Sponsors Link

Contoh Seni Rupa Murni 3 Dimensi dan Penjelasannya

Dunia dan ilmu seni merupakan salah satu pengetahuan dan keilmuan yang akan terus berkembang dari masa kemasa mengikuti berbagai perkembangan yang terjadi. Seni rupa 3 dimensi merupakan salah satu cabang seni rupa yang juga pastinya akan ikut berkembang dengan berbagai karya baru yang terbentuk karena berbagai inovasi dan kebutuhan.

ads

Berdasarkan fungsi serta manfaatnya, seni rupa 3 dimensi sama halnya dengan cabang cabang seni lainnya dibagi menjadi dua yakni seni rupa murni 3 dimensi dan seni rupa terapan 3 dimensi. Seni rupa terapan 3 dimensi merupakan seni rupa dengan wujud panjang lebar tinggi yang tidak hanya terpaku pada keindahan karyanya namun juga memiliki berbagai fungsi untuk membantu aktivitas manusia. Sedangkan seni rupa murni adalah seni rupa yang mendasar dengan hanya terpaku pada keindahan.

Dalam artikel ini kita akan lebih membahan terkait dengan seni rupa murni 3 dimensi. Untuk lebih meningkatkan pemahaman kita terhadap seni rupa 3 dimensi murni ini dapat dilakukan dengan melihat, memahami, dan menganalisis berbagai contoh karyanya. Jika dilihat dari kemudahan dan persebaran karyanya, contoh karya seni rupa terapan 3 dimensi lebih mudah ditemui di berbagai lokasi dibandingkan seni rupa murni 3 dimensi yang lebih banyak ditemui pada pagelaran seni dan pameran seni yang dilaksanakan oleh seniman itu sendiri maupun event event seni lainnya. Berikut beberapa contoh seni rupa murni 3 dimensi yang dapat ditemui.

Patung

Patung merupakan karya seni dari cabang seni rupa murni yang menekankan pada keindahan dari orang yang menikmatinya melalui penglihatan maupun melalui rabaan. Menurut wikipedia, patung adalah benda tiga dimensi karya manusia yang diakui secara khusus sebagai suatu karya seni. Seniman yang membuat patung disebut sebagai pematung. Pada zaman dahulu sebelum pola berfikir dan sikap rasional manusia berkembang, patung lebih digunakan sebagai berhala yang disembah namun saat ini patung hanyalah sebuah karya seni.

Karena patung hanya diposisikan sebagai sebuah karya seni saja tanpa fungsi dan maksud lainnya maka patung merupakan contoh karya seni rupa murni 3 dimensi yang cukup mudah ditemui sebagai tetenger di beberapa daerah perkotaan. Berikut beberapa patung yang merupakan karya seni rupa murni 3 dimensi.

  • Patung Selamat Datang, terletak di tengah tengah bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, yang dibuat oleh tim pematung keluarga arca pimpinan seniman patung bapak edhi sunarso yang juga dikenal sebagai pembuat diorama sejarah di Monumen Nasional Jakarta.
  • Patung Satria Gatotkaca, terletak dibali dan merupakan karya dari pematung terkenal yang berasal dari bali yakni I Wayan Winten yang diresmikan pada tahun 1993. Lokasi patung tersebut mudah ditemui di bali karena letaknya yang berada di pertigaan jalan yang mengarah ke Bandara Ngurah Rai.
  • Patung di kawasan Istana Bogor, didalam kawasan Istana kenegaraan di kota bogor, kita bisa menjumpai berbagai seni patung yang bercita rasa seni tinggi hasil karya seniman patung dari berbagai negara antara lain patung Sarinah karya trubus, patung Little Mermaid karya Edward Eriksen, patung kepala Sang Budha dari Myanmar, patung Menyisir Rambut karya Struble dari hongaria, dan masih banyak lagi karya seni rupa murni 3 dimensi berupa patung di Istana Bogor.
  • Patung Sura dan Baya, merupakan patung ikonik yang berada di kota pahlawan, Surabaya, provinsi Jawa Timur. Patung yang terdiri dari ikan sura atau yang lebih dikenal dengan nama ikan hiu serta buaya yang merupakan inspirasi dari nama kota Surabaya. Patung ini berlokasi di depan Kebun Binatang Surabaya dan menjadi salah satu lokasi yang harus dikunjugi bagi wisatawan yang datang ke surabaya.
    Sponsors Link

