Sponsors Link

11 Pengertian Seni Musik Menurut Para Ahli Terlengkap

Seni merupakan ilmu yang karyanya telah masuk menjadi sebuah kebutuhan pelengkap pada berbagai kehidupan  dan aktifitas bermasyarakat. Seni telah tumbuh sebagai kebutuhan dan berbagai saran penunjang aktivitas manusia. Berbagai karya seni telah tercipta dalam perjalanan kehidupan manusia dibumi dan ada juga yang sudah menjadi sebuah budaya yang mengakar pada sendi sendi kehidupan sekelompok masyarakat.

ads

Dalam perkembangan dunia seni, ilmu seni terbagi kedalam berbagai cabang – cabang seni yang terbentuk akibat dari perubahan peradaban pada manusia. Seni terbagi kedalam cabang seperti seni rupa, seni musik, seni tari, seni sastra, seni kerajinan tangan, dan bahkan seni yang berwawasan dengan teknologi. Perbedaan antar cabang seni tersebut dapat terpahami dengan melihat dan menganalisis berbagai karya dari setiap cabang yang ada.

Seni musik merupakan salah satu seni yang memunculkan banyak ahli serta penikmat seni. Seni musik adalah salah satu cabang dunia seni yang memanfaatkan bunyi guna mengekspresikan ungkapan rasa dari penciptanya. Menurut wikipedia, seni musik adalah suara yang disusun demikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, dan keharmonisan terutama dari suara yang dihasilkan dari alat-alat yang dapat menghasilkan irama.

Pengertian seni musik juga dapat diartikan melalui bagian kata pembentuk frasanya. Seni adalah sesuatu yang diciptakan oleh manusia melalui pengolahan unsur untuk menghasilkan keindahan. Sedangkan musik adalah suara yang mengandung irama. Sehinga bila digabungkan seni musik adalah suara yang diciptakan oleh manusia melalui pengolahan bunyi berirama untuk menghasilkan keindahan.

Untuk lebih memahami pengertian seni musik yang mendetail, berikut beberapa pengertian seni musik menurut para ahli atau seniman musik yang berasal dari berbagai tempat didunia dan sudah dikenal melalui karya karya musiknya yang fenomenal.

  1. Aristoteles, seorang filsuf yunani yang sangan terkenal menerangakan pengertian seni musik adalah curahan kemampuan tenaga penggambaran yang berasal dari gerakan rasa dalam satu rentetan nada (nelodi) yang memiliki irama.
  2. Adjie Esa Poetra, Seorang guru vokal ternama bagi berbagai penyayi terkenal indonesia mengungkapkan seni musik adalah sebuah bunyi yang teratur, bukan saja bersifat moral normatif, melainkan juga diakui selaras yang berdasarkan penghitungan para ahli ilmu fisika.
  3. Jamalus II, pengertian seni musik adalah suatu yang membuahkan hasil karya seni, berupa bunyi berbentuk lagu atau komposisi yang mengungkapkan fikiran serta perasaan penciptanya lewat unsur-unsur pokok musik, yakni irama, melodi, harmoni, serta bentuk atau susunan lagu dan ekspresi sebagai satu kesatuan.
  4. ShcopenhauerSeorang filsuf asal Jerman yang juga terkenal dengan pendapatnya terkait berbagai seni ini berpendapat bahwa, pengertian seni musik adalah melodi yang syairnya berupa alam semesta.
  5. Suhastjarja, dosen senior di Institut Seni Indonesia Yogyakarta, tamatan Peabody Institute Amerika. Menurutnya pengertian seni musik yakni suatu ungkapan rasa indah manusia dalam bentuk konsep pemikiran yang bulat, tentang bentuk wujud nada atau suara lainnya yang mengandung sebuah ritme dan harmoni serta memiliki suatu bentuk dalam ruang dan waktu yang dikenal oleh diri sendiri dan manusia lain dalam suatu lingkungan hidupnya sehingga dapat dimengerti dan dinikmatinya.
  6. Sylando, menjelaskan pengertian seni musik ialah suatu wujud yang hidup dari beberapa kumpulan ilusi dan alunan suara. Lebih jelasnya ia mengatakan bahwa alunan musik dan nada yang berjiwa dapat menggerakkan isi hati sang penikmatnya.
  7. Banoe, menurutnya musik yang berasal dari kata muse yaitu salah satu dewa dalam mitologi Yunani kuno bagi cabang seni dan ilmu; dewa seni dan ilmu pengetahuan. Selain itu, beliau juga berpendapat bahwa musik merupakan cabang seni yang membahas dan menetapkan berbagai suara ke dalam pola-pola yang dapat dimengerti dan dipahami oleh manusia.
    Sponsors Link

