Sponsors Link

Tari Petik Pari dan Penjelasannya

Hello sobat semua yang terkasih dan selalu penulis rindukan, kembali lagi bertemu dengan penulis nih sobat yang juga tentunya memberikan ulasan yang selain menarik juga bermanfaat buat sobat semua yang penulis rindukan. Seperti yang sudah kita ketahui bersama sobat, negara kita adalah negara ynag memiliki sejumlah budaya dan kesenian yahg tak ternilai harganya dan tak dimiliki oleh negara ayang lainnya.

ads

Dengan adanya contoh seni budaya nusantara serta seni yang beragam tersebut membuat negara kita menjadi negara yang paling kaya akan kebudayaan serta kesenian di seluruh dunia. Tentunya negara –  negara yang lain juga sudah mengetahui hal ini serta mengakuinya ya sobat.

Nah sobat semua, kita sebagai warna negara Indonesia patut berbangga akan kekayaan ini, salah satu bentuk kebanggan kita bisa kita wujudkan dalam bentuk pelestarian budaya tersebut agr kita bisa wariskan ke anak cucu kita kelak. Setuju ya sobat?

Adapun materi atau pembahasan yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini yakni mengenai salah satu jenis tari yang ada di budaya kita tersebut, yakni tari Petik Pari dan tidak kalah menarik dengan pembahasan sebelumnya mengenai tari muang sangkal. Apakah sobat semua sebelumnya sudah pernah mendengar tari yang satu ini sobat? Jika belum pernah melihat atau bahkan mendengar, yuk sobat mari merapat dan langsung saja kita simak ulasan berikut ini dengan seksama. Check it out!

Asal Muasal Tari Petik Pari

Adapun tari Petik Pari ini sendiri merupakan tarian kontemporer yang dikembangkan oleh Anang dari Sanggar Blarak Pacitan. Anang dan sang istri belakangan ini mulai mengeksplorasi budaya lokal untuk dilkembangkan dan diangkat menjadi tarian.

Adapun Anang dan istrinya tersebut bekerja sebagai guru tari di salah satu sanggar tari yang membina lebih dari 500 anak dan remaja untuk diajarkan dan di didik menjadi penari yang cinta akan budaya tradisioanl Indonesia. Hal ini patutnya kita acungin jempol ya sobat, karena sudah banyak diantara kita yang lupa bahkan tidak atau tarian asli dari darah kita masing –  masing, padahal konon tarian tersebut adalah budaya mahal yang layak untuk kita lestarikan.

Prosesi Tari Muang Sangkal

Satu persatu penari naik ke atas panggung yang sudah disediakan sebelumnya. Lima orang penari bergerak membuat gerakan melingkar, memutar dan berbaris lurus denagn gerak dasar tuit kaki, tangan dan jga pinggul. Setelah itu , para penari –  penari ini akan berpencar dan membat gerakan saling berhadapan satu dengan yang lainnya dalam bentuk setengah lingkaran.

Setelah itu, gerakan tari dilanjutkan dengan penari yang berbentuk jongkok seraya meragakan gerakan memetik padi. Nah sobat semua, kra –  kira seperti inilah prosesi atau gerakan tarian khas Pacitan Jawa Timur ini, yakni tari Petik Pari sebaga tarian ucapan rasa syukur akan hasil panen padi yang telah didaptakn dan dinikmati oleh para petani.

Legenda Tari Muang Sangkal

Tidak disangka –  sangka sobat, beberap daerah masih memegang tegih legenda “ Dewi Sri “ yang meruapakan legenda yang berhubungan dengan kehidupan dan juga padi. Nah salah satunya adalah daerah Pacitan Jawa Timur ini dengan tarian Petik Parinya.

Sponsors Link

Demikianlah ulasan yang bisa penulis sajikan buat sobat semua pecinta budaya Indonesia tentunya. Harapan saya ulasan ini bermanfaat buat anda yang sudah membacanya ya sobat dan semoga cinta anda akan bertambah akan budaya Indonesia tercinta ini.

Semoga artikel ini bisa membantu dan banyak membawa manfaat bagi sobat semua yang membacanya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih sudah berkunjung dan meluangkan waktu untuk membaca artikel kali ini. Jangan lupa untuk update terus perkembangan artikel – artikel terbaru berikutnya. Salam hangat selalu dari penulis

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Seni Tari