Sponsors Link

Tari Tuntung Tulus dan Penjelasannya

Bagi sobat yang lahir dan tumbuh besar di provinsi Kalimantan tengah, mungkin sobat sudah tidak asing lagi dengan kesenian-kesenian  atau pun kebudayaan-kebudayaan yang ada di provinsi Kalimantan tengah ini. Salah satu kesenian yang saat ini menjadidaya tarik masyarakat baik dari luar maupun lokal, adalah seni tari tuntung tulus.

ads

Mungkin, bagi sobat yang berada diluar daerah provinsi Kalimantan tengah, masih merasa bingung dengan tarian ini, apalagi bila sobat juga tidak terlalu memiliki pengetahuan ataupun wawasan yang luas mengenai Kesenian-kesenian yang ada di Indonesia terutama provinsi Kalimantan tengah.

Lantas, apa sih tari tuntung tulus yang ada di Kalimantan tengah itu? Bagi sobat yang penasaran dengan tari tuntung tulus ini, maka sobat tidak perlu khawatir. Karena pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan sedikit ulasan mengenai tari tuntung tulus dan penjelasannya.

Kalimantan Tengah adalah salah satu provinsidi Indonesia yang terletak di pulau Kalimantan. Ibukota provinsi Kalimantan Tengah adalah Palangkaraya.

Kalimantan Tengah memiliki luas wilayah mencapai sekitar 157.983 km² dan berdasarkan hasil sensus pada tahun 2010,provinsi yang satu ini memiliki kepadatan penduduk mencapai sekitar 2.202.599 jiwa yang terdiri atas 1.147.878 laki-laki dan 1.054.721 perempuan dan pastinya pada tahun 2018 yang lalu, populasi penduduk provinsi Kalimantan Tengah semakin meningkat.

Dengan angka-angka tersebut, maka tak heran bila provinsi Kalimantan tengah memiliki kebudayaan dan kesenian yang begitu melimpah. Salah satu kesenian yang ada di provinsi Kalimantan Tengah adalah tari tuntung tulus.

Lantas, seperti apa sih sebenarnya tari tuntung tulus ini? Bagi sobat yang penasaran dan ingin lebih tahu mengenai tarian khas Kalimantan tengah ini, berikut adalah sedikit ulasan mengenai tari tuntung tulus dan penjelasannya, antara lain:

1.Pengertian tari tuntung tulus kalimantan tengah

Tari tuntung tulus adalah salah satu tarian yang ada di provinsi Kalimantan tengah. Tarian ini sering dilakukan atau dipertontonkan sebagai sarana hiburan di dalam lingkungan bermasyarakat. tari datu banawa bisa dijadikan sebagai informasi tambahan.

Pada umumnya, tarian ini diadakan pada saat terdapat pergelaran acara, pada saateventperlombaan-perlombaan atau bahkan saat ada event atau acara-acara yang tergolong besar seperti pernikahan, acara adat istiadat, maupun acara keagamaan. Tarian tuntung tulus ini sebenarnya berasal dari daerah Barito, yaitu salah satu daerah yang ada di Kalimantan tengah.

2. Terkadang memiliki gerakan yang misterius

Tari tuntung tulus ini juga sebenarnya masih memiliki beberapa persamaan dengan tarian-tarian yang ada di pulau Jawa yang dikenal memiliki gerakan-gerakan misterius dalam pelaksanaannya. tari balian sawa bisa dijadikan sebagai informasi tambahan.

Terkadang pada saat pelaksanaannya terdapat gerakan-gerakan yang di bawakan oleh penari tarian tuntung tulus ini, masih tanda tanya dan juga menyimpan sejuta misteri karena di anggap gerakan yang tidak wajar.

Bahkan, terkadang sobat dapat merasa kagumterhadap gerakan-gerakan yang kadang tidak bermakna dan tergolong misterius itu sendirijika sobat menyaksikan tari tuntung tulus ini.

Hal ini karena sebagian masyarakat percaya bahwa gerakan-gerakan misterius dan tidak wajar yang di tampilkan atau di bawakan oleh penari dipengaruhi oleh kekuatan mistis atau ghaib.

Nah, demikianlah sedikit ulasan mengenai tari tuntung tulus dan penjelasannya yang dapat saya sampaikan dalam artikel yang berhasil saya buat pada kesempatan kali ini.


Terima kasih, karena sobat telah meluangkan waktu sejenak untuk sekedar membaca artikel ini. Semoga saja dengan adanya artikel ini, saya dapat memberikan sedikit manfaat bagi sobat. Dan semoga melalui artikel ini pula juga dapat menambah wawasan serta pengetahuan bagi sobat.

Mohon maaf, apabila ada kata-kata yang kurang berkenan di hati sobat dalam penulisan artikel ini. Sampai jumpa lagi di lain kesempatan, tentunya pada artikel-artikel saya selanjutnya. Sekian dan Terima kasih.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Seni Tari