Sponsors Link

Fungsi Seni Rupa Murni Beserta Contohnya Terlengkap

Seni sudah menjadi salah satu bagian dalam kehidupan manusia dari zaman ke zaman dari masa prasejarah hingga sekarang, keberadaan seni sangat melekat dalam setiap sendi kehidupan dan jiwa manusia sehingga tidak dapat terpisahkan sampai saat ini. Seni rupa adalah sebuah seni yang menghasilkan karya yang penuh dengan nilai kreatifitas , nilai estetika dan nilai kebanggaan yang bisa dilihat oleh mata, diraba dengan tangan dan dirasakan dengan hati, perasaan dan pikiran. Dengan adanya keterikatan antara seni dan manusia, seni semakin menjadi sesuatu hal yang menarik bagi sebagian besar orang baik dari negara dan suku manapun.

ads

Artikel terkait:

Dengan seiring berkembangnya Zaman, kemudian bermunculan pula berbagai pendapat yang di sampaikan oleh para ahli yang  sekedar mendeskripsikan tentang seni dari sudut pandang mereka sendiri, dan berikut merupakan pengertian dari seni Rupa Teater dari para ahli beserta penjelasanya.

Dalam buku seni rupa untuk kelas XII SMA yang diterbitan Erlangga disebutkan bahwa pengertian seni rupa murni adalah suatu cabang seni yang menghasilkan karya dengan fungsinya sekedar untuk dinikmati keindahannya saja. Ketika proses pembuatannya, seni rupa murni tidak mempedulikan nilai praktis dari karya yang dihasilkannya, melainkan lebih berfokus pada nilai estetisnya saja.

Berdasarkan pengertian tersebut, dapat diambil kesimpulan bahwa cabang seni rupa yang satu ini hanya berfungsi sebagai pajangan saja. Fungsi seni rupa murni tersebut hanya berpaku pada pengindah belaka dan tidak dapat digunakan dalam mempermudah kehidupan kita.

Seni rupa murni yang berfungsi untuk memuaskan batin di dalam ciptaannya yang lebih utama nilai keindahan yang manusia yang berisi nilai budaya diapresiasikan pola kelakuan dengan media titik, garis, bidang, bentuk, warna, tekstur, dan gelap terang ditata dengan prinsip tertentu hingga menghasilkan suatu karya yang indah dan bermakna. seni rupa murni  biasanya mempunyai keunikan atau ciri khas tersendiri.

Ada beberapa contoh seni rupa murni, dan salah satu yang paling dikenal adalah lukisan. Penasaran dengan contoh lainnya? Silahkan simak dibawah ini.

1. Lukisan

Lukisan adalah salah satu karya seni yang dibuat dengan menggunakan cat dan kuas, serta canvas sebagai media lukisanbya. Lukisan yang dibuat oleh para pelukis terkenal biasanya dihargai sangat mahal, bahkan hingga ratusan juta. Karena biasanya ada sebuah ekspresi kejiwaan yang disampaikan oleh pelukis melalui lukisannya dan hanya bisa dinikmati dengan penghayatan yang luar biasa. Lukisan termasuk ke dalam karya seni rupa murni karena fungsinya hanya sebagai hiasan atau pajangan saja.

2. Patung

Patung juga merupakan salah satu wujud ekspresi manusia yang dituangkan melalui sebuah karya seni. Patung juga merupakan salah satu wujud karya seni rupa murni 3 dimensi. Biasanya, patung yang dibuat bisa berupa manusia, hewan dan lain sebagainya. Dan kamu bisa dengan mudah menemukan contoh patung-patung indah di Indonesia, seperti di candi Borobudur.

Sponsors Link

3. Relief

Relief adalah karya seni 3 dimensi yang dibuat diatas bidang 2 dimensi. Memang sedikit susah jika menjelaskan relief tanpa melihat langsung contohnya. Relief biasanya terdapat pada dinding-dinding candi dan memiliki nilai sejarah yang sangat kuat.

4. Seni Grafis

Jika hanya sebagai hiasan saja maka seni grafis tersebut masuk ke dalam seni rupa murni.

ads

5. Seni Fotografi

Jangan salah, seni fotografi yang sedang marak digandrungi remaja Indonesia juga termasuk ke dalam salah satu contoh karya seni rupa murni, lho!. Sebuah foto yang diambil menggunakan kamera dengan sentuhan seni maka bisa menghasilkan seni fotografi yang indah.

6. Mozaik

Mozaik adalah sebuah seni yang merangkai beberapa potongan batu kecil, pecahan kaca atau keramik sedemikian rupa dan disusun sehingga menghasilkan sebuah karya seni baru yang indah. Alasan mozaik masuk ke dalam contoh karya seni rupa murni adalah jika mozaik tersebut hanya dijadikan pajangan saja.

7. Kaligrafi

Kaligrafi merupakan salah satu contoh karya seni rupa murni 2 dimensi yang bisa dengan mudah ditemukan di masjid dan rumah orang Islam. Biasanya, kaligrafi dipajang didinding.

8. Ukiran

Ukiran adalah seni memahat atau mengukir pada batu atau kayu untuk membuat karya seni yang indah. Biasanya, karya seni ukir membentuk makhluk hidup, bunga atau kehidupan. Seni ukir juga bisa disimpan di rumah atau di area kantor untuk menambah nilai estetika.

9. Kerajinan

Dari Keramik Kerajinan seni dari keramik ini meliputi guci, vas bunga dan semacamnya. Kerajinan seni dari keramik tentu saja menggunakan keramik sebagai media dasarnya. Biasanya diukir dengan menggunakan warna-warna yang indah.

10. Topeng

Di Indonesia sendiri topeng sudah sangat banyak dan mudah sekali ditemukan, apalagi jika pada saat ada sebuah pertunjukkan seni. Topeng biasa dibuat dari plastik, kain, kayu atau logam. Demikianlah penjelasan lengkap mengenai materi seni rupa murni, mulai dari pengertian, fungsi hingga contohnya. Nantikan artikel menarik lainnya tentang Seni Budaya hanya di blog Pintar Sekolah. Mohon dikoreksi jika ada yang salah dan jangan lupa bagikan ke teman-teman kamu.

Dari kesepuluh fungsi dari seni rupa murni mungkin akan muncul semua karya baru dalam sebuah seni rupa. Namun tentu mempunyai ciri khusus seperti kesepuluh seni rupa murni tersebut.

, , , ,




Oleh :
Kategori : Seni Rupa
Search

Artikel Terbaru

Recent