Sponsors Link

Tari Manganjan dan Penjelasannya

Bagi sobat yang lahir dan tumbuh dewasa di provinsi Kalimantan tengah, mungkin sobat sudah banyak sedikit tahu mengenai kebudayaan-kebudayaan atau pun kesenian-kesenian yang ada dan berkembang di lingkungan masyarakat Kalimantan tengah.

Salah satu kebudayaan atau kesenian yang ada di Kalimantantengah adalah tari manganjan. Mungkin, bagi sobat yang bukan asli dari masyarakat provinsi Kalimantan tengah, masih merasa bingung bila di tanyai mengenai keberatan seni tari manganjan ini.

Lantas sebenarnya apan sih tari manganjan yang ada di provinsi Kalimantan tengah ini? Bagi sobat yang penasaran dan ingin mengetahui lebih lanjut mengenai tarian ini, maka sobat tidak perlu khawatir dan cemas. Karena pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan sedikit ulasan mengenai tari manganjan dan penjelasannya.

Kalimantan tengah adalah salah satu provinsi yang ada di Indonesia yang letaknya berada di pulau Kalimantan. Provinsi yang satu memiliki Ibukota provinsi yang bernama Palangkaraya.

Kalimantan tengah memiliki luas wilayah yang mencapai sekitar 157.983 km² dan berdasarkan sensus pada tahun 2010, provinsi yang satu ini memiliki kepadatan penduduk mencapai sekitar 2.202.599 jiwa yang terdiri atas 1.147.878 laki-laki dan 1.054.721 perempuan dan pastinya pada tahun 2018 yang lalu jumlah penduduk akan semakin naik.

Dengan angka-angka tersebut, maka tak heran bila provinsi Kalimantan tengah memiliki kebudayaan, adat istiadat, dan juga kesenian yang begitu melimpah. Salah satu kesenian yang ada di provinsi Kalimantan tengah ini adalah seni tari manganjan.

Lantas seperti apa sih seni tari manganjan ini? Jika sobat penasaran mengenai seni tari manganjan ini, maka berikut adalah sedikit ulasan mengenai tari manganjan dan penjelasannya, antara lain:

1.Pengertian tari manganjan

Tari manganjan merupakan tarian khas dari provinsi kalimantan tengah yang sudah menjadi tarian ritual terutama bagi suku Dayak. Tari manganjan ini pada umumnya dilakukan atau diperagakan oleh seorang penari pria dan penari wanita dalam ritual tertentu di dalam masyarakat suku Dayak seperti ritual/upacara tiwah ataupun jenis upacara lainnya. Apa sih upacara tiwah itu?

Perlu sobat ketahuibahwa upacara tiwah adalah sebuah upacara mengantarkan roh leluhur atau sanak saudara yang telah meninggal ke alam baka dengan cara memindahkan dan menyucikan sisa-sisa jasaddari liang kubur ke sebuah tempat yang dikenal dengan sebutan sandung. tari balian amonraho bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

2. Simbol gerakan tari manganjan

Tari manganjan juga memiliki gerakan-gerakan tarian yang memiliki simbol. Oleh karena itu, tarian ini tidak boleh di bawakan secara sembarangan atau asal-asalan.

Hal ini mungkin karena tarian yang satu ini dikenal sebagai tarian yang bersifat sakral sehingga banyak masyarakat yang tidak berani berbuat main-main dengan tarian ini. Menurut sebuah penelitian, dalam tari manganjan ini mengandung beberapa gerakan yang memiliki simbol.

3. Simbol musik meliputi:

‘Manduanberkat’ adalah pengambilan energi spiritual sebagai kekuatan melepaskan roh. Kemudian ‘malapas pali’ adalah penyerahan roh ke surga. ‘Mangambali akan biti’ adalah terlepasnya pantangan akibat kematian.

  • Simbol musik adalah kebahagiaan atau suka cita manusia dengam manusia
  • Simbol busana yaitu baju sengkarut adalah simbol kekuatan spiritual atau energi ghaib
  • Properti yaitu selendang memiliki simbol keluhuran dan keagungan dalam masyarakat suku Dayak.

Nah, demikianlah sedikit ulasan mengenai tari manganjan dan penjelasannya yang dapat saya sampaikan dalam artikel yang berhasil saya buat pada kesempatan kali ini.

Terima kasih, karena sobat telah meluangkan waktu sejenak untuk sekedar membaca artikel ini. Semoga saja dengan adanya artikel ini, saya dapat memberikan sedikit manfaat bagi sobat. Dan semoga melalui artikel ini pula, juga dapat menambah wawasan serta pengetahuan bagi sobat.

Mohon maaf apabila ada kata-kata yang kurang berkenan di hati sobat dalam penulisan artikel ini. Sampai jumpa lagi di lain kesempatan tentunya pada artikel-artikel saya selanjutnya. Sekian dan Terima kasih.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Seni Tari