Sponsors Link

Tari Datu Banawa dan Penjelasannya

Tidak usah diragukan lagi ya sobat, negara kita merupakan salah satu negara yang sangat kaya akan kebudayaan. Bayangkan saja sobat, negara kita terdiri atas ribuan pulau yang tentunya setiap pulaunya memiliki kebudayaan yang berbeda dari satu dengan yang lainnya. Oleh karena itulah negara kita sering dijuluki sebagai negara yang berbudaya dan sangat diakui oleh dunia.

ads

Dan bukan hanya itu saja sobat, beberapa dari budaya kita tersebut sudah diakui di diberbagai negara bahkan di taraf internasional. Untuk itulah sobat, kita sebagai warga negara Indonesia harus bangga akan budaya yang kita miliki. Dan sebagai wujud dari kebanggan tersebut, kita harus dan wajin ikut serta melestarikan budaya tersebut agar tidak lekang oleh waktu. Setuju ya sobat.

Salah satu budaya yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini yakni mengenai salah satu tarian yang juga merupakan contoh seni budaya Indonesia warisan budaya negara kita, yaitu tari Datu Banawa. Nah sobat, untuk ulasan selanjutnya mengenai tari Datu Banawa dan penjelasannya. Yuk sobat, langsung saja kita simak ulasan berikut ini dengan seksama.

Dari Mana Asal Tari Datu Banawa Tersebut ?

Adapun asal tarian Datu Banawa ini adalah dari daerah Sulawesi Tengah. Provinsi Sulawesi Tengah memiliki kebudayaan yang sangat kaya dan diwariskan secara turun temurun sejak terdahulu. Karena banyaknya suku yang mendiami daerah Sulawesi Tengah tersebut, maka penduduk yang tinggal di kabupaten Donggala telah bercampur dengan masyarakat Bugsi yang berasal dari Sulawesi Selatan dan juga beserta masyarakat Gorontalo.

Maka dari sanalah lahir sebuah tari yang disebut dengan tari Datu Banawa tersebut. Tarian yang satu ini umum digunakan pada saat acara tertentu sehingga pada umumnya masyarakat Sulawesi Tengah pasti mengenal tarian Datu Banawa yang satu ini. Selain itu sobat, awalnya diberi nama tari Datu Banawa karena pada waktu itu raja yang berkuasa di daerah Donggal adalah raja yang bernama Banawa, untuk menghargai jasa raja inilah maka adanya tarian Datu Banawa tersebut.

Fungsi atau Peruntukan Tarian Datu Banawa Untuk Apa Saja?

Pada saat adanya tamu penting yang akan berkunjung ke daerah Donggala atau berbagai daerah Sulawesi Tengah yang lainnya, maka tarian Datu Banawa sering dibawakan sebagai hiburan para tamu yang berkunjung, sekaligus memperkenalkan kesemua orang yang berkunjung pada daerah Donggala tersebut bahwasanya pada waktu masa lampau pernah ada sebuah kerajaan yang dipimpin oleh raja Banawa tersebut, sehingga nama itu tetap melegenda di daerah tersebut.

Bagaimana Kostum Tarian Datu Banawa Tersebut ?

Untuk kostumnya sendiri tidak jauh berbeda dari kostum penari yang diperuntukkan seorang raja. Konon tarian ini juga sering di pergunakan atau dipertunjukkan di istana untuk menghibur raja Banawa. Oleh karena diperuntukkan bagi raja tentunya kostumnya sangatlah sopan dan terkesan mewah.

Bagaimana Gerakan Tarian Datu Banawa Tersebut ?

Adapun gerakan tarian Datu Banawa ini cenderung tarian yang biasanya menghibur raja. Sdah pasti tarian ini sopan dan cenderung bisa menghibur para penontonnya. Oleh karena itulah pada saat ada tamu yang berkunjung ke daerah Sulteng ini, maka seperti dianggap raja.

Semoga ulasan diatas bisa bermanfaat bagi anda yang sudah berkunjung dan membaca aartikel ini ya sobat. Selain itu, semoga rasa cinta anda juga semkain bertambah akan budaya kita. Salam budaya dan salam hangat selalu dari penulis.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Seni Tari