Sponsors Link

15 Contoh Seni Budaya Indonesia Terlengkap

Contoh Seni budaya di berbagai negara jumlahnya sangat banyak dan bentuknya bermacam-macam. Sebut aja seni budaya dari negara India atau seni budaya dari negara China. Pasti keduanya sangat berbeda. Perbedaan tersebut dapat terjadi karena beragam hal. Mulai dari faktor geografis, politik, ekonomi hingga agama atau kepercayaan masyarakat sekitar.

ads

Meski begitu, sejatinya seni budaya merupakan hal yang sama. Yakni salah satu dari cabang-cabang seni merupakan sesuatu yang diciptakan manusia tentang segala hal yang mengandung estetika dan unsur-unsur kebudayaan. Termasuk cara hidup berkembang bersama kekompok dari generasi ke generasi.

Seperti yang telah disebutkan pada artikel sebelumnya mengenai contoh budaya indonesia, bahwa budaya terbentuk dari banyak unsur yang rumit dan sulit seperti agama, politik adat istiadat dan meski demikian berbagai macam seni budaya dari suatu sering memiliki kesamaan dengan seni budaya dari daerah lain. Hal tersebut mungkin saja terjadi karena adanya cara yang sama dalam melakukan politik, kesamaan letak geografis ataupun agama.

Indonesia sendiri memiliki beberapa seni budaya yang hampir mirip dengan seni budaya dari malaysia. Hal ini memicu banyak kesalahpahaman, padahal hal tersebut sangat mungkin terjadi mengingat kultur budaya dan geografis kedua negara ini hampir sama. Termasuk satu suku yaitu suku melayu.

Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas contoh seni budaya yang ada di beberapa negara Asia Tenggara agar kita dapat lebih mengenali seni budaya dan lebih mengenali karakteristik kebudayaan yang ada di negara-negara tetangga kita. Agar ketedepannya juga kita tidak mudah terjebak dalam kesalahpahaman. Penasaran? Yuk simak artikel di bawah ini!

  1. Kompang

Yang pertama ini berasal dari negara tetangga Indonesia yang seringkali terlibat kesalahpahaman. Malaysia adalah negara yang juga kaya akan seni budaya mulai dari kerajinan hingga tarian. Banyak sekali jenis-jenis alat musik yang ada di negara ini termasuk Kompang yang merupakan nama alat musik tradisional Melayu yang paling populer di Malaysia. Alat musik ini sering digunakan dalam acara-acara besar kebangsaan ataupun hari nasional dan juga acara pernikahan bernuansa adat Malaysia. Sedikit mirip dengan rebana, tetapi Kompang ini tidak memiliki cakram logam yang bergemerincing. Kamu bisa menemukan alat musik kompang ini digunakan dalam ensambel seni musik yang besar yang menggabungkan banyak irama.

  1. Songkran (Tahun Baru Thailand)

Setiap tanggal 13 – 15 April masyarakat Thailand selalu merayakan kebudayaan Songkran atau Tahun baru Thailand. Biasanya hatuh pada akhir musim kemarau. Yang selalu dilakukan pada tahun baru thailand adalah tradisi menyemprotkan air sebagai bentuk mensucikan buddha. Meski dari masa ke masa, tradisi ini semakin berkembang. Budaya menyemprotkan atau memercikan air kini meningkat dengan menggunakan selang, wadah, bahkan senjata air.

  1. Loi Krathong

Bukan hanya Tahun baru Thailand, tetapi ada juga Loi Krathong yang disebut sebagai hari baik di Thailand. Loi secara bahasa adalah melayang dan krathong adalah sebuah rakit kecil tradisional yang terbuat dari bagian bohon pisan. Krathong ini biasanya dihiasi oleh daun pisang, bunga, lilin, dupa dan hal-hal lainnya. Pada hari ini, masyarakat yang merayakan Lo Krathong menghayutkan rakit kecil yang telah dihiasi sebagai bentuk atau simbol dari melepaskan kemarahan, dendam dan penyakit batin lainnya. Pada hari ini masyakarat Thailand yang merayakan berarti telah memulai kehidupan yang baru yang lebih baik.

