  1. Keunikan kostum

Dilihat dari segi penampilan para penarinya, setiap tari tarian nusantara memiliki keunikan tersendiri dari segi kostum atau pakaian yang digunakan. Beberapa tarian nusantara menjadikan baju daerah sebagai kostum dalam tarian, namun ada juga kostum dari tari nusantara yang tidak serupa atau berbeda dengan kostum daerah asal tari traditional tersebut. Selain kostum, beberapa aksesoris yang digunakan juga sering menjadi keunikan serta ciri khas tersebut.

Sponsors Link

  1. Beberapa tarian dipengaruhi oleh budaya asing

Beberapa tarian nusantara dipengaruhi oleh beberapa kebudayaan asing yang masuk ke dalam wilayah Indonesia. Contohnya seperti tarian dari suku betawi di jakarta banyak mendapat pengaruh dari berbagai suku mulai suku melayu, suku cina, dll yang ditunjukan dalam bentuk gerakan, musik pengiring, kostum dan aksesoris yang digunakan, serta berbagai hal di dalamnya.

Itulah beberapa hal yang menjadi keunikan tarian nusantara dibandingkan dengan bentuk tarian lain seperti tarian modern dan tari lainnya. Beberapa keunikan yang dijelaskan diatas tidak sepenuhnya terdapat pada semua jenis tari traditional nusantara namun hanya bersifat secara umum saja. Dengan informasi mengenai keunikan tari nusantara tersebut dapat menjadi tambahan pengetahuan dalam mempelajari seni tari secara khusus dan ilmu seni secara umum. Tambahan pengetahuan dan ilmu pada penjelasan tersebut terutama yang berkaitan dengan kesenian daerah yang berasal dari Indonesia.

, , , ,




Oleh :
Kategori : Seni Tari
Search

Artikel Terbaru

Recent