Sponsors Link

Jenis Jenis Tarian Sumatera Utara dan Penjelasannya

Halo sobat semua berjumpa lagi dengan penulis pada kesempatan kali ini. Taukah sobat mengenai seni tari yang berasal dari daerah Sumatera Utara? Negara kita Indonesia merupakan negara yang kaya akan seni dan budaya yang sudah tidak diragukan lagi ya sobat.

ads

Di ruang lingkup dunia, daya tarik wisatawan memang sangat tinggi terhadap kekayaan seni yang dimiliki oleh negara kita tercinta ini. Tidak heran jika orang asing tertarik untuk mempelajari berbagai budaya yang ada. Termasuk seni tari dari Sumatera Utara yang sangat beragam.

Tidak kalah menarik dari pembahasan sebelumnya mengenai jenis jenis tarian bali atau pun jenis jenis tarian yogyakarta, pada kesempatan kali ini kami ingin mencoba membagikan informasi untuk anda agar bisa menambah wawasan baru mengenai jenis – jenis tarian Sumatera Utara. Yuk bagi anda yang ingin mengetahui ulasan lengkapnya bisa menyimak penjelasan di bawah ini.

1. Tari Huda Huda

Tari huda huda memang terlihat lucu dari tampilan kostum yang dikenakan oleh para penarinya. Sekil hampir menyerupai kemben sobat kain yang dikenakan. Warnanya dominan oranye dengan bagian wajah yang ditutupi topeng.

Topengnya sendiri tidak lazim sobat, karena dilengkapi dengan penutup kepala berwarna biru dan ternyata ukurannya terlihat lebih besar dibandingkan dengan wajah si penarinya. Selain itu wujud topengnya pun terlihat konyol dan lucu. Tidak ada unsur – unsur seramnya sama sekali. Pasti sbat tahu bukan dimana tari huda – huda ini berasal? Ya betul dari kabupaten Simalungun.

Tarian ini ternyata mempunyai tujuan mulia sobat, karena dengan dipertunjukkannya tarian huda – huda, disinyalir untuk menghibur para anggota keluarga yang tengah dalam suasana berkabum. Sudah bisa anda tebak bukan sobat? Tepat sekali tarian ini dipertunjukkan saat terdapat upacara kematian.

2. Tari Tor Tor 

Nah tarian yang kedua ini semakin terkenal setelah iku meramaikan acara pernikahan putri dari Presiden kita tercinta Bapak Jokowi. Tari tor – tor ini sering dipertunjukkan diberbagai acara adat dan bahkan sekarang banyak ditemukan di acara pernikahan.

Tari tor – tor identik dengan suku batak ya sobat. Karena memang terlihat kental suasana bataknya. Hal ini bisa anda lihat dari kostum yang dikenakan. Yang menjadi daya tarik utama dari tari tor – tor adalah diperkirakan umurnya sudah ribuan tahun sobat, karena tari tor – tor sudah ada sejak jaman suku batak purba. Wah keren ya sobat? Kita patut bangga dengan kekayaan budaya seperti ini yang masih tetap lestari hingga saat ini.

Dahulunya tarian tor – tor dipertunjukkan hanya untuk ritual keagamaan saja sobat, namun seiring dengan berkembangnya zaman yang begitu pesat, tari tor – tor akhirnya difungsikan juga untuk menjalin keakraban antar warga sehingga mereka bisa lebih baik dalam hal berkomunikasi.

3. Tari Maena

Tari maena biasa dipertunjukkan dalam acara – acara seremonial sobat seperti halnya acara kelulusan sekolah. Memang tujuan utama diciptakannya tarian ini untuk hiburan. Tarian maena merupakan contoh seni tari tradisional yang asalnya dari daerah Nias.

Sebagai tambahan informasi sobat, selain 3 tarian yang sudah saya coba bahas, di bawah ini terdapat beberapa jenis – jenis tarian dari Sumatera Utara lainnya yang bisa anda pelajari. Tarian tersebut antara lain :

  • Tari Moyo
  • Tari Piso Surit
  • Tari Rondang Bulan
  • Tari Serampang Dua Belas
  • Tari Sigale – Gale
  • Tari Tandok
  • Tari Fataele
  • dan lain sebagainya.
Sponsors Link

Demikian yang bisa kami sampaikan pada pembahasan kali ini mengenai jenis – jenis tarian Sumatera Utara. Semoga artikel ini bisa membantu dan banyak membawa manfaat bagi sobat semua yang membacanya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih sudah berkunjung dan meluangkan waktu untuk membaca artikel kali ini. Jangan lupa untuk update terus perkembangan artikel – artikel terbaru berikutnya. Salam hangat selalu dari penulis.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Seni Tari