Sponsors Link

Macam Macam Kerajinan Tangan Dari Bahan Alam Terlengkap

Kerajinan tangan merupakan salah satu aktivitas seni yang dapat dilakukan untuk menghasilkan sebuah barang yang terkadang tidak hanya indah dan bernilai seni namun juga memilik fungsi fungsi tertentu. Jika ditinjau dari cabang cabang seni yang ada, kerajinan tangan merupakan cabang seni rupa. Kerajinan tangan termasuk kedalam seni rupa karena hasil karyanya berwujud yang dapat dilihat maupun dirasakan secara langsung.

ads

Kerajinan tangan banyak digunakan sebagai salah satu hobby dan aktivitas untuk mengisi waktu luang yang menyenangkan bagi sebagian orang. Namun dalam perkembangannya, kerajinan tangan saat ini bukan hanya sebagai aktivitas pengisi luang belaka tetapi juga dapat digunakan sebagai salah satu aktivitas yang dapat mendatangkan pundi pundi uang bagi penciptanya.

Perkembangan dunia seni dan budaya di masyarakat membuat berbagai macam kerajinan tangan dapat dibuat menggunakan bahan yang berbeda beda. Salah satu jenis kerajinan tangan yang sekarang ini sedang naik daun adalah pembuatan kerajinan tangan yang berasa dari bahan alam. Kerajinan ini dapat terus tumbuh karena melimpahnya bahan alam yang dimiliki oleh lingkungan disekitar kita.

Hasil produk dari kerajinan alam berbahan dasar bahan alami dapat dengan mudah kita temui dan sebagian besar menjadi salah satu cinderamata khas daerah tertentu yang bisa dibawa sebagai oleh oleh. Berikut macam macam kerajinan tangan dari bahan alam beserta contohnya.

  1. Kerajinan tangan dari tanah liat.

Tanah liat merupakan bahan alam yang melimpat dan dapat dengan mudah ditemui disekitar lingkungan kita. Kerajinan yang banyak dibuat untuk digunakan sebagai peralatan rumah tangga ini dibentuh oleh tangan manusia dengan bantua alat pemutar atau perbot. Beberapa hasil karya kerajinan tangan dari tanah liat yang bisa dengan mudah kita jumpai antara lain.

  • Gerabah

Gerabah merupakan kerajinan tangan dari tanah liat yang memiliki fungsi sebagai tempat penyimpanan baik air maupun benda lainnya. Kerajinan tanah liat berupa gerabah ini sudah mulai sedikit peminatnya dikarenakan adanya produk yang lebih ringan dan lebih murah dengan bahan baku berupa plastik. Gerabah sebenarnya merupakan produk seni yang hampir sama dengan keramik, hanya berbeda pada permukaannya saja. Gerabah merupakan salah satu contoh karya seni rupa 3 dimensi.

  • Keramik

Kerajinan keramik sudah dikenal dan berkembang sejak jaman cina kuno. Keramik merupakan salah satu kerajinan tangan yang berasal dari tanah liat yang telah melalui proses pembakaran. Benda benda keramik seperti guci dan vas bunga saat ini lebih menjadi sebuah benda yang memiliki nilai seni serta harga yang tinggi terutama apabila benda keramik tersebut memiliki nilai sejarah dan usia yang tua. Keramik saat ini selai sebagai kerajinan tangan yang memiliki nilai seni juga dimanfaatkan untuk bahan bangunan berupa lantai keramik,

  • Teko atau poci

Teko dan poci merupakan contoh dari kerajinan tangan berbahan dasar tanah liat yang mungkin sudah jarang kita jumpai di rumah tangga. Teko dan poci sudah menjadi barang antik yang memiliki nilai seni tersendiri dan termasuk salah satu barang koleksi terutama untuk teko dan poci yang memiliki nilai sejarah. Benda seni ini merupakan salah satu contoh seni rupa terapan yang memiliki fungsi sebagai penyimpan dan penyaji minuman. Memahami kerajinan tangan teh poci atau poci dapat menjelaskan dengan mudah perbedaan seni rupa murni dan terapan.

