Sponsors Link

16 Aliran Seni Musik Terlengkap Beserta Penjelasannya

Musik adalah energi tanpa batas yang melibatkan melodi, vokal, ritme, suara dan tempo yang dapat menjadi nyawa kedua manusia karena musik mampu menjadikan seseorang termotivasi, semangat, mempunyai ambisi, lebih tenang, lebih konsentrasi bahkan mampu mengurangi penderitaan batin. Jenis Jenis seni musik pun sangat beragam bentuknya hingga menyebar di berbagai pelosok nusantara dan dunia untuk memenuhi kebutuhan para penikmatnya. (Baca juga : cabang cabang seni )

ads

Arikel terkait :

1. Musik klasik

Musik klasik adalah musik yang dicipta dalam kurun waktu yang sudah lama tetapi mempunyai komposisi ritme dan tempo yang apik serta tertata dengan susunan not balok yang rapih sehingga alunan yang tercipta tidak membosankan dan mempunyai nilai seni yang kuat sehingga menjadi musik sepanjang masa yang artinya tidak dilupakan atau ditinggalkan oleh peminatnya yang justru hidup pada jaman yang berbeda. misalnya musik  simfoni instrumental yang diciptakan oleh seorang maestro bernama Mozart dan beethoven.  Sampai saat ini Lagu lagu klasik masih dipakai dalam acara opera atau pertunjukan untuk orang orang kaya dieropa.

2. Musik Country

Musik Country adalah musik bernada ringan yang berasal dari Amerika serikat bagian utara dan wilayah pegungungan Appalachia. Awalnya diciptakan sebagai musik rakyat Amerika utara tetapi akhirnya berkembang keseluruh dunia menjadi musik yang ceria, ringan, santai dan tidak memerlukan suara yang melengking tinggi dan sedikit berteriak.

2. Musik Jazz

Musik jazz adalah musik yang memiliki nada yang ringan dan berkesan tenang tanpa harus menarik urat leher karena nada yang terlampau tinggi. Musik  yang unik ini menampilkan komposisi musik yang agak sulit untuk dimainkan jika tidak benar benar menguasai  kordnya. Antara vocalis dan musik tejadi sebuah kelaborasi yang unik dan bahkan sipenyanyinya boleh bereksperimen untuk berimprovisasi dengan nada lagu yang dia mainkan secara individu.

3. Musik Rock

Musik rock adalah musik yang memiliki bunyi khas dari gitar listrik atau akustic yang bisa dimainkan pada nada rendah sampai yang paling tinggi,  menggunakan back beat yang menjadi ciri khasnya pada rhythm section yang dipadukan dengan suara gitar bass dan drum serta kibor yang bisa dipilih sesuai dengan keinginan yaitu berupa piano atau organ musik.

4. Musik Rock metal atau musik cadas

Musik ini memiliki alunan musik yang lebih berat , keras dan bahkan lebih bising daripada musik rock. Alat alat musiknya tidak jauh beda dengan yang dipergunakan oleh kelompok band rock, hanya saja pemakaian ritme, melodi, vocal dan temponya keluar dengan kekuataan lebih dan membutuhkan lengkingan dan suara yang berat dan terkadang sedikit berlebihan  bagi sang vocalis untuk mengimbangi musiknya.

5. Musik Funk

Musik funk adalah aliran musik yang didalamnya terkandung unsur tradisi tarian dari Afrika Amerika, Ritme lagunya sering terdengar seolah olah seperti tersendat sendat atau terpotong secara spontan, bunyi senar gitarnya terdengar tajam, musik yang keluar dari alat perkusi juga nampak mendominasi musiknya secara keseluruhan.

Sponsors Link

6. Musik Rap atau Hip hop

Musik hip hop awalnya adalah musik anak anak jalanan Africa amerika yang didalamnya penuh dengan kritikan sosial, kritikan tentang perbedaan warna kulit atau tentang ketidak adilan. Vocal yang dipakai seperti orang yang sedang mengajak penontonnya bicara tetapi dengan ritme yang cepat dan penekanan kalimatnya terasa kuat dan jelas karena ada sedikit hentakan ketika menyanyikannya.

