Sponsors Link

Alat Musik Tradisional Sumbawa dan Penjelasannya

Di Sumbawa terdapat beberapa etnis yang hidup secara berdampingan dan damai. Sumbawa sendiri termasuk provinsi yang mempunyai kultur masyarakat yang beraneka ragam,dari masing-masing suku yang ada disana mereka memiliki ciri tersendiri dari kebudayaannya yakni memiliki keunikan tari nusantara.

ads

Keanekaragaman budaya yang disana bisa kita lihat dari macam-macam jenis alat musik tradisional yang masih dimainkan hingga saat ini. Apa saja sih macam-macam alat musik yang berasal dari Sumbawa ini,mari kita simak penjelasannya.

1. Gendang Baleq

Gendang Baleq ini adalah alat musik yang berasal dari suku sasak,gendang baleq ini mempunyai ukuran yang lebih besar berbeda dari ukuran gendang yang digunakan dalam cabang seni tari biasanya. Pada setiap ujungnya gendang baleq ini mempunyai dua membran,gendang baleq ini bisa kita gendong apabila ingin memainkannya dan dipukul dengan menggunakan alat khusus untuk memukul gendang baleq ini.

2. Serunai Pareret

Alat musik serunai pareret ini merupakan alat musik yang menghasilkan nada yang melodis pada saat ditiup,alat musik ini sejenis dengan alat musik terompet atau contoh budaya nasional Indonesia. Serunai Pareret mempunyai 7 lubang nada,tetapi ada juga yang jumlah nya berbeda-bedan atau berfariatif.

Di dalam buadaya Lombok Barat khususnya dalam kultur Hindu alat musik ini sangat terkenal.Tetapi di Bali sudah jarang sekali ditemukan jenis alat musik ini.Pada acara keagamaan agama Hindu alat musik ini sering dimainkan,dan ada juga peraturannya untuk memainkan alat musik ini boleh atau tidaknya.

3. Satong Srek

Alat musik ini termasuk dalam jenis alat musik perkusi,alat musik ini dibuat dari batang bambu dan terdapat lempengan seng pada bagian atasnya.Batang bambu yang kering dilubangi sebagian yang berfungsi sebagai resonator,

dan pada lempengan seng diberi lubang kecil-kecil agar bagian atasnya kasar.Cara memainkan alat musik ini yaitu dengan dipukul,alat musik ini biasanya digunakan sebagai pengiring dalam tarian badede,syier male,bulan kasandung,ngumang rame dan nguri.

4. Genggong

Jenis alat musik genggong ini yaitu sejenis dengan harpa mulut,saat ditiup dan talinya digerakkan akan menghasilkan suara.Kita bisa menemukan alat musik ini disetiap budaya suku yang ada di Nusantara.Genggong ini terbagi menjadi dua yaitu genggong lanang dan genggong wadah.Dalam membuat alat musik ini para masyarakat Hindu mempercayai sebelum membuat alat musik ini terlebih dahulu harus menyiapkan sesaji dan dilakukan pada hari Jumat.

5. Gula Gending

Keunikan dari alat musik gula gending ini yaitu pada zaman dahulu masyarakat suku sasau pada saat sedang berjualan arum manis,para penjual tersebut akan membunyikan wadah nya dan akan menghasilkan musik.Cara memainkan alat musik ini yaitu dengan cara dipukul,suara yang dikeluarkan dari alat musik gula gending ini akan menjadi daya tarik bagi para anak-anak.

6. Cungkling atau Palompong

Cara memainkan alat musik ini dengan cara dipukul dan alat pemukulnya terbuat dari kayu,alat musik ini terbuat dari bilah-bilah kayu yang kemudian disusun di kerangka kayu.Alat musik ini pada zaman dahulu digunakan sebagai pengusir rasa sepi disaat sedang menunggu padi agar padi tidak dimakan hama.Pada saat sekarang alat musik cungkling ini digunakan untuk pengiring untuk orkestra Gong Genang.

7. Sarone

Sarone adalah alat musik yang dibuat dari daun lontar dan bambu. Alat musik sarone ini sejenis dengan alat musik clarinet.Fungsi dari daun lontar yaitu sebagai pengeras suara,dan bamboo berfungsi sebagi tangkai dan tempat lubang nada.

Sponsors Link

Jumlah dari lubang nada yaitu berjumlah 6 lubang dan dengan 1 lubang pada arah berlawanan dan lubang lain sebagi corong. Oleh masyarakt sumba alat musik sarone ini dipercayai bisa mengusir roh halus dan sebagai pengobatan alternatife. Sebelum memulai memainkan alat musik ini biasanya dibakarkan kemenyan dihadapan orang yang akan disembuhkan.

8. Drudiana

Bentuk dari alat musik ini tidak jauh berbeda dengan garpu tala,bentuk dari alat musik ini berbentuk seperti huruf Y dan berbentuk seperti garpu.Apabila kita hentakkan maka pada frekuensi tertentu akan menghasilkan resonansi.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Seni Musik