  8. Lexicograpger, berpendapat bahwa seni musik adalah ilmu dan seni dari paduan ritmis beberapa nada, vokal ataupun instrumental yang melibatkan melodi dan harmoni untuk mengungkapkan apa saja yang mungkin, namun khususnya yang bersifat emosional.
  9. Dello Joio, Komponis yang berasal dari Amerika ini menyatakan bahwa musik merupakan karya yang akan meningkatkan suatu rasa penghargaan akan nilai seni, selain menyadari akan dimensi lain dari sebuah kenyataan yang selama ini tersembunyi
  10. David Ewen, menjelaskan Pengertian seni musik sebagai ilmu pengetahuan serta seni mengenai kombinasi ritmik dan beberapa nada, baik vokal ataupun instrumental yang mencangkup melodi serta harmoni sebagai ekspresi dari segala sesuatu hal yang menginginkan diungkapkan terlebih dalam segi emosional.
    ads
  11. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Pengertian Seni Musik adalah ilmu atau seni yang menyusun nada atau suara ke dalam urutan, kombinasi dan hubungan temporal untuk menghasilkan komposisi atau susunan yang mempunyai kesatuan dan kesinambungan.

Dari berbagai pendapat yang dikemukakan diatas oleh para ahli tersebut, dapat disimpukan bahwa musik merupakan segala sesuatu yang berkaitan dengan pengelolaan bunyi dan memiliki unsur unsur seni musik seperti irama, melodi dan harmoni dengan tujuan untuk mewujudkan keindahan yang dapat dinikmati melalui indera pendengar.

Untuk lebih memahami definisi serta fungsi seni musik baik dari penuturan para ahli maupun dari kesimpulan dari penggabungan pendapatnya, mengenal macam macam bentuk seni musik bisa dilakukan. Berikut beberapa macam bentuk seni musik berdasarkan alirannya.

  1. Musik klasik, merupakan musik yang bersumber dari tradisi eropa, orkestra, dan musik gereja.
  2. Musik Jazz, merupakan penggabungan dari berbagai jenis musik seperti ragtime, blues, dan musik band.
  3. Musik Gospel, merupakan bentuk musik yang lahir dikegiatan kerohanian kristen dengan suara vokal yang mendominasi.
  4. Musik Blues, merupakan musik yang berkembang di lingkungan afro-amerika dan menjadi dasar lahirnya berbagai aliran musik lain.
  5. Musik Rhythym and Blues (RnB), merupakan musik yang lahir di masyarakat afro-afrika.
  6. Musik Punk, musik yang banyak digunakan untuk mengekspresikan kehidupan sosial.
  7. Musik Rock, merupakan perpaduan dari berbagai jenis aliran musik yang irama dan dentumannya sangat khas dan keras.
  8. Musik Traditional, musik yang tercipta dari tradisi sekelompok masyarakat pada suatu daerah dengan alat sederhana.
  9. Musik Dangdut, termasuk jenis jenis seni musik asli dari indonesia yang banyak diminati oleh masyarakat indonesia dari berbagai kalangan.
  10. Musik Pop, Jenis musik yang berirama lembut dengan banyak unsur cinta didalamnya.

Berbagai macam contoh jenis musik dari berbagai cabang seni musik diatas dapat dengan mudah didengarkan oleh indera pendengar kita pada beberapa kesempatan dan tempat. Dengan mengetahui contoh – contoh tersebut, kita dapat lebih mudah mengenali pengertian dan definisi dari seni musik itu senidiri.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Thursday 23rd, November 2017 / 08:39 Oleh :
Kategori : Seni Musik