Sponsors Link

Alat Musik Tradisional Yogyakarta dan Penjelasannya

Letak daerah istimewa Yogyakarta berada di sebelah selatan pulau jawa dan berbatasan dengan Samudera Hindia dan Provinsi Jawa Tengah.Yogyakarta merupakan perpaduan dari Negara kesultanan Yogyakarta dan Negara Kadipaten paku alaman yang memiliki jenis jenis tarian yogyakarta.

ads

Selain memiliki banyak pantai yang indah,Yogyakarta juga kaya akan kesenian dan budayanya. Disamping itu juga,Yogyakarta juga memiliki ragam alat musik,dalam ulasan kita kali ini kita akan membahas satu persatu apa saja macam-macam alat musik yang berasal dari kota Gudeg ini.

1. Gamelan

Alat musik gamelan yang memiliki unsur musik gamelan ini berasal dari kata gamel yang mempunyai arti menabuh atau memukul,dan diikuti dengan akhiran an yang menunjukkan kata benda. Gamelan ini banyak dijumpai di Pulau Jawa,Bali,Madura,Lombok,

dalam berbagai jenis ensambel dan ukuran.Ensambel musik biasanya lebih menonjolkan gambang, gendang, metalofon, dan juga gong.Istilah gamelan ini merupakan suatu kesatuan yang utuh dibunyikan dan diwujudkan secara bersama-sama.

2. Demung

Demung ini merupakan keluarga balungan,yang juga merupakan salah satu instrumen gamelan yakni bagian aliran seni musik.Didalam satu set gamelan mempunyai 2 demung,versi yang dimiliki yaitu versi pleog dan slendro.Demung sendiri memiliki ukuran yang lebih besar,dan dalam keluarga balungan demung ini memiliki nada dengan oktaf terendah.

Apabila dibandingkan dengan wilahan saron,demung mempunyai wilahan lebih lebar namun relatif lebih tipis, dan nada yang dihasilkan tentunya lebih rendah.Bahan dasar yang digunakan untuk tabuh demung yaitu kayu,berbentuk seperti palu lebih berat dibandingkan dengan tabuh sarondan juga lebih besar.

3. Gendang

Gendang ini juga suka dipakai dalam musik Jawa Barat,fungsi dari gendang ini yaitu untuk mengatur irama.Cara memainkan alat musik ini dengan cara ditabuh dengan menggunakan tangan tanpa alat bantu.gendang memiliki banyak jenis dan ukuran,

untuk gendang kecil disebut dengan ketipung,dan yang berukuran sedang disebut dengan kebar/ciblon.kendang gedhe atau kendang kalih yaitu merupakan pasangan dari ketipung.Untuk musik yang berkarakter halus seperti gendhing kethuk kalih,ladrang irama dadi,dan juga ketawang,kendang kalih lah yang dimainkan.Biasanya untuk pembukaan lagu lancaran,

ladrang irama tanggung biasanya dengan irama cepat.Dalam pewayangan yaitu kendang khosek kendang khas yang biasa digunakan.Yang sudah lama menyelami budaya jawa sudah terlatih untuk memainkan kendang.Kendang dimainkan oleh satu orang ,karena apabila dimainkan lebih dari satu orang akan berbeda nuansanya.

4. Kempung atau Gong kecil

Kempung ini biasanya diletakkan dengan cara digantung menjadi satu dalam perangkat gong.Kempul ini merupakan satu perangkat gamelan yang ditabuh.Kempul ini termasuk instrumen yang keras dari gamelan.

5. Gong sebul atau tiup

Gong sebul ini alat musik yang terbuat dari bambu,gong sebul ini berbentuk tidak seperti gong pada umumnya,tapi berbentuk panjang seperti bambu pethung  Untuk nada yang dihasilkan tergantung dari ukuran bambu nya.Cara memainkan gong sebul ini tidak dipukul seperti gong biasanya tetapi dengan cara ditiup. Untuk melengkapi tradisi musik krumpyung digunakanlah gong sebul ini. Selain itu juga digunakan beberapa alat musik lainnya yang terbuat dari bambu seperti peking,saron,demung,bonang,kempul,gambang dan juga kendang.

6. Gejog Lesung (Lesung dan Alu)

Jika dari namanya Gejog Lesung pasti kita akan berfikir lesung alat yang digunakan untuk menumbuk padi. Alat musik Gejog Lesung ini dimainkan oleh beberapa orang dengan menggunakan lesung (penumbuk padai) dan juga alu. Alat musik ini dimainkan oleh para orang tua terdahulu yang berkaitan dengan ketoprak lesung.Kesenian gejog lesung ini berasal dari daerah Desa Banaran,Palyen Gunung Kidul.

Sponsors Link

7. Krumpyung

Alat musik krumpyung ini merupakan alat musik yang berasal dari daerah kulonprogo.Iringan alat musik yang digunakan untuk mengiringi alat musik krumpyung ini adalah iringan alat musik yang semuanya terbuat dari bambu. Lagu-lagu yang dibawakan seperti Campur sari,langgam jawa dan juga uyon-uyon.

Nada yang dihasilkan dari krumpyung ini hampir sama dengan gamelan jawa yang menggunakan leog dan laras slendro.Akan tetapi dalam kesenian krumpyung ini cara memainkan gong nya dengan cara ditiup dan dipukul. Alat musik krumpyung ini berasal dari dusun Tegiri desa Hargowilis,Kecamatan Kokap.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Seni Musik