Sponsors Link

  1. Festivar Air Myanmar

Salah satu tradisi dari negara Myanmar adalah Festival Air Myanmar. Biasanya berlangsung selama empat hari dan selalu berujung di Tahun Baru Myanmar. Kegiatan menyiram air ini merupakan sebuah simbol dari berkat dan doa juga harapan baik dari orang-orang yang merayakannya.

  1. Khaen

Berasal dari Laos, Khaen merupakan sebuah alat musik tradisional yang bentuknya seperti Pipa dan terbuat dari bambu. Orang yang memainkan Khaen biasanya disebut mor khaen. Dimainkan dalam sebuah musik orkestra atau jenis seni pertunjukan lain bersama penyanyi dan pemain instrumen yang lain contohnya rebana.

  1. Tari Adai-adai

Pengaruh agama islam dan hindu menyebar ke negara Brunei Darussalam hingga mempengaruhi seni juga budaya di negara tersebut. Kebiasaan masyarakat brunei darussalam tidak berbeda jauh dengan masyarakat suku Melayu lainnya. Dan tari adai-adai ini merupakan tarian tradisional dari suku Brunei yang didasarkan pada kehidupan kaum nelayan. Tarian ini menyampaikan cerita mengenai para nelayan yang pegi menangkap ikan di laut dan di samping itu ada wanita-wanita yang merupakan keluarga para nelayan yang menunggu kepulangan mereka di sekitaran bibir pantai. Biasanya tari adai-adai ini dimaikan secara berpasang-pasangan oleh 4 orang laki-laki dan 4 orang perempuan. 

ads

  1. Tari Klasik Khmer

Salah satu seni budaya yang terkenal di Kamboja adalah Tari Klasik Khmer yang konon hanya dapat dipertunjukan untuk kerajaan. Meski memiliki berbagai pengaruh elemen dari tarian klasik Thailand namun seni tari ini telah dipertunjukan sebagai salah satu simbol kebudayaan Khmer. Khmer sendiri merupakan sebuah kepercayaan yang ada di Kamboja yang menggabungkan antara kepercayaan Animisme, Budhha dan Hindu. Pada saat ini tarian klasik khmer sering dipertunjukan untuk liburan dan hiburan bagi wisatawan yang datang ke Kamboja. Tarian klasik khmer ini sebrnarnya terdapat beberapa macam. Contoh seni tari yang dimaksud diantaranya Robam Aspara, Buong Suong dan Robam Trot.

  1. Deepvali

Singapur merupakan negara yang multikultural. Berbagai kultur terdapat di negara ini sehingga seni budaya yang ada di negara yang hanya memiliki luas 719,1 Km persegi ini sangat beragam. Salah satunya adalah festival hindu di singapura yang selalu dilakukan setiap tahun. Sekitar bulan oktober atau november festival ini dirayakan dengan mengadakan doa-doa khusus di kuil hindu yang ada di seluruh negara singapura. Pada masa festival hindu, daerah-daerah tertentu di singapura akan dihiasi oleh pencahayaan dari lampu minyak dan berbagai perayaan yang menyenangkan.

  1. Tết Nguyên Đán (Perayaan Tahun Baru Vietnam)

Tahun baru ini ditentukan berdasarkan perhitungan kalender tionghoa. Bentuk perayaan tahun baru ini memiliki banyak kemiripan dengan tahun baru imlek, namun meski begitu perayaan ini termasuk salah satu perayaan yang paling penting di Vietnam. Dirayakan sejak tahun 500 M perayaan ini biasanya dirayakan pada musim semi (Sekitar bulan Januari – februari). Kegiata yang diadakan tiap tahun ini biasanya diisi dengan kegiatan memasak makanan. Makanan yang dimasak diantaranya Banh Chung, Banh Day, Dried Young, Bamboo Soup, Gio dan sticky rice. Selain memasak biasanya masyarakat vietnam yang merayakan perayaan ini mengunjungi rumah tetangga ataupun sanak saudara masing-masing. Selain itu ada kegiatan ibadah dan memberi uang pada anak-anak. Hampir sama dengan kegiatan pada Hari Raya Idul Fitri di Indonesia, ya?