7. Musik Pop

Musik pop adalah jenis musik yang liriknya cenderung sederhana, mudah untuk dicerna dan mudah untuk dinyanyikan. mempunyai harmoni  yang mudah dipahami dan tidak rumit, mempunyai tempo yang bervariasi tetapi tertata rapih, dan bersifat universal serta fleksibel untuk dipadukan dengan genre musik lain Contohnya Pop jazz, Pop rock, Pop balada dan lain lain.

8. Musik Balada

Musik balada adalah musik yang dimainkan dengan lambat yang cenderung bertema tentang asmara atau cinta. Musiknya berbentuk narasi dimana ketika vocalis sedang bernyanyi kalimat yang di ucapkan penuh dengan kata kata puitis yang romantis bagaikan bait bait sebuah puisi.

9. Musik Blues

Musik blues adalah musik yang terdiri dari perpaduan vocal dan instrumental yang berasal dari warga afrika yang tinggal di Amerika. Awalnya istilah blue diartikan dengan makna yang mendaalam yaitu  melankolis dan frustatif yang dulu musik ini digunakan untuk acara ritual atau puji pujian yang muncul dari beberapa momunitas perbudakan orang kulit hitam diwilayah Amerika.

10. Musik Tradisional

Musik tradisional  adalah musik yang tumbuh dan berkembang karena tradisi yang turun temurun ditengah masyarakat dan dilestarikan sebagai hiburan, kebanggaan dan untuk memupuk tali persaudaraan.

11. Musik Gospel

Musik gospel adalah genre musik yang didalamnya didominasi dengan syair syair tentang religius agama nasrani.  Musik gospel lebih dikenal sebagai musik yang membawakan lagu lagu rohani kristiani. Jenis musiknya adalah Contemporary gospel dan Urban contemporary gospel, dimana alunan musiknya menyerupai musik rock n roll yang kenyataannya musik rock n roll memang bagian dari musik gospel itu sendiri. 

ads

12. Musik Reggae

Musik reggae adalah jenis musik unik yang diciptakan oleh warga jamaica. Alunan musiknya memberikan ketenangan  karena didalama syairnya membawa pesan perdamaian, cinta, persamaan derajat manusia dan keseimbangan alam. Musik reggae mempunyai dua gaya unik yaitu perpaduan dari SKA  dan Rocksteady yang bisa kita dengar dari lagu lagunya Bob marley. Musik reggae mempunyai ritme back beat dan progresi kord yang terbilang tidak rumit.

13. Musik R & B ( Rythm and blues )

Musik ini adalah perpaduan antara jazz, gospel dan blues yang pertama kali diperkenalkan oleh warga Afrika Amerika. Ketika masih era tahun 50an musik R & B murni hanya dimainkan dengan menggunakan instrumen kuningan, woodwinds, piano sederhana, drum sederhana dan vocal. Seiring berjalannya waktu musik R& B mengalami perubahan  dramatis. Kini musik ini lebih memfojuskan pada unsur pop dibandingka blues. walaupun pada kenyataanya musik gospel dan jazz terkadang masih dipakai dalam musik R & B.

14. Musik Melayu

Musik melayu adalah musik tradisional yang alunan musik dan tabuhan yang ada didalamnya melambangkan tradisi dan adat istiadat kemelayuan dimana musik tersebut telah dipengaruhi oleh negar negara melayu yang serumpun dengan Indonesia sepertyi Malaysia dan Brunei darussalam. Tetapi seiring perkembangan jaman kini lagu lagu melayu sedikitnya mempunyai alunan musik seperti alunan musik india. Musik ini setengahnya telah masuk sebagai pelengkap dimusik dandut Indonesia dimana beberapa lagu dandut ada yang terdengar seperti lagu india.

15. Musik Elektonik atau tekno

Musik elektronik adalah Musik elektonik adalah musik yang suaraanya keluar dari permainan elektonik yang sebelumnya sudah diatur kapasitas melodi, vocal, ritme dan temponya menjadi satu kesaatuan musik yang indah dan modern. Musik ini juga dapat digabung gaabungkan dengan musik apapun jika si pemain musik elektronik menginginkannya.

16. Musik Keroncong

Musik keroncong adalah jenis musik yang awalnya berakar dari jenis musik Portugis yang sudah mengalami perubahan seiring berjalannya waktu menjadi lebih enak untuk didengar. mempunyai ritme dan tempo yang elegan dan anggun dimana syairnya dibawakan dengan cengkokan suara yang menggelombang merdu, terasa  melankolis tetapi tetap terdengar tegas.

