Sponsors Link

Tari Kunang Kunang dan Penjelasannya

Pernah melihat hewan kunang-kunang? Tentunya anda sobat semua pernah melihatnya ya? Jenis hewan yang satu ini termasuk sejenis serangga yang sangat indah karena pada waktu malam hari tiba, maka kunang-kunang ini akan terlihat seperti lampu yang bertebaran sehingga kita seolah melihat lampu yang sedang beterbangan padahal lampu tersebut berasal dari tubuh kunang-kunang tersebut yang mengeluarkan cahaya pada saat malam hari. Selain itu, warnanya juga bermacam-macam loh sobat sehingga memang terlihat seperti lampu, namum umumnya berwarna kuning.

ads

Berbicara mengenai kunang-kunang tersebut sobat, ternyata ada jenis jenis tarian kalimantan selatan yang disebut sebagai tari kunang-kunang. Tarian yang satu ini cukup digemari oleh banyak orang karena tarian ini termasuk tarian yang ceria karena terlihat seperti hewan  kunang-kunang yang sedang beterbangan di udara. Untuk ulasan selengkapnya mengenai tarian kunang-kunang tersebut, yuk sobat langsung saja kita simak ulasan berikut ini. Check It Out .

Dari Mana Asal Tarian Kunang Kunang Tersebut ?

Adapun tarian kunang-kunag ini berasal dari daerah Kalimantan Selatan atau yang sering kita sebut dengan Banjarmasin. Tarian ini termasuk salah satu tarian yang banyka digemari oleh masyarakat Banjar karena sifatnya yang menghibur dan banyak melibatkan aksesoris sehingga menambah indahnya tarian kunag-kunang tersebut.

Bagaimana Kostum Tarian Kunang Kunang ?

Tidak jauh berbeda dengan namanya, tarian Kunang-kunang ini banyak menggunakan aksesoris seperti kunang-kunang pada umumnya. Untuk kostumnya sendiri pada bagian atasan menggunakan kaos lengan panjang berwana hitam  yang selanjutnya dilanjutkan sampai pada kakinya juga menggunakan kostum warna hitam.

Setelah itu dikenakan pula layaknya seperti bentuk kunang-kunang pada kostumnya dengan mengguankan kain kuning yang sudah di bentuk sedemikian rupa sehingga terlihat seperti kunang-kunang sebenarnya. Tidak lupa juga sobat, disetakan sayap yang menyerupai saya si kunang-kunang tersebut  dan diberikan pula ekornya yang semuanya berwarna kuning.

Tidak lupa juga sobat, akan disetakan di kepalanya berupa lampu yang bisa berkedp-kedip seperti cahaya kunang-kunang yang aslinya juga memang berkedip-kedip. Indah bukan sobat? Silahkan berkunjung ke Kalimantan jika anda ini melihat pertunjukan tarian yang satu ini secara langsung ya sobat.

Gerakan dan Peserta Tarian Kunang Kunang Seperti Apa ?

Tarian kunang-kunang ini dibawaan oleh sekelompk anak kecil perempuan yang lucu-lucu. Sama seperti hewan kunang-kunang tersebut yang memang sangat lucu. Mereka melenggak lenggokkan badannya secara berurutan dari penari yang satu ke penari yang lainnya sehingga terlihat begitu menarik.

Selain itu sobat, tak jarang pula para penari tarian kunang-kunang tersebut seolah oleh melompat yang menunjukkan atau menggambarkan mereka sedang beterbangan layaknya seperti hewan kunang-kunang yang sesugguhnya. Oleh karena itulah sobat, tarian yang satu ini tergolong sangat menghibur.

Pada Saat Apa Tarian Ini Dipertunjukkan ?

Pada saat ada acara tertentu yang melibatkan banyak masyarakat berkumpul atau pada saat ada event tertentu maka tarian ini biasanya akan dipertunjukkan. Selain itu sobat, tarian kunang-kunang ini juga kerap kali dipertunjukkan pada saat ada tamu besar yang berkunjung ke daerah Banjarmasin tersebut, sehingga para tamu tersebut merasa terhibur.

Itulah sobat ulasan yang bisa penulis sajikan buat anda yang sudah berkunjung dan membaca artikel ini. Semoga anda yang sudah membacanya rasa cinta anda akan bertambah sehingga turut serta melestarikan budaya Indonesia. Sampai jumpa di ulasan selanjutnya. Salam budaya dan salam hangat selalu dari penulis.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Seni Tari