Sponsors Link

Kelebihan Dan Kelemahan Musik Modern Terlengkap

Seni musik merupakan salah satu dari cabang cabang seni yang paling banyak dinikmati serta diminati oleh masyarakat dibandingkan dengan karya seni lainnya. Sebagai salah satu dari cabang cabang seni, seni musik adalah  satu diantaran cabang seni lain yang memiliki perkembangan paling pesat dan terus menemukan berbagai macam inovasi baru diantara seni lainnya. Minat orang terhadapt seni musik dapat diketahui dengan mudah ketika kita bisa dengan mudah melihat berbagai orang menikmati sebuah karya seni musik di berbagai kondisi dan situasi. Keadaan inilah yang mungkin menjadi dasar pesatnya perkembangan seni musik tersebut.

ads

Berbagai karya seni musik yang sudah dibuat serta dinikmati selama ini dimasyarakat mengambarkan berbagai macam fungsi dari seni musik itu sendiri. Fungsi seni musik diantaranya sebagai salah satu sarana penghibur maupun hiburan, sarana mengekspresikan hati dari para penciptanya, sarana terapi pada kondisi tertentu, dan sebagai pengiring seni pertunjukan lainnya. Menilik dari berbagai fungsi yang terdapat dalam seni musik, tak heran bila musik telah menjadi bagian dalam setiap aktivitas keseharian dan mampu menghidupi setiap orang yang bekerja dalam kaitan dunia seni musik.

Seni musik terbagi kedalam dua jenis seni yakni musik modern dan musik traditional. Musik modern bedasarkan  pengertian seni musik menurut para ahli adalah musik yang sudah mendapatkan sentuhan teknologi baik dari segi instrumen maupun penyajiannya. Sedangkan seni musik traditional merupakan seni musik yang sudah ada sejak zaman dahulu dan menjadi sebuah kebudayaan peradaban tertentu. Untuk membantu membedakannya, berikut ini kelebihan dan kelemahan musik modern yang lebih mudah untuk membedakan keduanya.

  • Kelebihan musik modern

Musik modern seringkali lebih banyak dinikmati dan diungulkan karyanya dibandingkan dengan jenis seni musik traditional. Kondisi tersebut dikarenan musik modern memiliki beberapa kelebihan yang diantaranya adalah sebagai berikut ini.

  1. Memiliki banyak genre

Seni musik modern merupakan salah satu cabang seni musik yang memiliki perkembangan paling cepat sehingga dapat melahirkan berbagai macam genre musik. Dengan banyaknya genre musik tersebut memberikan berbagai macam alternatif jenis musik yang sesuai dengan kepribadian serta minat dan kesukaannya.

  1. Memiliki unsur pendukung musik yang lebih banyak

Dengan terus berkembangnya dunia musik modern maka ada kemungkinan unsur pendukung musik modern juga akan terus berkembang mengikuti inovasi yang muncul dengan berbagai macam karya seni musik. Unsur pendukung musik sejauh ini diantaranya seperti harmoni, tangga nada, tempo, melodi, dinamika, timbre, irama atau ritme, dan juga birama.

  1. Hasil karyanya lebih up to date atau mengikuti zaman

Dengan berkembangnya peradaban manusia serta berbagai macam teknologi yang tercipta maka keutuhan akan dunia seni musik juga terus berkembang menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Musik modern merupakan satu satunya jenis musik yang dapat mengikuti perkembangan zaman dengan penemuan penemuan terbaru dibidang karya seni musik modern.

  1. Mendapatkan apresiasi seni yang tinggi

Seni musik adalah seni yang paling banyak mendapatkan bentuk apresiasi yang tinggi di masyarakat. Berbagai macam pekerja seni musik dapat mendapatkan pendapatan yang melimpah ketika karyanya banyak di sukai oleh berbagai macam elemen masyarakat. Bentuk apresiasi yang tinggi dari masyarakat ini juga terlihat dari berbagai macam acara pertunjukan seni musik yang lebih dipadati peminat seni dibandingkan seni lainnya serta adanya berbagai macam penghargaan pada dunia seni musik modern.

Sponsors Link

  • Kelemahan musik modern

Meskipun secara umum musik traditional memiliki berbagai macam kelebihan dibandingkan musin traditional, ada beberapa kondisi yang juga berkaitan dengan kelemahan dari mahasiswa karyawan yang dijelaskan dibawah ini.

  1. Sangat mengandalkan teknologi

Karena seni musik merupakan bentuk seni yang terbentuk karena adanya sentuhan teknologi yang terus berkembang di masyarakat menjadi kelemahan yang pertama dari seni musik itu sendiri adalah terlalu mengandalkan teknologi dan sangat tergantung pada instrumen atau alat musik.

  1. Fungsinya kurang beragam

Seni musik modern lebih menekankan pada karya seni yang banyak disukai oleh masyarakat sehingga fungsi dari seni musik modern tersebut lebih banyak menekankan pada fungsi hiburan semata dan tidak memiliki fungsi seni musik lainnya. Kondisi ini sangat berbeda dengan bentuk seni musik traditional yang memiliki banyak fungsi serta peruntukan yang jelas.

Sponsors Link

  1. Lebih banyak mengikuti kebutuhan pendengar dibandingkan nilai karya seninya sendiri

Kebutuhan seni musik untuk menciptakan berbagai macam karya yang mengikuti kebutuhan pendengarnya menjadikan kualitas dari karya seni musik yang dihasilkan kurang memiliki nilai seni tersendiri. Lebih banyak karya seni yang tercipta untuk mendapatkan uang dibandingkan dengan karya seni musik yang diciptakan untuk mengekspresikan nilai seni dari penciptanya.

  1. Banyak genre musik modern yang hilang tergerus zaman

Kelemahan lainnya dari karya seni musik modern adalah kondisi dimana perkembangan dunia seni musik modern yang cukup tinggi akan dengan mudahnya mengorbankan berbagai macam genre atau jenis musik modern yang tidak sesuai dengan zamannya sehingga genre genre tersebut akan hilang dengan sendirinya.

Itulah beberapa ulasan mengenai kelemahan dan kelebihan seni musik modern dibandingkan dengan jenis atau cabang seni musik lainya sehingga lebih mudah memahami perbedaan yang ada diantara cabang cabang seni musik yang ada.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Seni Musik
Search

Artikel Terbaru

Recent