Sponsors Link

Kerajinan Tangan dari Jawa Timur dan Penjelasannya

Bagi sobat yang lahir dan besar serta bertempat tinggal di wilayah pulau Jawa bagian wetan alias Jawa Timur, mungkin sobat sudah banyak yang mengetahui bermacam-macam kebudayaan, adat istiadat serta kesenian atau kerajinan yang ada di wilayah Jawa Timur tersebut.

ads

Salah satu kerajinan yang ada di daerah Jawa Timur yang saat ini keberadaan masih eksis adalah kerajinan tangan. Lantas kerajinan tangan seperti apa yang ada di wilayah Jawa Timur tersebut?

Jika sobat masih penasaran mengenai kerajinan tangan dari Jawa Timur, maka sobat tidak perlu khawatir. Karena pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan sedikit ulasan mengenai kerajinan tangan dari Jawa Timur.

Jawa Timur adalah sebuah provinsi yang memiliki luas wilayah sekitar 47.992 km² dengan jumlah penduduknya yang mencapai sekitar 42.030.633 jiwa saat di sensus pada tahun 2017 yang lalu.

Bahkan provinsi ini memiliki wilayah paling luas diantara 6 provinsi yang ada di pulau Jawa dan memiliki total penduduk terbanyak nomor dua setelah Jawa Barat di Indonesia.

Dengan angka-angka tersebut, tentunya Jawa Timur memiliki beragam budaya, kesenian dan juga kerajinan yang sangat melimpah. Salah satu kerajinan yang masih eksis hingga saat ini adalah kerajinan tangan dari Jawa Timur.

Lantas, seperti apa sih kerajinan-kerajinan tangan dari Jawa Timur tersebut? Berikut adalah sedikit ulasan mengenai kerajinan tangan dari Jawa Timur, antara lain:

1.Batik

Kerajinan tangan dari Jawa Timur yang pertama adalah batik. Batik merupakan salah satu produk kerajinan tangan unggulan asli Indonesia. Setiap daerah di Indonesia pasti memiliki batik khas daerahnya masing-masing.

Salah satu provinsi penghasil batik yang unik adalah Jawa timur. Batik Jawa Timur mempunyai motif yang lebih bebas daripada motif batuk-batuk lainnya. macam motif batik tradisional bisa dijadikan sebagai informasi tambahan.

Batik khas Jawa Timur tidak terikat dengan pakem-pakemmotif yang adasebelumnya. Ragam hias batik Jawa Timur ini bersifat naturalis dan dipengaruhi oleh berbagai kebudayaan asing.

Warna-warna yang biasa digunakan pun tampak lebih cerah. Ada 5 wilayah di Jawa Timur yang paling banyak terdapat pengrajin batik. Yaitu, di Madura, Tuban, Sidoarjo, Tulungagung dan Banyuwangi.

2. Kerajinan kulit

Kerajinan tangan dari Jawa Timur yang kedua yaitu kerajinan kulit. Siapa sih yang belum kenal dengan sentra kerajinan kulit tanggulangin. Tanggulangin, Sidoarjo merupakan salah satu tempat bagi para pengrajin kulit yang terampil.

Jadi jika sobat ke Sidoarjo, jangan cuma mampirke lumpur lapindo saja. Sobat juga bisa membeli hasil-hasil kerajinan kulit di sentra kerajinan kulit tanggulangin.

Salah satu kerajinan kulit yang bisa sobat jadikan oleh-oleh adalah tas kulit. Selain tas kulit, produk unggulan lainnya adalah sepatu kulit, sendal kulit, dan yang lainnya. tokoh populer wayang kulit bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

3. Keramik

Kerajaan tangan dari Jawa Timur yang ketiga yaitu keramik. Salah satu kota penghasil keramik dari Jawa Timur adalah kota Malang. Bertempat di jalan MT Haryono, Dinoyo, kecamatan Lowok Waru kota Malang ini di penuhi oleh berbagai macam kerajinan keramik.

Tak heran kalau kebanyakan masyarakat menyebutnya sebagai kampung wisata keramik dinoyo. Selain ketiga produk tadi, sebenarnya masih ada kerajinan tangan yang ada di Jatim seperti kerajinan limbah kayu dan kerajinan daur ulang.

Nah, demikianlah sedikit ulasan mengenai kerajinan tangan dari Jawa timur yang dapat saya sampaikan dalam artikel yang berhasil saya buat pada kesempatan kali ini.


Terima kasih, karena sobat telah meluangkan waktu sejenak untuk sekedar membaca artikel ini. Semoga saja dengan adanya artikel ini, saya dapat memberikan sedikit manfaat bagi sobat. Dan semoga melalui artikel ini pula, juga dapat menambah wawasan serta pengetahuan bagi sobat.

Mohon maaf apabila ada kata-kata yang kurang berkenan di hati sobat dalam penulisan artikel ini. Sampai jumpa lagi di lain kesempatan, tentunya pada artikel-artikel saya selanjutnya. Sekian dan Terima kasih.

, , , ,




Oleh :
Kategori : Seni Rupa