Sponsors Link

Jenis Jenis Tarian Bali dan Penjelasannya

Hai sobat semua, senang berjumpa dengan anda di kesempatakan kali ini. Penulis selalu bersemangat untuk menyediakan informasi – informasi bermanfaat untuk menambah wawasan anda semua. Jangan bosan – bosan untuk melakukan kegiatan – kegiatan positif seperti membaca untuk mengisi waktu luang ya sobat.

ads

Tidak kalah menarik dengan penjelasan sebelumnya mengenai jenis jenis tarian yogyakarta atau pun jenis jenis tarian banten, pada kesempatan kali ini kami ingin mencoba membagikan informasi untuk anda agar bisa menambah wawasan baru mengenai jenis – jenis tarian bali. Yuk bagi anda yang ingin mengetahui ulasan lengkapnya bisa menyimak penjelasan di bawah ini.

Berbicara mengenai Pulau Dewata alias Pulau Bali memang tidak ada habisnya ya sobat. Saking menariknya, hal – hal yang berhubungan dengan Pulau Bali sudah sangat populer di ruang lingkup internasional. Namun sangat di sayangkan sobat, beberapa survei membuktikan bahwa sebagian besar orang asing yang berhasil diwawancarai, jika ditanya mengenai Indonesia, mereka lebih mengenal dengan sebutan Bali.

Nah sobat salah satu hal yang menarik dari Pulau Dewata adalah berbagai jenis tariannya. Beragam tarian dipertunjukkan untuk memikat para turis domestik atau pun turis asing. Tarian – tarian tersebut antara lain sebagai berikut :

1. Tari Barong

Tari barong ini bagi sebagian orang terlihat begitu menyeramkan sobat. Karena tampilan kostum yang digunakan memang menciptakan suasana mistis. Tarian ini juga identik dengan hal – hal yang bersifat gaib dan dipengaruhi oleh Budaya Hindu. Namun keberadaan tari ini sebenarnya sudah ada sejak lama lo sobat, bahkan sebelum adanya ajaran Hindu di Bali.

Alur dari cerita tari barong ini intinya menceritakan tentang dua orang tokoh yakni Barong yang mempunyai sifat kebajikan yang kuat dan Rangda menggambarkan sosok tokoh yang jahat sobat. Untuk wujud yang pasti dari Barong sendiri sangat beragam sobat, antara lain yakni Barong Keket, Barong Landung, Barong Blasblasan, Barong Gajah, Barong Asu, Barong Macan, dan Barong Bangkal. Namun diantara kesemuanya ternyata ada yang paling populer sobat, namanya ialah Barong Keket (kolaborasi antara, sapi, singa dan macan).

2. Tari Kecak

Nah contoh seni tari kedua ini merupakan tarian yang tidak kalah populer ya sobat. Tari kecak ini mempunyai ciri khas pada gerakan duduk yang dilakukan oleh banyak penari dengan membentuk sebuah lingkaran, mengangkat kedua tangan dan menyuarakan “cak cak cak”. Kostum yang dikenakan oleh para penarinya identik dengan warna hitam putih pada bagian bawah dan tidak mengenakan pakaian pada bagian atas (telanjang dada).

Kesemua penarinya diperankan oleh laki – laki. Inti sari dari tarian ini ialah menceritakan kisah Ramayana dalam balutan apik yang diciptakan oleh seniman bernama Wayan Limbak dan orang berkebangsaan Jerman bernama Walter Spies sekitar tahun 1930 an.

3. Tari Pendet

Siapa sih yang tidak kenal dengan tari pendet sobat? Ya tarian ini populer karena gerakan mata, tangan dan pinggul sang penarinya. Sorot mata yang tajam bergerak ke kanan dan ke kiri ini yang sulit untuk dilupakan setiap kali melihatnya.

Sebagai tambahan, masih banyak lagi tarian bali yang wajib anda ketahui sobat untuk menambah wawasan seni anda dan membantu melestarikan budaya bangsa. Berikut jenis – jenis tariannya :

  • Tari Trunajaya
  • Tari Legong
  • Tari Baris
  • Tari Panji Semirang
  • Tari Puspanjali
  • Tari Margapati
  • dan lain sebagainya.
Sponsors Link

Demikian yang bisa kami sampaikan pada pembahasan kali ini mengenai jenis – jenis tarian bali. Semoga artikel ini bisa membantu dan banyak membawa manfaat bagi sobat semua yang membacanya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih sudah berkunjung dan meluangkan waktu untuk membaca artikel kali ini. Jangan lupa untuk update terus perkembangan artikel – artikel terbaru berikutnya. Salam hangat selalu dari penulis

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Seni Tari