  • Dan berbagai patung lain, yang dapat kita temui keberadaannya disetiap sudut kota sebagai karya seni yang dapat dinikmati keindahannya oleh semua orang seperti patung Jendral Sudirman di jakarta, patung dirgantara, patung bunda maria di ambon, patung budha tidur di mojokerto, dan beberapa patung lainnya yang menjadi ikon sebuah kota.

Relief

Relief merupakan seni pahat yang berwujud 3 dimensi dan dituangkan dalam suatu bidang tertentu. Menurut wikipedia, relief merupakan seni pahat dan ukiran 3-dimensi yang biasanya dibuat di atas batu. Bentuk ukiran ini biasanya dijumpai pada bangunan candi, kuil, monumen dan tempat bersejarah kuno. Relief dibuat sebagai karya seni rupa murni 3 dimensi yang memiliki keindahan dan nilai sejarah tinggi.

ads

Relief yang terdapat di beberapa candi bersejarah bertujuan untuk mengambarkan sejarah yang terjadi pada saat itu. Namun dalam perkembangannya relief sekarang banyak digunakan sebagai karya seni yang memperindah lokasi atau tempat relief tersebut dibuat. Relief sekarang ini bukan hanya berada pada candi tetapi dapat ditemui juga dibeberapa lokasi dan telah tumbuh sebagai hiasan suatu bangunan. Relief dibagi kedalam beberapa jenis yakni.

  • Relief Tinggi, relief yang diciptakan dengan ukiran yang lebih menonjol dibandingkan dengan liannya dengan penampilan kedalaman dimensi lebih dari 50%. Sehingga relief kadang disebut juga sebagai patung yang menempel di dinding.
  • Relief Dangkal, relief dengan ukuran yang lebih jelas. relief ini merupakan jenis relief yang lebih rendah daripada relief rendah. Penampakan relief ini berupa guratan – gurtan tipis untuk menghlangkan material datarnya. Relief berlogam merupakan relief yang banyak ditemui.
  • Relief Rendah, merupakan ukiran yang sedikit menonjol dari dasar permukaan dinding
  • Relief Tenggelam, merupakan jenis relief dimana latar permukaan dinding dibiarkan utuh dan rata, sementara ukurannya digambarkan guna dukungan terhadap seni itu sendiri dari beberapa wilayah.

Hiasan Rumah

Beberapa karya seni rupa murni 3 dimensi dapat kita temui dibeberapa sudut suatu ruangan baik di rumah sampai dengan yang berada disebuah museum. Hiasan rumah tersebut termasuk sebagai karya seni rupa murni 3 dimensi karena ditujukan untuk dinikmati keindahannya maupun mempercantik suatu ruangan. Beberapa contoh hiasan rumah sebagai karya seni rupa murni 3 dimensi antara lain seperti hiasan dinding berupa ukuriran yang terbuat dari kayu, gerabah hias yang terbuat dari keramik, topeng 3 dimensi yang diada di salah satu tembok, dan lain lainnya.

Berbagai macam contoh hasil karya seni rupa murni 3 dimensi diatas dapat dipelajari agar terjadi pemahaman yang lebih terhadap ilmu seni yang bersangkutan tersebut. Melalui contoh tersebut, kita dapat mempelajari dan mengulas berbagai hal terkait dengan contoh seni rupa 3 dimensi yang ada. Dengan begitu bagi mereka yang akan mengeluti dunia seni, akan memunculkan karya karya baru yang memiliki fungsi. Sebagai bahan pembeda antara cabang seni rupa yang lainnya, membandingkan contoh karya seni rupa murni 3 dimensi dengan karya seni rupa lainnya akan memperjelas defnisi masing masing cabang seni rupa.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , ,
Post Date: Monday 27th, November 2017 / 07:19 Oleh :
Kategori : Seni Rupa