Sponsors Link

Pakaian Adat Kepulauan Riau

Daerah kepulauan Riau yang memiliki macam macam kerajinan tangan dari Riau merupakan salah satu provinsi yang terdapat di pulau Sumatera.  Kepulauan ini merupakan sebuah provinsi yang baru yang merupakan hasil pemekaran daerah provinsi Riau yang terbentuk sejak 24 September tahun 2002 yang lalu.

ads

Namun meski masih tergolong provinsi yang baru sobat, unsir budaya yang terdapat pada provinsi Riau ini cukup kental. Kebudayan itu sendiri tidak bisa dilepaskan dari sejarah panjang peta pada saat perdagangan dunia. Letak daerah provinsi Riau yang sangat strategis tersebut,

memiliki daerah Riau tersebut memiliki keragaman seni patung untuk keindahan rumah atau budaya yang sangat kenta dengan akuluturasi budaya Melayu sebagai penduduk lokal dan juga para pendatang sebut saja seperti budaya Arab, China dan juga Eropa yang sudah berakulturasi menjadi satu kesatuan.

Jika kita berbicara mengenai budaya dalam suatu daerah tentuya kita juga tidak akan terlepas dari bahasan tentang pakaian adat dari suatu daerah tersebut. Nah sobat, untuk itu pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai pakaian adat kepulauan Riau dan penjelasanya. Yuk sobat, langsung saja kita simak ulasan berikut ini.

Pakaian Adat Kepulauan Riau

Salah satu pakaian adat yang berasal dari Riau tersebut yang digunakan dalam tari japin adalah seperti Kebaya Labuh dan Teluk Belanga. Namun meski demikian itu bukanlah satu-santunya pakaian adat dari kepualauan Riau tersebut. Ada berbagai jenis pakaian yang bisa kita temukan  dari Riau tersebut. Berikut ulasan selengkapnya untuk anda.

  • Kebaya Labuh Untuk Wanita

Pakaian kebaya labuh merupakan pakaian khas Riau yang diperuntukkan bagi kaum wanita pada saat ada acara resmi. Bentuk pakaian ini sama seperti kebaya pada umumnya, namun hal yang membedaknya adalah kebaya Lebuh ini berukuran panjang hingga ke lutut.

Jika kita lihat dari design kebaya Labuh ini, tergolong sangat sederhana juga, yakni pada bagian depan kebaya dikatikan dengan peniti atau kancing sebanyak tiga buah. Jumah kancing yang hanya sedikit tersebut membuat bagian bawah kebaya Labuh ini menjadi lebih lebar dan juga terbuka.

Semantara itu sobat, untuk bawahannya sendiri kebaya Labuh ini dipadukan dengan menggunakan batik cual yang dibalutkan di bagian pinggang.  Selain itu menggunakan selendang dan juga aksesoris lainnya berupa kembang goyang sebagai hiasan rambut dan kerudung.

  • Teluk Belanga Untuk Pria

Para pria Riau ini menggunakan baju yang khas yakni baju Teluk Belanga. Adapun pakaian teluk belanga ini pada umumnya merupakan pakaian pria Melayu yang dijadikan sebagai ikon pakaian adat dari Riau , Jambi dan juga sekitarnya tersebut.

Namun meski demikain sobat, terlepas dari hal tersebut ada keunikan tersendiri yang menjadi ciri khas dari baju Teluk Belanga tersebut.  Baju Teluk Belanga dari Riau ini memiliki motif polos dan juga warna yang tidak mencolok, sebut saja seperti hitam dan abu-abu.


Warna baju dan celana sebagai bawahannya lazimnya sama, namun dilengkapi dengan aksesoris sarung yang juga memiliki warna seirama dengan baju dan celana tersebut yang panjangnya hingga kelutut saja. Selain itu dilengkapi pula aksesoris seperti penutup kepala yang bernama tanjak yang terbuat dari kain songket segiempat yang warna dan motifnya sama seperti sarung yang dikenakannya.

Nah sobat semua, itulah ulasan mengenai pakaian adat kepulauan Riau dan penjelasaanya yang merupakan salah satu kekayaan budaya bangsa kita Indonesia tercinta ini. Semoga ulasan diatas bisa bermanfaay untuk anda yang membacanya. Salam

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Seni Budaya