Sponsors Link

Tari Maiwak dan Penjelasannya

Jika berbicara mengenai seni, sobat semua tentunya sudah paham dan mengerti bahwasanya negara  kita tercinta Indonesia ini tentunya akan sangat kaya akan nilai seni tersebut. Dan bukan hanya itu saja sobat, kekayaan nilai seni dan budaya yang ada di negara kita belum tentu dimiliki oleh negara lain di dunia ini, oleh karena itu kita patut berbangga diri akan kesenian yang dimiliki oleh negara kita tersebut. Anda sebagai negara Indonesia juga tentunya harus bangga ya sobat.

ads

Salah satu contoh seni budaya nusantara atau seni yang dimiliki oleh negara kita adalah adanya berbagai jenis tari yang kita miliki. Tarian tersebut terdiri atas berbagai daerah yang tentunya memiliki keunikan tersendiri satu dengan yang lainnya.

Nah sobat, namun yang akan kita bahas pada postingan kali ini yakni mengenai salah satu dari jenis tari yang kita miliki, yakni tari Maiwak. Untuk ulasan selengkapnya, berikut ini penulis akan menyajikan ulasannya secara lengkap untuk anda. Cekidot!

Asal Muasal Tari Maiwak

Adapun tari tradisional yang satu ini merupakan contoh seni tari yang berasal dari Banjarmasin. Tarian ini pada awalnya tidak begitu dikenal oleh semua lapisan masyarakat karena tidak biasa diperagakan atau di pertunjukkan pada saat acara – acara tertenut.

Namun oleh karena seiring berkembanganya informasi di daerah tersebut, maka lama kelamaan tari Maiwak yang berasal dari Banjarmasin ini lama kelamaan dikenal bukan hanya masyarakat sekitar saja, namun oleh masyarakat luar juga karena sudah menjadi salah satu tari yang terkenal di negara kita tercinta Indonesia ini.

Ragam Gerak Tari Maiwak

Adapun ragam gerak dari tari Maiwak ini antara lain adalah sebagai berikut :

Pada umumna, tari Maiwak ini dilakoni oleh penari perempuan dan juga penari laki –  laki secara berpasangan. Adapun penari perempuan akan memulai gerakan dengan kaki kanan melangkah yang diikuti oleh badan yang merendah, setelah itu tangan akan dibawa ke bawah lalu ke pinggang yang mana di pinggangnya sudah di ikatkan bakul yang konon katanya sebagi tempat iwak ( ikan ) yang telah ditangkap, kemudian ditaruh di pinggangnya di dalam bakul tersebut.

Sementara itu sobat, penari laki –  lakinya dimulai denga gerakan meletakkan Jambih di lantai dengan posisi miring. Sementara itum tangan kanan mengayuh mengayuh ke kiri memegang depannya. Itulah sobat ragam gerak dari pada tari maiwak tersebut.

Kostum Tari Maiwak

Untuk kostumnya sendiri menggunakan kostum yang sangat sederhana karena tari yang satu ini juga dilakukan pada saat maiwak ( menangkap iwak atau ikan ). Oleh karena itu kostumnya tentunya mengguankan kostum yang sederhana.

Untuk penari wanitanya menguankan kemben dan juga rok yang terbuat dari kain sarung atau batik, kemudian menggunakan selendang yang mana selendang tersebut digunakan untuk mengikat bakul yang seyogianya sebagai tempat iwak / ikan yang telah ditangkap tersebut. Sementara itu, untuk penari laki –  laki tentunya menggunakan tali kepala, dayung dan juga celana yang semata kaki yang mana disertai dengan kain yang diikatkan di pinggangnya.

Property Yang Digunakan

Adapun property yang digunakan tentunya tidak jauh dari properti pada saat seseorang akan menagkap ikan atau iwak. Properti tersebut antara lain adalah sebagai berikut :

  • Bakul
  • Jambih
  • Tangguk

Itulah sobat salah satu kesenian dalam bentuk tari yang merupakan salah satu kekayaan negara kita yang berasal dari daerah Banjarmasin.

Semoga ulasan diatas bisa bermanfaat dan bisa menambah kecintaan anda akan budaya negara kita ya sobat. Dengan ulasan diatas pula penulis berharap sobat yang sudah membacanya bisa melestarikan bdaya kita. Sampai jumpa dan salam hangat dari penulis.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Seni Tari