Sponsors Link

Tari Muang Sangkal dan Penjelasannya

Jika berbicara mengenai budaya yang ada di negara kita tercinta Indonesia ini, tentunya memiliki budaya dan seni yang banyak dan beragam dari Sabang hingga Merauke. Setuju ya sobat. Nah kebudayaan ini tentunya menjadi warisan yang akan kita turunkan kepada keturunan kita kelak, oleh karena itulah budaya dari daerah kita masing –  masing harus kita jaga dan wariskan agar tidak punah termakan oleh waktu.

ads

Menjadi bangsa yang berbidaya dan memiliki kesenian yang beragam adalah salah satu kekayaan yang tidak dimiliki oleh negara yang lainnya, oleh karena itulah kita sebagai bangsa Indonesia sudah sepatutunya berbangga ya sobat.

Oke sobat semua, karena begitu banyaknya contoh seni budaya nusantara dan seni tersebut di negara kita Indonesia yang tercinta ini, maka pada postingan kali ini kita hanya akan membahas salah satu seni yakni Tari Muang Sangkal. Apakah sobat semua sebelumnya sudah pernah mendengar jenis tari yang satu ini sobat? berikut ulasannya secara jelas untuk anda. Check it out!

Latar Belakang Tari Muang Sangkal

Adapun tari yang satu ini yakni tari Muang Sangkal adalah salah satu jenis jenis tarian jawa timur yang berasal dari Madura. Tari yang satu ini umunya di Madura digunakan dalam acara “ tolak bala “ . Masyarakat Madura sendiri percaya penuh dengan menggunakan tari Muang Sangkal yang satu ini maka mereka akan terbebas dari maea bahaya.

Selain itu sobat, contoh seni tari yang satu ini sering juga digunakan pada saat acara penyambutan tamu besar yang berkunjung ke kota Madura dengan tujuan selama berada di daerah Madura tamu besar atau tamu kehor matan tersebut terhindar dari mara bahaya. Tari Muang Sangkal ini sangat terkenal di Jawa Timur dan merupakan “ icon “ dari kota Jawa Timur itu sendiri.

Fungsi Tari Muang Sangkal

Seperti yang sudah penulis utaran diatas sobat, tari Muang Sangkal ini merupakan salah satu jenis tari yang dipercaya dapat menjauhkan diri dari mara bahaya atau dengan kata lain sebagi tari “ buang sial “ . Menurut fungsinya, tari ini sering ditampilkan dalam berbagai acara septi acara adat, acara pernikahan dan juga tentunya jika ada kunjungan tamu besar yang berkunjung ke kota Madura tersebut.

Music Pengiring Tari Muang Sangkal

Pada umumnya sobat, dalam pertunjukan tari Muang Sangkal ini diiringi oleh musik Gamelan khas Keraton. Selain itu, Ghenidng yang digunakan untuk mengiringi tari Muang sangkal khas Madura ini yakni seperti Ghending Sampak, Ghenidng Orambe beserta beberapa jenis Ghending yang lainnya.

Kostum Tari Muang Sangkal

Adapun busana yang digunakan pada tari Muang Sangkal ini merupakan busana pengantin lhega khas Sumenep dengan perpaduan warna yang khas dan menarik yakni merah, kuning dan hitam. Pada bagian atas penari, biasanya mereka menggunakan kemben berwarna hitam, serta dipasangkan dengan selendang yang dikalungkan di leher.

Sedangkan pada bagian bawah menggunakan kain panjang dan juga di bagian dalam serta di bagian luarnya menggunakan beberapa kain tambahan berwarna merah dan juga kuning sebagai pemanisnya. Pada bagian kepala menggunakan mahkota dengan hiasan bunga –  bunga, serta menggunakan sabuk gelang dan cunduk.

Sponsors Link

Indah sekali bukan sobat tari Muang Sangkal khas Madra ini? Harapan saya ulasan di atas bisa bermanfaat buat anda ya sobat dan juga bisa meningkatkan rasa cinta anda terhadap budaya negeri tercinta ini. Semoga artikel ini bisa membantu dan banyak membawa manfaat bagi sobat semua yang membacanya.

Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih sudah berkunjung dan meluangkan waktu untuk membaca artikel kali ini. Jangan lupa untuk update terus perkembangan artikel – artikel terbaru berikutnya. Salam hangat selalu dari penulis. Salam budaya.

, , ,




Oleh :
Kategori : Seni Tari