Sponsors Link

Pakaian Adat Papua Barat dan Penjelasannya

Provinsi Papua Barat merupakan sebuah provinsi yang terletak di ujung barat papua yang belum laam berdiri. Papua Barat ini merupakan daerah hasil pemekaran dari provinsi Papua yang mulain berdiri sejak 18 April 2007 yang lalu. Pada umumnya, kebiasaan atau budaya yang ada pada masyarakat Papua Barat ini secara garis besar tidak terlalu jauh berbeda dengan budaya yang berasal dari Papua itu sendiri. 

ads

Hal ini bisa kita lihat dari budaya masyarakat Papua ini sendiri yang sangat dekat dengan alam. Meski ada beberapa suku yang mendiami darah papua tersebut, namun cara hidupa atau budaya mereka tidaklah jauh berbeda.

Nah sobat semua, meski begitu bukan berarti tidak adanya perbedaan dari budaya Papua Barat tersebut secara keseluruhan. Sebut saja seperti pakaian adatnya yang tentunya adanya perbedaan dari pakaian adat Papua secara keseluruhan. Untuk informasi selengkapnya, yuk sobat langsung saja kita simak ulasan berikut ini mengenai pakaian adat Papua Barat dan penjelasanya untuk anda. Cekidot.

  • Pakaian Adat Ewer Papua Barat

Adapun pakaian yang satu ini murni terbuat dari bahan alami yakni dari jerami yang dikeringkan. Namun sesuai dengan kemajuan zaman dan juga adanya moderenisasi terhadap buasana, maka  kini pakaian Ewer khas Papua Barat ini sudah dilengkapi dengan kain untuk bahan atasannya. 

Sehingga dengan demikian, bisa dibilang pakian adat yang satu ini adalah perpaduan antara busana yang dekat dengan alam dan jiag tentunya dekat dengan modernisasi sehingga keduanya terlihat tampak lebh sempurna. Pakaian ini digunakan oleh kaum wanita dan juga pria.

  •  Pakaian Adat Wanita Papua Barat

Pakaian yang satu ini juga identik dengan alam, dimana untuk rok pakaian adat yang satu ini menggunakan serat serat tumbuhan dan merangkainya menggunakan tali di bagian atasnya. Rok ini sendiri terbuat dari dua lapisan, yakni lapisan dalam setinggi lutut dan juga lapisan luar yang lebih pendek.

Untuk menguatkan ikatan roknya dengan serat serat tumbuhan yang merupakan bahan utama pembuatan rok tersebut, maka akan dipadukan dengan ikat pinggang yag terbuat dari kulit kayu yang diukir sedemikian rupa, sehingga memperindah pakaian adat tersebut yang bisanya berbentuk kotak dengan susunan geometris.

Sedangkan untuk atasannya menggunakan kain beludru dengan pernik rumbai bulu dibaain tepi leher, tangan dan juga pinggangnya. Pakaian adat yang satu ini sering kali digunakan oleh masyarakat yang berdomosili di daerah Manokwari.

  • Pakaian Adat Pria Papua Barat

Selain wanitanya, tentunya pria dari Papua Barat juga memiliki pakaian adat tersendiri. Untuk mereka kaum pria busana atau pakaian adatnya juga sudah mengalami perubahan dari zaman dahulu. Untuk sekarang ini, pakaian adat pria Papua Barat terbuat dari kain beludru yang sudah mengalamai modernisasi dan tentunya lebih sopan dan enak dilihat dari pada yang sebelumnya.

Pakaian ini sering dipadukan dengan celana pendek sebatas lutut lengkap denga kain penutup yang menjuntai di bagian depan yang digunakan sebagai bawahan, sementara untuk bagian atasan menggunakan rompi yang dibuat dengan kain dan juga model yang sama. Dan tak lupa pula pada setiap tepi baju tersebut disematkan warna terang.

Pakaian adat lainnya yang perlu anda ketahui :


Demikian sobat ulasan yang bisa penulis sajikan untuk anda mengenai pakaian adat Papua Barat dan penjelasannya untuk anda. Semoga ulasan ini bisa bermanfaat untuk anda yang sudah membacanya. Salam.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Seni Budaya