Sponsors Link

8 Macam Macam Kerajinan Dari Bubur Kertas Dan Cara Membuatnya

Memperdalam dan Mempelajari ilmu seni baik yang berkaitan dengan seni rupa, seni musik, maupun seni tari, dan berbagai cabang cabang seni lainnya, dapat dilakukan lebih mudah jika langsung mempraktekkan serta melihat berbagai contoh karya yang dihasilkan. Keadaan ini lah yang menjadi dasar mengapa setiap pelajaran seni di sekolah  sekolah selalu menitik beratkan pada praktek dibandingkan dengan teori seni semata. Dengan banyaknya praktek para murid akan lebih mengetahui gambaran langsung dari ilmu seni yang dipelajari.

ads

Berkaitan dengan hal diatas, memperlajari ilmu seni rupa juga akan lebih mudah jika mengetahui contoh contoh karya serta mempraktekkan langsung untuk membuatnya. Salah satu praktek yang biasa dilakukan untuk mengenal berbagai cabang seni rupa adalah membuat sebuah kerajinan tangan. Kerajinan tangan merupakan karya seni rupa yang bisa dimasukkan kedalam seni rupa 3 dimensi dan seni rupa 2 dimensi tergantung dari bentuk dan wujudnya dengan memanfaatkan berbagai macam jenis bahan dasar.

Berbagai macam kerajinan tangan dapat dibuat menggunakan beraneka ragam bahan dasar diantaranya macam macam kerajinan tangan dari kertas, koran bekas, bahan alam, dan sebagainya. Salah satu modifikasi bahan dasar kertas yang dapat dilakukan adalah membuat bubuk kertas sebagai bahan kerajinan tangan. Bubur kertas merupakan pemrosesan kertas bentuk lembaran menjadi bentuk yang lembek seperti bubur. Kertas yang digunakan haruslah yang mudah hancur dengan air, dalam hal ini yang paling cocok adalah kertas koran. Cara membuat bubur kertas diantaranya sebagai berikut ini :

  1. Siapkan bahan bahan seperti kertas koran bekas dan lem rajawali serta air.
  2. Siapkan juga alatnya berupa gunting, ember, dan cutter.
  3. Sobek kertas dengan gunting maupun cutter menjadi bagian kecil kecil (semakin kecil ukurannya maka semakin cepat dan mudah hancur)
  4. Rendam sobekan kertas tersebut didalam ember berisi air sampai benar benar hancur (untuk hasil yang lebih baik rendamlah semalaman)
  5. Keringkan bubur kertas yang terbentuk dari air dan sisakan sedikit air.
  6. Tambahkan lem rajawali secukupnya dan perhatikan perbandingan antara air, lem rajawali, dan kertas untuk mendapatkan hasil yang baik.
  7. Bubur kertas siap digunakan.

Bubur kertas yang terbentuk tersebut sebaiknya segera digunakan  dan jangan didiamkan terlalu lama karena dapat mengeras jika sudah kering. Bubur kertas biasanya dibentuk menjadi kerajinan tangan yang memiliki wujud 3d sehingga masuk kedalam contoh seni rupa 3 dimensi. Macam macam kerajinan dari bubur kertas diataranya adalah sebagai berikut.

1. Diorama Dari Bubur Kertas Bekas

Diorama dapat dibentuk dari kertas koran bekas dengan cara membentuknya dari kertas koran yang dibuat menjadi bubur koran. Bubuk koran ini dapat berfungsi seperti malam namun bisa mengeras apabila dibiarkan mengering. Berikut ini adalah cara membuat diorama, yaitu :

  • Siapkan koran bekas atau koran yang sudah tidak digunakan.
  • Rendam lembar demi lembar koran sampai benar benar hancur dan menjadi bubur.
  • Setelah koran hancur tiriskan dan kurangi kandungan airnya dengan cara meremas koran.
  • Setelah kandungan air berkurang, campur bubur koran denga lem serbaguna dengan merek rajawali atau fox.
  • Sesuaikan jumlah lem dengan jumlah bubur koran agar hasilnya dapat maksimal.
  • Bubur yang sudah jadi dapat dibentuk menjadi sebuah diorama.
  • Perhatikan bahwa proses pembentukannya tidak boleh berlangsung sangat lama karena bubur koran bisa mengeras sewaktu waktu.

2. Miniatur

Miniatur merupakan bentuk karya seni yang tidak hanya termasuk kedalam macam macam kerajinan tangan dari kardus namun dapat juga dibuat menggunakan kertas. Dalam pembuatan miniatur ini bisa menggunakan kertas yang diubah menjadi bubur kertas. Pembuatan kerajinan tangan dari bahan bubur kertas berupa miniatur ini memerlukan tingkat kreativitas yang tinggi serta kemampuan imajinasi yang luas untuk membanyangkan detail wujud dari bentuk yang akan dihasilkan. Kerajinan tangan berbentuk miniatur saat ini banyak digeluti sebagai salah satu hobi dan bahkan ada beberapa orang yang memanfaatkannya untuk meraup penghasilan tambahan.

3. Topeng 

Kerajinan lainnya yang dapat dibuat dari bubur kertas adalah topeng. Untuk membuat topeng yang baik gunakanlah cetakan yang bisa dibuat dari bahan kayu maupun bahan lainnya. Setelah campuran bubur kertas dimasukkan ke cetakan, tunggu hingga mengeras dan kering lalu beri warna agar hasilnya lebih menarik.

Sponsors Link

4. Frame Foto atau Lukisan

Frame atau bingkai foto dapat dibuat dari bahan dasar bubur kertas. Untuk membuat frame foto atau bingkai foto ini dapat menggunakan kertas jenis apapun asalkan memiliki ukuran yang cukup tebal. Dengan kertas yang berukuran besar maka frame foto yang dihasilkan akan lebih kuat dan mudah untuk diberdirikan. Kertas tebal ini diperlukan untuk bagian belakang frame. Selain bagian dasarnya, buatlah berbagai macam hiasan dengan berbagai bentuk dari bubur kertas dan tempelkan pada bingkai untuk menambahkan kesan indah dan menarik.

Bentuk Karya Dari Koran Bekas Lainnya

Selain bentuk bentuk yang dijelaskan diatas, ada beberapa contoh karya kerajinan tangan dari bahan bubur kertas lainnya yang dapat anda temui dibeberapa tempat dan bahkan dijual dengan harga tertentu. Contoh karya lainnya tersebut diantaranya adalah:

5. Celengan Dari Bubur Kertas Bekas

6. Pohon Pohonan Dari Bubur Kertas Bekas

7. Hiasan Dinding Dari Bubur Kertas Bekas

8. Bingkai Foto Dari Koran Bekas

Macam macam kerajinan dari bubur kertas bekas tersebutlah yang dapat dijadikan contoh karya seni yang dihasilkan dari kreatifitas memanfaatkan bahan bahan disekitar terutam bahan bekas. Selain untuk mengisi waktu luang, karya seni dari bubur kertas tersebut juga dapat mendatangkan penghasilan sendiri.

, , ,
Oleh :
Kategori : Kerajinan Tangan