Sponsors Link

Tari Baksa Ratu Kumala Kuku dan Penjelasannya

Hello sobat semua yang selalu penulis rindukan, masih setia ya sobat tentunya denagn penulis yang tentunya memberikan ulasan yang menarik serta bisa meningkatkan rasa cinta anda terhadap budaya yang ada di negara kita tercinta ini. Seperti yang sudah kita ketahui bersama sobat, negara kita adalah negara yang paling banyak memiliki pulau yang tersebar dari Sabang hingga Merauke.

ads

Nah sobat, karena banyaknya pulau tersebutlah, maka budaya yang ada di negara kita juga tersebar luas yang memiliki keunikan, khas, yang berbeda satu dengan yang lainnya. Semakin banyak perbedaan, maka seyogianya semkain menambah kekayaan akan contoh seni budaya nusantara tersebut ya sobat. Setuju dong?

Salah satu contoh budaya daerah yang akan kita bahas kali ini yakni mengenai budaya yang masih berasal dari Kalimantan Selayan yaitu tari baksa ratu kumala kuku. Tari yang satu ini tergolong jenis tari klasik yang dijaga kelestariannya oleh masyarakat Banjar tersebut. Untuk ulasan selanjutnya, berikut ini penulis akan menjelasakannya secara detail untuk anda ya sobat. Check It Out!

Sejarah Tari Baksa Ratu Kumala Kuku

Adapun tari baksa ratu kuma la kuku ini masih  bagian dari tari baksa jenis yang lainnya. Namun tari yang satu ini dibuatkan atau diciptakan khusus sebagai bentuk persemahan kepada sang dewi yaitu Ratu Kumala Kuku. Ratu ini dianggap ratu yang berjasa buat masyarakt Banjar sehingga untuk mengenang jasa dan kebaikannya, maka diciptakanlah tari baksa ratu kumala kuku yang satu ini, agar segenap masyarakat mengenang Ratu Kumala Kuku tersebut.

Kostum Tari Baksa Ratu Kumala Kuku

Pada umumnya, tari baksa ratu kumala kuku ini diperankan oleh seornag gadis cantic yang di berikan dandanan bak seorang ratu yang cantik yang menggambarkan keindahan dan kecantikan ratu kumala kuku tersebut. Busana  yang digunakan pun bak busana seoramng ratu yang indah yang panjang hingga terurai ke lantai seperti baju para ratu pada umumnya.

Tidak lupa juga penari menggunakan property mahkota yang mahkota tersebut disertai berbagai kembang melati yang menunjukkan indah dan cantiknya ratu Kumala Kuku tersebut. Berbagai aksesoris yang digunakan oleh ratu juag tak lupa dipakai oleh para penari tari baksa ratu kumala kuku tersebut sehingga menambah keangguanan dan kecantikan para penari tersebut. Dan yang paling penting sobat, kenaggunan gerakan tari juga sebagai ciri khas dari tari baksa ratu kumala kuku yang satu ini.

Tujuan Tari Baksa Ratu Kumala Kuku

Seperti tari yang lainnya sobat, tentunya tari baksa ratu kumala kuku ini juga memiliki tujuannya sendiri. Adapun tujuan dari tari baksa ratu kumala kuku ini adalah sebagai tari yang digunakan untuk mengenang  ratu kumala kuku sehingga para masyarakat ingat terus akan ratu Kumala ini.

Pada umumnya, tari ini digelar pada saat ada acara resmi atau pertunjukan kebudayaan di tengah –  tengah masyarakat. Selain itu, jika ada kunjungan para pejabat ke daerah banjar ini, maka tari yang satu ini juga tidak lupa di gelar karena menganggap tamu tersebut adlah tamu istimewa sepeti Ratu Kumala Kuku tersebut.


Demikian ulasan mengenai tari baksa ratu kumala kuku yang bisa penulsi sajikan buat anda sobat. Semoga setelah membaca ulasan diatas, rasa cinta dan rasa memiliki terhadap budaya kta semakin bertambah sehingga anda pun ikut melestarkan budaya tersebut. Salam

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Seni Tari