Sponsors Link

5 Unsur Unsur Pertunjukan Musik Tradisional – Wajib Tahu

Seni merupakan sebuah hal yang sudah tidak asing lagi dan telah diajarkan di berbagai tempat dari pendidikan formal maupun non formal. Diantara berbagai macam cabang cabang seni, seni musik merupakan sebuah seni yang banyak karyanya telah diterima dan menjadi bagian dalam kehidupan bermasyarakat. Sebauh karya musik dapat dengan mudah didengarkan di berbagai macam tempat. Dalam proses perkembangannya, seni musik dapat dibagi ke dalam dua jenis musik yakni musik traditional dan musik modern.

ads

Musik modern merupakan jenis musik yang berkembang mengikuti jaman serta perkembangan teknologi dan minat dari para penikmat musik. Musik modern lebih banyak memiliki berbagai macam jenis dan genre.  Seni musik traditionalmenurut wikipedia adalah  musik yang hidup di masyarakat secara turun temurun, dipertahankan sebagai sarana hiburan.

Secara fungsi, seni musik traditional diciptakan untuk beberapa kondisi dan memiliki fungsi dan tujuan musik traditional nusantara seperti sebagai sarana komunikasi, sarana hiburan, musik pengiring seni pertunjukan lainnya, dan sebagai sarana persembahan kepada sang pencipta.

Pada masanya kini, musik traditional lebih banyak bersifat sebagai sebuah pertunjukan dan sarana hiburan. Konidisi ini terjadi karena penikmat serta pemain musik traditional sudah tidak banyak dijumpai. Sama halnya dengan unsur unsur seni musik, dalam proses pertunjukan seni musik traditiona juga memiliki beberapa unsur yang menyusun didalamnya. Berikut beberapa ulasan mengenai unsur unsur pertunjukan musik tradisional yang diuraikan di bawah ini.

  1. Tema

Unsur unsur pertunjukan musik traditional yang pertama adalah tema. Tema merupakan sebuah plot dan menjadi dasar pemikiran dalam sebuah pertunjukan. Pikiran pokok atau tema tersebut akan menjadi peganggan dalam proses pembuatan karya seni musik untuk sebuah pertunjukan. Tema yang biasanya dipilih pada pertunjukan musik traditional akan berkaitan erat dengan adat istiadat, cerita rakyat, dan berbagai macam fakta tertentu dari sebuah daerah di nusantara. Proses penentuan tema ini akan sangat mempengaruhi hasil karya yang akan dipertunjukan dalam pageralaran musik traditional nantinya sehingga harus dipertimbangkan dengan baik dan benar.

  1. Instrumen musik

Selain tema, instrumen atau alat musik traditional yang akan digunakan dalam sebuah pertunjukan seni musik traditional juga merupakan unsur unsur pertunjukan musik traditional. Intrumen yang digunakan sebagai unsur pertunjukan musik traditional pastinya berupa alat musik yang cukup terkenal dan menjadi sebuah ciri khas kebudayaan pada suatu daerah.

  1. Pemain musik

Berkaitan dengan instrumen musik atau alat musik maka unsur unsur pertunjukan musik terutam dalam hal ini musik traditional lainnya adalah pemain musik itu sendiri. Pemain musik berperan dalam terjadinya sebuah suara yang akan di padu padankan dari berbagai macam alat atau instrumen musik traditional dengan berbagai macam tema tertentu.

  1. Lirik vokal

Unsur lainnya dalam pertunjukan seni musik traditional yang disajikan secara campuran yang didalamnya terdapat berbagai macam jenis musik vokal musik instrumen yakni lirik dari vokal dalam pertunjukan tersebut. Lirik musik traditional akan sarat dengan pesan pesan moral yang berkaitan dengan tema dan adat istiadat dari daerah asal musik traditional yang dibawakan.

  1. Unsur Musik

Sebagai sebuah seni musik, musik pertunjukan traditional juga semestinya memiliki unsur unsur musik pada umumnya yang diterapkan dalam proses pembuatan sebuah karya musik yang dapat seseuai dengan kondisi yang ingin di munculkan dalam pertunjukan musik traditional tersebut. Unsur musik yang terdapat didalah pertunjukan musik traditional diataranya disebutkan diawah ini.

  • Harmoni, kerja sama antara berbagai faktor dengan sedemikian rupa hingga faktor-faktor tersebut dapat menghasilkan suatu kesatuan yang luhur.
  • Tangga Nada, susunan berjenjang dari nada-nada pokok suatu sistem nada, mulai dari salah satu nada dasar sampai dengan nada oktafnya. Tangga nada dibagi menjadi dua, yaitu tangga nada diatonik dan tangga nada pentatonik
  • Tempo, ukuran kecepatan dalam birama lagu yang diukur menggunakan alat bernama metronom. Di dalam keyboard terdapat digital metronome yang bisa berfungsi sebagai pengukur kecepatan dalam birama
  • Dinamika, tanda untuk memainkan volume nada secara nyaring atau lembut. Dinamika biasanya digunakan oleh komposer untuk menunjukan bagaimana perasaan yang terkandung di dalam sebuah komposisi
  • Timbre, menurut wikipedia disebut juga warna nada atau kualitas nada dari ilmu psikoakustik yang merupakan kualitas penerimaan suara dari sebuah nada musik, suara, atau nada yang membedakan jenis yang berbeda dari produksi suara.
  • Melodi,  sebuah suksesi linear nada musik yang dianggap sebagai satu kesatuan berupa urutan nada dan tangga nada.
  • Irama atau Ritme,  variasi horizontal dan aksen dari suatu suara yang teratur. Sebagai unsur unsur musik, ritme terbentuk dari suara dan diam yang digabungkan untuk membentuk pola suara berulang.
  • Birama,  Birama merupakan bagian atau segmen dari suatu baris unsur melodi, yang menunjukkan berapa ketukan dalam bagian tersebut.

Berbagai macam unsur yang terdapat dalam pertunjukan musik traditional tersebut harus senantiasa dijadikan sebuah pegangan dalam proses penentuan bentuk serta hal lainnnya yang sangat berkaitan secara teknis. Bacalah artikel unsur unsur musik dan pengertian yang sudah dijelaskan serta diulas secara mendalam dalam blog ilmuseni.com ini.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Seni Musik