  1. Tarian Ec Eo

Berasal dari Rakyat Etnis Minoritas Kho Mu, Vietnam tarian ini memiliki alunan musik yang semarak dan indah. Etnis Minoritas Kho Mu ini masih mempertahankan gerak pokok atau elemen gerak tari pada tarian khas vietnam pada tariannya. Juga selalu menjaga unsur-unsur keindahan seni tari. Gerakan tersebut berupa tangan bersambung tangan, bersandingan siku dan hal lainnya. Setiap gerakan yang dibuat pada tarian ini dilakukan dengan kuat dan penuh semangat.

  1. Kain Tais

Timur Leste merupakan sebuah negara yang dulu pernah tergabung dengan Negara Republik Indonesia. Kain ini menjadi kain khas timur leste karena ditenun dan diproduksi langsung oleh perempuan timor leste menggunakan alat tentun tradisional. Seringkali kain ini dijadikan sebagai oleh-oleh khas timor leste.

  1. Belak

Hal lain yang menjadi ciri khas Timur leste adalah Belak. Belak merupakan kerajinan tangan timur leste tidak kalah menarik. Kerajinan ini berupa perhiasan yang terbuat dari perak. Biasanya perhiasan ini digunakan pada acara-acara tertentu seperti upacara adat atau acara lamaran. Belak juga biasanya dibawa oleh pihak laki-laki kepada pihak perempuan dalam bentuk seserahan. Uniknya, jika dalam proses lamaran laki-laki tidak menyertakan belak, maka ia akan didenda dengan uang dalam jumlah banyak. 

Sponsors Link

  1. Carinosa

Meski dikelilingi oleh samudera pasifik barat tetapi filipina memiliki gaya yang berbeda karena mendapat pengaruh dari berbagai budaya timur dan budaya barat. Hal tersebut dapat terlihat dalam musik, arsitektur hingga masakan yang berasal dari filipina. Namun Carinosa adalah sebuah tarian. Yakni tarian yang melambangkan cinta dan kasih sayang yang satu. Tepatnya tarian ini berasal dari Kepulauan Visayan dan pertama kali di perkenalkan oleh orang Spanyol. Karena seperti kita ketahui bahwa Filipina pernah di jajah oleh Spanyol. Pengaruh bangsa spanyol dapat terlihat dari musik yang mengiringi tarian Carinosa ini.

  1. Barong Tagalog

Pakaian Khas pria Filipina ini biasanya digunakan dalam acara-acara resmi seperti pesta ataupun perayaan penting. Tapi tidak jarang juga Barong Tagalog ini digunakan ketika membawakan sebuah tarian khas kota Filipina. Barong Tagalog ini memiliki arti pakaian istimewa Tagalog. Bahan pembuatan baju ini adalah serat batang pisang dan serat nanas. Hasilnya baju ini transparan atau tembus pandang.

  1. Bahay Kubo

Bahay kubo atau yang juga dikenal dengan Gubuk Nipa atau Kamalig ini merupakan rumah adat atau rumah tradisional yang berasal dari Filipina. Bentuk rumah ini berupa rumah panggung. Arti dari Bahay Kumbo ini adalah rumah bujung sangkar karena bentuknya. Sedangkan Gubuk Nipa berarti daun yang sering digunakan untuk menjadi atap daripada bangunan.

Begitulah contoh seni budaya yang terdapat di negara-negara tetangga Indonesia (ASEAN) yang dapat kita pelajari. Semoga penjelasan di atas dapat digunakan untuk menambah wawasan kita dan mengambil manfaat belajar seni. Seni dan budaya itu banyak dan cakupannya luas. Jelajahilah dan temukan keunikannya.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Seni Budaya