Sponsors Link

Tari Randai dan Penjelasannya

Tari randai adalah salah satu tarian tradisional Indonesia yang unik yang ada di sumatera barat, karena memiliki unsur gabungan beberapa seni yang berbeda dalam gerakan dan informasinya. Tarian di sumatera barat tidak hanya terdiri dari tari tarian berupa gerkan dengan diiringi alat musik, namun bisa mengandung banyak unsur.

ads

Tari randai , contohnya, merupakan tarian yang sangat unik karena sebenarnya bukan sekedar sebuah tarian, namun terdiri dari berbagai macam unsur unsur keindahan seni tari seperti umunya tarian , dan juga terdiri dari berbagai unsur seni seperti seni tutur, drama, musik dan bahkan seni bela diri tradisional.

Karena sifatnya, tari randai biasanya ditarikan berkelompok, dimana ada beberapa orang yang biasanya menjadi pemeran utama dan yang lainnya sebagai pendukung bercerita serta untuk meramaikan tarian agar lebih meriah. Gabungan musik yang menarik juga menyertai dengan aliran seni musik yang memukau.

gaya bertutur yang atraktif, gerakan gerakan tarian dan tarian silat yang dinamis serta cerita yang di bawakan membuat tari randa terlihat semakin indah dan eksotis. Tarian ini awalnya adalah sebuah permainan yang bernama randai dimana permainan tersebut menjadi elemen gerak tari.

Randai adalah salah satu permainan tradisional di minangkabau yang di mainkan secara berkelompok dengan membentuk lingkaran, kemudian melangkahkan kaki secara perlahan, sambil menyampaikan cerita dalam bentuk nyanyian secara berganti gantian. Randai menggabungkan seni lagu, musik, tari, drama dan silat menjadi satu.

Dalam permainan randai, akan dipimpin oleh satu orang yang biasa disebut dengan tukang goreh, yang mana selain ikut serta bergerak dalam lingkaran legaran ia juga memiliki tugas yang sangat penting lainnya yaitu mengeluarkan teriakan khas misalnya hep tah tih untuk menentukan cepat atau lambatnya tempo gerakan dalam tiap gerakan.

Tujuannya agar randai yang dimainkan terlihat rempak dan menarik serta indah di mata penonton permainan randai tersebut. Biasanya dalam satu grub permainan randai memiliki tukang goreh lebih dari satu, yang tujuannya untuk mengantisipasi jika tukang goreh utama kelelahan atau kemungkinan buruk lainnya, karena untuk menuntaskan satu cerit randai saja bisa menghabiskan satu hingga 5 jam atau bahkan saja bisa melebihi dari itu.

Cerita yang dipakai di permainan randai biasanya diambil dari kejadian kenyataan hidup yang ada di tengah masyarakat. Fungsi randai sendiri adalah sebagai seni pertunjukan hiburan yang di dalamnya juga sudah disampaikan pesan dan nasehat. Semua gerakan randai dituntun oleh aba aba alah seorang di antaranya, yang disebut dengan janang.

Randai sendiri dalam sejarah minangkabau memiliki sejarah yang lumayan panjang. Konon kabarnya ia di mainkan oleh masyarakat pariangan, tanah datar ketika masyarakat tersebut berhasil menangkap rusa yang keluar dari laut. Randai dalam masyarakat minangkabau adalah sesuatu kesenian yang di mainkan oleh beberapa orang dalam artian randai ini ada cerita yang di bawakan,

seperti cerita cindua mato, malin deman, anggun nan tongga dan cerita rakyat minangkabau lainnya. Randai di mainkan dengan tujuan utnuk menghibur masyarakat yang biasanya di adakan pada saat pesta rakyat atau pada hari raya idul fitri.

Pada awalnya randai adalah media untuk menyampaikan kaba atau cerita rakyat melalui gurindam atau syair yang di dendangkan dan galombang (tari) yang bersumber dari gerkan gerakan silat yang berasal dari daerah minagkabau. Namun dalam perkembangannya, randai mengadopsi gaya penokohan dan dialog dalam sandiwara sandiwara, seperti kelompok dardanela.

Sponsors Link

Randai ini dimainkan oleh pemeran utama yang akan bertugas untuk menyampaikan sebuah cerita rakyat yang akan di bawakannya dalm permainan randai, pemeran utama ini biasanya berjumlah satu orang, dua orang, tiga orang atau lebih,

tergantung dari panjangnya cerita rakyat yang di bawakannya, dan dalam membawakan atau memerankan pemeran utama akan dilingkari oleh anggota anggota lain yang bertujuan untuk menyemarakkan berlangsungnya acara permainan tersebut.

Sekian informasi yang saya saympaikan melalui artikel ini mengenai tari randai dan penjelasannya semoga dapat bermanfaat bagi teman semua dan dapat menambah wawasan tentang kebudayaan yang di miliki oleh negeri kita tercinta ini Indonesia.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Seni Tari