Sponsors Link

Alat Musik Tradisional NTT dan Penjelasannya

NTT atau Nusa Tenggara Timur adalah provinsi yang dikenal dengan tradisi dan budaya yang unik,salah satu alat musik yang terkenal dari NTT ini yaitu sasando yang bahkan sudah terkenal sampai ke mancanegara yakni budaya Indonesia yang mendunia.Suku-suku yang ada di NTT yaitu Suku Manggarai,Suku Atoni,Suku Lamaholot,Suku Sumba,Suku Rote,Suku Belu dan juga Suku Lio dan

ads

dengan adanya alat-alat musik atau unsur unsur pertunjukan musik tradisional yang berasal dari NTT itulah yang menggambarkan citra seni yang tinggi dari masyarakat yang ada di sana.Apabila selama ini kita hanya mengetahui alat musik yang terkenal dari NTT yaitu sasando yang merupakan khas suku Rote,dalam pembahasan kali ini kita akan membahas apa saja macam-macam alat musik yang berasal dari NTT ini.

1. Alat Musik Heo

Alat musik tradisional lainnya yang berasal dari NTT selain sasando yaitu Heo, apakah dari kamu tau apa alat musik Heo itu ? Alat musik Heo ini dimainkan dengan cara digesek, terbuat dari papan dan dirangkai dengan ekor kuda.

Alat musik ini terdiri dari 4 dawai yang terdiri dari nada dasar yang berbeda beda dan memiliki fungsi seni pertunjukan bagi masyarakat. Cara memainkan alat musik Heo ini yaitu sama dengan cara memainkan biola dengan cara digesek.

2. Alat Musik Sasando

Nama lain dari alat musik sasando ini yaitu Sasando Rote,asal alat musik ini yaitu dari pulau Rote,sesuai dengan namanya.Alat musik sasando ini termasuk kedalam jenis alat musik yang unik. Sasando ini terdiri dari 2 bagian yaitu,bagian yang terbuat dari daun lontar dan bagian yang terbuat dari bambu.

Untuk bagian yang terbuat dari bamboo adalah tempat untuk meletakkan dawai-dawai sasando yang jumlah nya terdiri dari 28 dawai (sasando engkel),56 dawai (sasando dobel),dawai tersebut dipasang pada bambu yang melingkar dengan ukuran panjang yang bermacam macam.

Agar suara petikan yang dihasilkan dari petikan dawai menghasilkan suara yang kuat,untuk bagian lengkungan dari dari daun lontar tersebut yang rapat dipasang pada bagian belakang,dan diikat agar menyatu dengan bambu.Dengan adanya lengkungan dari daun lontar inilah yang membuat alat musik sasando ini unik.

Untuk saat ini sudah jarang ditemukan orang yang bisa memainkan alat musik ini,alat musik sasando ini terbilang salah satu alat musik yang mengandung unsur etnik dan memiliki nilai artistik yang tinggi.Apabila dari kamu ada yang berasal dari NTT,kamu bisa untuk berlatih memainkan alat musik ini dan bisa kamu ajarkan kepada orang lain agar alat musik ini tidak hilang ditelan waktu.

3. Alat Musik Foy Pai

Alat musik Foy Pai adalah alat musik yang dimainkan dengan cara ditiup,bentuk dari alat musik Foy Pai ini menyerupai bentuk angka 4 dan alat musik ini berupa suling bambu.Nada-nada yang dihasilkan dari alat musik ini yaitu do,re.mi,fa,sol yang merupakan nada-nada dasar.

4. Alat Musik Foy Doa

Foy Doa adalah alat musik yang berasal dari kebudayaan Flores yang berada di NTT.Foy Doa mempunyai arti yaitu suling ganda,alat musik ini tersusun dari 2 suling yang dimainkan dengan cara sama-sama.Alat musik Foy Doa ini dimainkan sebagai pengiring syair atau pun petuah orang tua kepada para anak-anak nya.Dengan diiringi alat musik Foy Doa ini,pesan yang disampaikan akan lebih berkesan.

Sponsors Link

5. Alat Musik Knobe Khabetas

Knobe Khobteas adalah alat musik yang sudah ada sejak zaman batu,bentuk dari alat musik ini mempunyai bentuk seperti busur panah,dan lengkungan bambu akan diikat dengan menggunakan tali yang tipis tetapi lebar.Alat musik ini dimainkan dengan cara tali didekatkan ke mulut lalu ditiup.Pada zaman dahulu alat musi Knobe Khabetas ini dipakai pada saat sedang menunggu di sawah agar sawah terhindar dari hama.

6. Alat Musik Knobe Oh

Cara memainkan alat musik ini sama dengan memainkan alat musik Knobe Khabetas.Akan tetapi bentuk dari alat musik ini berbeda dengan Knobe Khabetas. Cara membuat alat musik ini yaitu dengan cara mengerat dibagian tengahnya dengan menggunakan bilah bamboo yang panjang nya 12.5cm.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Seni Musik