Sponsors Link

  1. Kerajinan tangan dari serat alami.

Lingkungan Indonesia yang hijau menyimpan beraneka ragam tanaman yang memiliki serat. Beberapa dari tanaman tersebut dari diolah menjadi serat alami. Salah satu kerajinan tangan yang berasal dari bahan alam adalah kerajinan tangan serta alami. Kerajinan alam dengan bahan serat alami ini biasanya dibuat menggunakan teknik teknik dasar anyaman.

ads

  • Kerajinan dari eceng gondok

Kerajinan tangan berbahan dasar eceng gondok ini muncul sebagai salah satu cara yang produktif untuk menghilangkan limbah enceng gondok yang merugikan. Eceng gondok merupakan tanaman air yang mengapung dengan kecepatan pertumbuhan yang tinggi sehingga sering disebut sebagai gulma yang dapat merusak lingkungan perairan. Kerajinan tangan dari eceng gondok ini dibuat dengan menganyam serat alami yang dibentuk dari eceng gondok kering. Karakteristik serta eceng gondok yang kuat dan mudah dibentuk menjadikanya sering diolah menjadi kerajinan tangan dengan fungsional tertentu mulai dari tas, tempat penyimpanan barang, sandal, sampai dengan furnitur.

  • Kerajinan dari pelepah pisang

Pelepah daun pisang dapat digunakan sebagai salah satu bahan alami untuk membuat kerajinan tangan serat alami meskipun banyak yang tidak mengetahui ini. Pelepah pisang dapat diolah dan dibuat sebuah karya seni yang memiliki nilai seni dan ekonomi yang tinggi seperti seni lukis dari pelepah daun pisang.

  • Kerajinan dari daun pandan

Daun pandan merupakan salah satu tanaman dengan bau wangi khasnya yang sering digunakan sebagai bahan pewarna alami serta pewangi beberapa masakan. Ternyata daun pandan dapat menjadi bahan kerajinan seni serta alam yang menghasilkan benda seperti tikar, alas sajadah, topi dan hiasan hiasan lainnya. Selain daun pandan masih ada juga bahan alam yang dapat digunakan sebagai bahan dasar kerajinan sabut alami seperti sabut kelapa dan kulit jagung.

  1. Kerajinan tangan dari kayu

Sebagai negara tropis, kayu merupakan komoditas yang melimpah dan banyak tersedia dari hutan hutan produktif yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia. Kayu merupakan salah satu jenis bahan alam yang dapat dibentuk menjadi sebuah karya seni melalui teknik pahatan, teknik ukir, teknik sambung, teknik bubut dan beberapa teknik lainnya. Kerajinan tangan dari bahan kayu merupakan salah satu kerajinan tangan yang sudah banyak diakui di mancanegara karena kualitas dan bentuk ukirannya yang sangat khas bergantung dari asal daerah kerajinan kayu tersebut.

  1. Kerajinan tangan dari bambu

Selain kayu, bambu juga merupakan salah satu jenis tanaman yang banyak ditemui di negara tropis seperti Indonesia ini. Banyaknya bambu yang melimpah menjadikannya salah satu bahan terbaik untuk membuat kerajinan tangan. Berbagai macam benda seni yang fungsional dapat terbentuk melalui teknik ayaman bambu. Kerajinan tangan dari bambu sering kali dapat memberikan kesan traditional dan antik pada sebuah ruangan.  Beberapa hasil karya dari kerajinan tangan berbahan dasar bambu diantaranya adalah sandal bambu, tudung saji dari bambu, lukisan bambu, dan lainnya.

  1. Kerajinan tangan dari batu

Hampir disetiap tempat batu merupakan benda alam yang dapat dengan mudah ditemui. Sehingga banyak kerajinan tangan yang menggunakan batu sebagai bahan dasarnya. Namun tidak semua batu dapat digunakan menjadi kerajinan tangan karena beberapa jenis batu tidak tahan terhadap teknik pahatan yang dilakukan untuk memporses batu menjadi sebuah kerajinan tangan.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Tuesday 05th, December 2017 / 02:13 Oleh :
Kategori : Kerajinan Tangan