Beberapa jenis musik yang ada di Indonesia

  1. Musik gambang kromong. Musik gambang kromong awalnya daalah musik tradisional bangsa etnis karbna dulu dilarang beredar di indonesi karena masalah etnis, kini musik tersebut bangkit kembali tetapi dikembangkan oleh seniman betawi. Musik gambang kromong adalah jenis musik instrumental yang digunakan untuk iringan tarian, sebagai musik pengiring sandiwara betawi atau lenong dan sebagai upacara penyambutan mempelai pria.
  2. Musik Laras madya. Musik laras madya dalah jenis musik yang berasal dari daerah jawa tenagh yang mengutamakan pada syair syair shalawatan dengan di iringi musik yang bernuansa islam.
  3. Musik Senandung Jolo. Musik Senandung Jolo ini digunakan untuk menyambut panen disawah yang dilakukan bersama sama. musik ini berasala dari Jambi yang kini masih lestari . Alt musinya terdiri dari kulintang, biola gong dan gamelan.
  4. Musik Sasando Gong. Musik Sasando gong berasal dari Nusa tenggara timur yang suara musiknya dihasilkan dari daun lontar yang telah diatur dengan bentuk seperti timba.
  5. Musik Huda. Musik huda adalah musik perpaduan dari jenis musik dikil rabaro, musik dikil mundan dan jenis musik salaulaik yang bernuansa islami.Musik ini berasal dari Sumatera barat.
  6. Musik Gong luang. Musik gong luang adalah jenis musik yang unik yang menggunakan untyk mengiringi upacara ngaben atau pembaran jenazah. musik ini mengutamakan gamelan.
  7. Musik syair telima. Musik syair telima adalah jenis musik yang digunakan untuk pesta resmi dan acara peremuan kerabat sesepuh yang ada diuncok kapuas Kalimantan barat.
  8. Musik Tradisi krombi. Musik tradisi kombi adalah jenis musik yang terbuat dari bambu yang digabungkan denagn suaraa suaraa dari piko, fu akuika, karapra dan tifa. Musik ini biasa digunakan untuk upacar adat setempat dan upacara keagamaan masyarakat Papua.
  9. Musik panting. Musik panting adalah jenis musik instrumental yang digunakan untuk penyambutan tamu undangan sekaligus sebagai hiburan masyarakat ketika menjelang panen padi tiba.
  10. Musik kolintang. Musik kolintang adalah jenis musik tradisional asal Minahasa, Sulawesi utara yang memiliki suara jernih, lembut dan merdu hingga mampu mencapai tingkatan nada tertinggi atau nada yang terendah. Bahan baku yang digunakan adalah kayu. Musik ini adalah sebagai simbol atau tanda sebagai ajakan untuk berkumpul dan bermain bersama.
  11. Musik karawitan. Musik karawitan adalah musik tradisional jawa yang menggunakan gamelan sebagai alat musik yang mendominasi. Musik karawitan digunakan sebagai musik instrumental dan vocal yang menghasikan suara yang merdu dan lembut. Karawitan merupakan musik klasik asli budaya jawa yang biasa digunakan untuk seni tari, musik latar pada drama wayang kulit atau digunakan untuk seni teater misalnya ludruk dan ketoprak.

Musik adalah energi tanpa batas yang mampu menjangkau dan menembus pikiran dan perasaan manusia untuk berubah lebih baik bahkan berlaku bagi manusia kejam dan sadis sekalipun. Kemampuan musik dalam mengobati segala penyakit termasuk mental yang tidak stabil dan emosi yang sedang labil justru melebihi kemanjuran obat yang bisa dibeli di apotik atau toko obat lainnya. (Baca juga : Kelemahan dan Kelebihan Musik Modern )

