Sponsors Link

Tari Manjala Iwak dan Penjelasannya

Sebagai warga negara Indonesia, tentunya kita harus bangga oleh karena keberagaman budaya yang kita miliki yang tersevar dari Sabang hingga Merauke. Tidak ada banyak negara yang memiliki kekayaan warisan budaya seperti yang kita miliki loh sobat, selain itu semua negara juga sudah mengakui bahwasanya negara kita Indonesia tercinta ini adalah satu –  satunya negara yang paling memiliki banyak jenis kesenian termasuk contoh seni tari di dalamnya.

Oleh karena itulah sering kita lihat, pada saat ada acara atau “ event “ tertentu yang di dalamnya juga terdapat banyak undangan atau tamu dari negara lain, maka sering kali berbagai jenis tarian ini ditampilkan pada saat open ceremony tersebut.

Selain untuk menghibur para tamu undangan tersebut, tentunya juga sekaligus memperkenalkan negara kita beserta kekayaan budaya yang kita miliki, agar negara kita lebih dikenal oleh negara – negara atau bangsa – bangsa yang lainnya. Untuk itu sebagai bentuk rasa kebanggaan kita atas contoh seni budaya nusantara tersebut, baiknya kita harus ikut serta melestarikan budaya tersebut agar tetap ada sepanjang masa. Setuju ya sobat.

Berbicara mengenai tarian tersebut, ada salah satu jenis tarian yang unik yang negara kita miliki, yakni tari Manjala Iwak. Seperti apa jenis tari yang satu ini, yuk sobat mari kita simak pembahasannya berikut ini.

Dari Mana Asal tari Manjala Iwak?

Adapun tari   Manjala Iwak ini berasal dari Kalimantan Selatan atau Banjarmasin. Iwak disini artinya adalag “ Ikan “ jadi Manjala Iwak artinya adalah menjala Ikan. Tarian yang satu ini kerap kali dipertunjukkan di atas pentas sebagai ucapan rasa syukur keapda sang pencipta atas hasil bumi yang telah didapat oleh masnyarakat setempat.

Oleh karena itulah, pada saat musim panen tarian yang satu ini kerap sekali menjadi bagian dari acara yang masyarakat Banjarmasin lakukan sebagai ucara rasa syukur atas berkat dan hasil bumi yang mereka dapatkan. Selain itu, tarian ini juga kerap kali dipertunjukkan pada saat menyambut tamu besar atau tamu kenegaraan yang berkunjung ke daerah tersebut.

Apa Properti Yang Digunakan Pada Tari  Manjala Iwak ?

Sesuai dengan namanya “ Manjala Iwak “ sudah barang tentu yang digunakan oleh apa penari adalah seperti jaring ikan atau yang sering disebut dengan “ Jambih “  dan juga mengunakan keramba kecil yang biasa digunakan untuk alat menangkap ikan. Selain itu, bebragai property yang biasanya kita gunakan pada saat akan menangkap ikan juga turut serta berperan pada tarian yang satu ini.

Kostum Yang Digunakan Bagaimana ?

Tentunya tidak jauh berbeda dari jenis tarian yang lainnya, maka tari Manjala Iwak ini juga memiliki ciri khas tersendiri. Para penarinya menggunakan baju semi kebaya untuk atasannya, dan mengguanakan kain pada bagian bawahnya yang juga tentunya dilengkapi dengan kain yang diikatkan di bagian pingganya.

Selain itu sobat, kepala penarinya juga disertai dengan mahkota yang diikatkan di kepala sehingga menambah indahnya tarian Manjala Iwak yang satu ini. Sedangkan untuk gerakannya sendiri tidak jauh berbeda dari cara menangkap ikan pada umumnya.

Itulah sobat ulasan yang bisa penulis sajikan buat sobat semua pada postingan kali ini. Semoga ulasan ini bermanfaat bagi anda yang sudah berkunjung dan membacanya. Terima kasih sudah berkunjung dan meluangkan waktu untuk membaca artikel kali ini. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Salam cinta budaya dan salam hangat dari penulis.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Seni Tari