Sponsors Link

Kerajinan Tangan dari Lampung dan Penjelasannya

Lampung adalah salah satu provinsi yang ada di pulau sumatera dengan posisi di ujung pulau sumatera. Lampung adalah provinsi yang menjadi pintu masuk atau gerbang utama pulau sumatera.

Tidak hanya itu, lampung juga terkenal dengan Gajahnya dan komoditi seperti lada dan kopi yang terbaik. dengan adanya keunggulan yang ada di provinsi ini tentunya banyak hal yang bisa anda dapatkan dengan jelas. Namun, apakah hanya ada cerita ini saja?

Di Lampung banyak hal yang bisa anda ketahui, apa lagi untuk generasi muda tentunya sangat penting untuk mengetaui tentang dan sejarah provinsi lampung.

Di sini banyak peristiwa yang terjadi dengan beberapa perubahan yang ada. Dengan masa dan periode yang berganti mulai dari zaman penjajahan atau pra kemerdekaan dan zaman kemerdekaan. Seperti provinsi lainnya di Indonesia, Lampung juga punya beberapa kerajinan tangan, diantaranya ialah :

1.Sulam Usus

Sulaman usus biasanya, dikerjakan ibu-ibu dan remaja putri di lampun. Kerajinan tersebut awalnya diperkenalkan masyarakat asli Lampung dan biasanya digunakan untuk pakaian wanita, kemeja pria, hiasan dinding hingga tempat tisu.

Dalam perkembangan, sulaman model begitu banyak digunakan para desainer sebagai assesoris rancangan. Bahkan, pasarnya sudah termasuk kelas ekonomi kelas atas.

Kelebihannya, selain bentuk dan motifnya klasik, sulaman usus lampung juga sangant halus. Tak heran bila sulaman itu banyak dicari pedagan, baik untuk pasar dalam negri maupun mancanegara.

Namun saat ini kerajinan tangan khususnya sulaman tersebut semakin sedikit yang menggeluti, sebab pengerjaanya cukup rumit, membutuhkan kesabaran yang tinggi untuk mengerjakanya. Sebagai contoh, untuk sebuah kebaya memerlukan waktu satu pekan perajutan. kerajinan tangan dari aceh bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

2. Kain tapis

Kain tapis merupakan kain khas lampung yang ditenun dari benang sutera, kapas atau serat nenas dan dikerjakan secara manual. Kain yang dihasilkan itu disulam dengan benang emas atau benang perak sulam polos dengan berbagai motif. Motif dan benang yang digunakan akan menunjukkan nama dari tapis tersebut. kerajinan tangan dari banten bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

3. Siger Lampung

Siger, atau dalam bahasa Lampung saibatin adalah Sigokh, memang sangat identik dengan Lampung, ini bukan tanpa alasan. Dalam suku Lampung siger merupakan suatu benda yang sangat penting, baik yang beradat Saibatin maupun yang beradat Pepadun.

Siger merupakanmahkota keagungan dalam adat budaya Lampung dan tingkat kehidupan terhormat suku Lampung. Biasanya, Siger biasanya digunakan oleh pengantin perempuan suku Lampung pada acara pernikahan ataupun acara adat budaya lainnya.

Kini siger bukan hanya digunakan sebagai mahkota pada acara adat Suku Lampung, namun juga telah menjadi icon berupa hiasan dan lambang kebanggaan Provinsi Lampung, ini dapat dilihat seperti di kabupaten Lampung Selatan, tepatnya di dekat pelabuhan Bakauheni telah dibangun sebuah menara berbentuk siger dengan nama Menara Siger.

Di kabupaten-kabupaten lain pun banyak menggunakan siger sebagai hiasan pada tugu-tugu dan kantor-kantor pemerintahan dan perusahaan. Kemudian bebarapa tahun ini di kota Bandar Lampung, setiap bangunan seperti toko, ruko, pusat perbelanjaan dan setiap bangunan yang berada di jalan kota Bandar Lampung telah diwajibkan menggunakan hiasan siger diatas pintu masuk atau di atas (atap) pada bangunannya.

4. Souvenir Gajah Lampung

Souvenir gajah lampung ini terbuat dari kayu yang berkualitas dan tahan rayap. Patung ini di buat oleh tenaga ahli dibidang seni pahat kayu dan khusus membuat satu jenis patung yaitu patung gajah, sehingga hasil karya seniman ini sangat halus, rapi dan nampak seperti gajah aslinya.

Patung gajah ini sangat cocok di letakkan di lemari atau di meja sebagai hiasan yang bagus dan unik. Patung gajah ini cocok untuk dijadikan olah – oleh untuk keluarga dan para sahabat, karena kualitasnya yg baik sehingga akan awet dalam jangka waktu yang lama.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Kerajinan Tangan