Sponsors Link

Ciri Khas Batik Pekalongan dan Penjelasannya

Seperti yang sudah kita ketahui bersama sobat, batik merupakan salah satu kerajinan tradisional yang sudah menjadi ciri khas sekaligus contoh seni budaya nusantara negara kita Indonesia yang tercinta ini. Selain itu sobat, kerajian batik tersebut merupakan salah satu kebanggan bangsa kita karena sudah terkenal hingga ke manca negara.

ads

Oleh karena itulah sobat, kita sebagai bangsa Indonesia wajib bangga akan kerajian yang satu ini, dan sebagai bentuk dari kebanggan tersebut kita harus ikut serta melestarikan kerajian tersebut dengan cara ikut serta menggunakan kerajian batik tersebut.

Berbicara mengenai contoh seni batik tersebut, tentunya bagi siapa saja yang menyukai batik tentunya akan memilih jenis batik yang memiliki motif dan kualitas yang sesuai dengan yang ia harapkan. Dan salah satu jenis batik yang sering digunakan oleh sejumlah orang adalah seperti batik Pekalongan.

Batik pekalongan merupakan salah satu jenis batik yang cukup banyak diminati oleh mereka pecinta batik. Jika anda berkunjung ke Pekalongan, maka anda akan melihat banyaknya pengrajin batik yang menjadi salah satu matah pencaharian didaerah pekalongan tersebut. Dan untuk mengetahui lebih detail  mengenai ciri khas batik Pekalongan tersebut, yuk langsung saja kita simak ulasan berikut ini. Cekidot.

Adapun beberapa ciri khas batik Pekalongan antara lain adalah sebagai berikut :

  • Mayoritas Bermotif Bunga

Batik yang dihasilkan oleh mereka pengrajin batik Pekalongan, maka sebagian besar batik hasil kerajinan tersebut memiliki motif bunga. Motif bunga itu sendiri juga relative berukuran kecil sehingga agak berbeda dengan motif bunga pada batik hasil daerah yang lainnya sehingga menjadi ciri khas tersendiri.

  • Motif Dipenuhi Dengan Garis dan Titik

Selain memiliki motif bunga yang cerah, maka ciri lain dari batik Pekalongan ini juga memiliki motif garis dan juga titik pada setiap hasil kerajiann batik tersebut. Bunga yang kecil kecil yang tadi akan diapit oleh motif garis dan juga titik sehingga tampilan motifnya terlihat lebih nyata. Kain batiknya sendiri juga dipenuhi dengan sentuhan motif yang ramai, semarak dan juga cerah sehingga menambah daya tarik akan batik Pekalongan itu sendiri.

  • Memiliki Warna Yang Cerah

Kecerahan warna batik Pekalongan sudah tidak diragukan lagi ya sobat. Warna khas dari batik Pekalongan tersebut memiliki warna khas batik pesisir yang lebih cerah dan terang. Warna yang umumnya digunakan oleh mereka kaum pengrajin batik tersebut adalah seperti warna jingga, merah muda, warna pink, salem, biru, hijau, kuning dan berbagai jenis warna yang cerah lainnya yang dijadikan sebagai warna dari dari pembuatan batik Pekalongan tersebut.

  • Memiliki Motif Khas Keturunan Tiongkok

Selian motif-motif di atas, maka anda juga bisa menemukan batik khas keturunan tiongkok yang memiliki corak khas hewan. Corak hewannya pun tidak mencakup semua jenis hewan, namun hanya motig burung Phoenix dan juga motif naga.

  • Memiliki Motif Jlamprang

Motif yang terakhir adalah motif Jlamprang. Yakni motif titik dengan bentuk yang geometris. Motif ini merupakan kumpulan titik yang dibuat berbentuk seperti motif yang serupa dari ujung hingga keujung yang lainnya. Motif ini juga menggunakan motif cerah dan biasanya menggabungkan antara satu warna dan warna cerah lainnya.


Sekian ulasan mengenai ciri khas batik Pekalongan yang bisa penulis sajikan untuk anda pada postingan kali ini. Semoga ulasan ini bermanfaat bagi anda yang sudah membacanya. Salam

, , , ,




Oleh :
Kategori : Seni Budaya