Sponsors Link

4 Jenis Musik Vokal Dan Instrumen Serta Penyajiannya

Seni merupakan sebuah ilmu yang karyanya dapat dengan mudah dijumpai di masyarakat dan telah masuk menjadi bagian pelengkap kehidupan bermasyatakat. Berbagai karya seni telah tercipta dan menunjang kehidupan manusia dari berbagai macam cabang seni. Diantara semua cabang cabang seni, seni musik merupakan salah satu cabang yang paling berkembang dapat memiliki banyak sekali peminat.

ads

Fakta tersebut cukup mudah terbukti jika kita menilik pada pelajaran seni di sekolah secara umum, akan lebih banyak siswa yang memilih pelajaran seni musik dibandingkan seni rupa maupun seni tari bahkan seni sastra. Selain itu, hampir setiap waktu kita dengan mudah mendengar dan melihar orang mendengarkan musik di berbagai tempat.

Fungsi seni musik diantaranya sebagai sarana hiburan, sarana ekspresi hati dari para penciptanya, sarana terapi, dan sebagai pengiring seni pertunjukan lainnya. Menilik dari berbagai fungsi yang terdapat dalam seni musik, tak heran bila musik telah menjadi bagian dalam setiap aktivitas keseharian dan mampu menghidupi setiap orang yang bekerja dalam kaitan dunia seni musik.

Dalam proses mempelajari dunia seni musik secara mendalam maka bukan hanya mengetahui dan menghafal pengertian seni musik menurut para ahli yang secara umum diartikan sebagai namun juga harus mengetahui berbagai macam hal yang berkaitan dengan seni musik mulai dari unsur pembentuknya, cabang maupun jenisnya. Dalam artikel ini, ilmuseni,com akan membahas mengenai jenis jenis musik vokal dan instrumen melalui penjelasan dan ulasan di bawah ini.

Jenis Musik Vokal

Musik vokal secara pengertian dapat diartikan sebagai musik yang berasal dari suara manusia yang dapat diperoleh dari seorang penyanyi maupun sekelompok orang tanpa adanya suara pengiring atau pendukung lainnya. Dalam karya yang dihasilkan oleh musik vokal sangat bergantung dari jenis vokal yang dimiliki.  Musik vokal dapat dibagi kedalam beberapa jenis berdasarkan beberapa hal. Jika dilihat dari jumlah orang yang menghasilkan suara vokal maka dapat dibedakan diantaranya.

  • Solo, Jenis musik vokal yang dihasilkan dari seorang penyanyi saja.
  • Paduan suara, jenis musik vokal yang dihasilkan dari banyak penyanyi dengan berbagai macam jenis suara yang disatukan menjadi satu kesatuan.
  • Grup, jenis musik vokal yang dihasilkan dari beberapa orang dalam satu kesatuan suara.

Jenis Musik Instrumen

Ulasan mengenai jenis musik vokal dan instrumen selanjutnya akan membahas mengenai jenis musik instrumen. Musik instrumen secara definisi di jelaskan sebagai sebuah musik yang dihasilkan dari berbagai macam alat musik baik alat musik modern maupun alat musik traditional. Beberapa alat musik yang umum digunakan sebagai musik instrumen diantaranya drum, biola, piano atau keyboard, cello, gitar, bass, dan berbagai macam alat dari seni musik traditional lainnya yang sering kali digunakan dalam sebuah pagelaran seni musik baik yang bersifat instrumental maupun campuran dengan vokal

Penyajian Musik

Dalam proses penyajiannya, setiap karya musik dapat dibedakan berdasalkan jenis musik yang terdapat didalamnya. Penyajian musik vokal akan berbeda dengan penyajian musik intrumental maupun campuran dalam hal karya yang dihasilkan, dan bahkan juga dengan tipe penikmat dari karya tersebut. Berikut adalah beberapa penyajian musik  berdasarkan dari jenis musik vocal dan instrumental.

Sponsors Link

  1. Acapella, musik yang penyajiannya hanya menggunakan suara vokal saja dalam sebuah grup yang pada mulanya berkembang sebagai musik gereja.
  2. Nasyid, Nasyid juga sama dengan acapella yang merupakan musik dengan hanya suara vokal saja dan merupakan sebuah karya dalam Agama Islam. Dalam penyajiannya setiap orang akan memiliki peran masing masing untuk meniru suara instrumen tertentu.
  3. Drum Band, drum band merupakan sebuah penyajian musik yang tersusun dari berbagai macam instrumen musik saja tanpa ada tambahan vokal di dalamnya. Drum band saat ini sudah menjadi salah satu cabang atau jenis musik yang diperlombakan mulai dari tingkat nasional sampai dengan tingkat international.
  4. Musik Instrumental, penyajian musik yang hanya menggunakan instrumen lainnya adalah musik intrumental yang biasanya akan dilakukan oleh sebuah grup musik dengan berbagai macam instrumen di dalamnya.
  5. Musik band, musik jenis ini merupakan campuran antara musik intrumen yang didalamnya juga terdapat suara vokal dengan lirik dan nada yang sesuai dengan suara dari instrumen. Dalam musik band, intrumen yang biasanya digunakan diantaranya adalah drum, piano atau keyboard, gitar, bass, dan lainnya. Setiap genre musik yang dimainkan oleh sebuah musik band akan menentukan alat apa saja yang digunakan.
  6. Musik Dangdut, musik dangdut juga merupakan jenis penyajian musik campuran antara musik vokal dan musik instrumen dan hampir sama dengan musik band. Yang membedakan antara musik band dan musik dangdut adalah instrumen yang digunakan. Secara khas, dangdut akan menggunakan gendang didalam setiap karya yang dihasilkan.

Itulah beberapa ulasan mengenai jenis jenis musik vokal dan intrumen yang dapat membantu membedakan antara musik vokal dan musik instrumen serta menambah pemahaman dalam proses pembelajaran dunia seni musik. Dalam blog ilmuseni.com ini juga ada beberapa artikel lain yang berkaitan dengan dunia seni musik seperti unsur unsur unsur musik dan pengertiannya, ulasan musik traditional, dan berbagai hal lainnya.

, , , ,




Oleh :
Kategori : Seni Musik