Sponsors Link

Manfaat musik yang  luar biasa pada kesehatan tubuh

  • Dapat menyehatkan jantung . Yaitu musik yang slow dan lembut dapat mempengaruhi denyut jantung menjadi stbil dan melancarkan pembuluh darah jantung. jika ritme musiknya cepat maka denyut jantungpun ikut cepat.
  • Menyehatkan otak. Yaitu musik mampu merangsang otak untuk semangat untuk berfikir positif dan menghilangkan penyakit lupa, karena musik dapat memperbaiki sel sel otak agar lebih sehat dan cepat merespon sinyal dari tubuh.
  • Meredakan rasa nyeri. Yaitu dapat menghilangkan pegal pegal dan nyeri sekitar punggung, leher dan kepala, karena musik dapat melemaskan otot otot yang kaku daan tegang karena kelelahan atau kurang tidur.
  • Melancarkan peredaran darah keseluruh tubuh. Alunan musik mampu membuat tubuh merasa nyaman dan rileks maka peredaran darah seluruh tubuh otomatis ikut  lancar. karena alunan musik mampu meregangkan semua kekakuan otot diseluruh jaringan kulit.
  • Untuk kualitas tidur lebih baik. 30 menit mendengarkan musik sebelum tidur dapat menenangkan pikiran, melemaskan otot disekitar leher dan membuat kualitas tidur lebih nyenyak tanpa dibumbui mimpi buruk
  • Memperbaiki suasana hati atau mood. Rasa bosan dan jenuh dapat membuat tubuh menjadi rentan akan terserang stres dan emosi, dengan musik rasa bosan dapat berangsur angsur hilang
  • Menurunkan kadar stres dan menghilangkan rasa cemas. Stres dan rasa cemas yang berlebihan tidak baik untuk kelancaran metabolisme tubuh, mendengarkan atau menyaksikan pertunjukan musik membuat stres anda l akan berkurang bahkan lenyap seketika
  • Menurunkan kadar emosional yang labil. Depresi dan rasa putus asa dapat membuat kondisi mental jadi terganggu, mendengarkan musik selama  30 menit dapat membuat emosi anda stabil kembali
  • Mencerdaskan otak bayi. Jika ibu hamil suka menempelkan earphone yang berisi lagu lagu klasik misalnya musik klasik Mozart pada perut hamil, maka perkembangan otak bayi akan terus meningkat karena musik membuat respon bayi lebih aktif, setelah bayi dilahirkan akan memiliki kualitas kecerdasan yang belum pernah anda bayangkan sebelumnya.
  • Mengurangi tekanan darah tinggi. Tekanan darah terlalu tinggi dapat memicu stroke, redakan tekanan darah dengan mendengarkan musik yang ceria selama 30 menit. Tubuh akan merasa lebih ringan dan nyaman karena otot kaku dalam tubuh hilang.
  • Meningkatakan daya tahan tubuh. Untuk orang yang sedang menjalani pemulihan karena pasca operasi atau karena penyakit lain sangat baik mendengarkan lagu yang lembut karena secara psikologis akan menenangkan pikiran dan meningkatkan daya tahan tubuh agar cepat sembuh.
  • Meningkatkan semangat dan fokus dalam belajar. Jika kehilangan fokus ketika sedang belajar. Tenangkan hati dan ambil posisi duduk yang nyaman dan dengarkan musik 30 menit saja. setelah itu pasti semangat lagi untuk belajar.
  • Berfikir lebih positif. Banyak pikiran dan selalu berasumsi negatif pada orang lain atau pada apa saja,  dapat menyebabkan sakit kepala dan sulit  tidur, dengarkan lagu selama 3o menit sambil berbaring dan rilekslah lalu berpikirlah positif tentang apa saja yang sifatnya menggembirakan atau membahagiakan.
  • Berfikir lebih imajinatif, inspiratif dan kreatif. Musik dapat menghibur hati yang sedang buntu dan tidak tahu harus melakukan  apa untuk terbebas dari masalahnya, mendengarkan musik dapat menumbuhkan cara berfikir lebih imajinatif, inspiratif dan kreatif dalam menentukan solusi terbaik yang harus anda pilih.

Jika musik sebagai alat komunikasi terbaik dan paling mudah diterima manusia didunia karena didalamnya terkandung pesan dan kritikan yang mampu mempersatukan perbedaan, mempertebal semangat kemanusiaan, menumbuhkan rasa perdamaian, saling bertukar pengalaman tentang budaya yang berbeda dan sebagai solidaritas. (Baca juga :  Fungsi seni musik)

, ,
Oleh :
Kategori : Seni Musik