Sponsors Link

Aliran Seni Lukis Kubisme

Seni lukis merupakan salah satu dari sekian banyak cabang-cabang seni rupa. Seni lukis sendiri adalah seni yang mengapresiasikan kreatifitas seorang seniman melalui bidang dua dimensi, seperti kanvas, papan, kertas, dan sebagainya dengan cara melukis. Dengan cara melukis, seorang seniman akan menghasilkan sebuah seni yang dinamakan seni lukis.

ads

Melukis sendiri adalah sebuah kegiatan mengolah medium dua dimensi atau permukaan dari objek tiga dimensi untuk mendapat kesan tertentu. Medium lukisan sering kali dilukiskan diatas kanvas, akan tetapi pada saat sekarang ini medianya bisa berupa kertas, papan, dan bahkan film di dalam fotografi bisadianggap sebagai media lukisan, alat yang digunakan dalam melukispun beragam asalkan dapat memberikan imaji tertentu sesuai dengan media yang digunakan.

Artikel terkait:

Lukisan kubisme ada berbagai bentuk, ada yang seperti bunga dan ada juga yang menggambarkan wajah. Contoh lukisan kubisme yang sederhana ala Satria adalah sebagai berikut

1. Lukisan Kubisme Warna Pelangi

Lukisan kubisme pada gambar pertama terbilang sangat sederhana karena hanya memadukan warna dan juga bentuk. Warna-warna yang dipakai pada lukisan tersebut sangat variasi. Kombinasi warnanya pun tidak sembarang. Karena jika warna kombinasinya tidak sesuai maka akan mengurangi estetika dari lukisan tersebut. Pada lukisan tersebut pun sang pelukis menggunakan beragam bentuk. Bentuk yang terlihat pada lukisan tersebut didominasi bentuk segitiga dan juga persegi pada bagian tengahnya.  Walaupun lukisan tersebut terlihat sederhana. Dalam pembuatan lukisan tersebut pun perlu ketelatenan dan juga jam terbang untuk bisa membuat lukisan seperti itu.

2. Lukisan Kubisme Gajah

Lukisan kubisme pada gambar ke dua menggambarkan seekor gajah. Di dalam lukisan itu pun sang pelukis hanya menggunakan sedikit warna dan bentuk. Sang pelukis pun memainkan gradasi warna agar memunculkan estetika pada gambar. Warna yang dominan pada gambar itu yaitu warna pink dan kuning. Ketepatan dalam gradasi warna membuat lukisan kubisme ini semakin indah untuk menjadi pajangan di rumah.  Di dalam gambar itu pun terlihat warna ungu, putih, merah, hijau dan juga coklat yang dihasilkan dari berbagai gradasi warna.. Selain dari warna pink dan kuning yang tadi Satria sebutkan sebagai warna yang dominan.

3. Lukisan Kubisme Gitar

Lukisan kubisme pada gambar ke tiga berbentuk gitar. Lukisan ini termasuk dalam salah satu karya maestro aliran kubisme yaitu PabloPicasso. Di dalam lukisan ini Pablo menggunakan banyak bentuk dan sedikit warna yang dipadukan untuk menghasilkan lukisan yang indah. Warna biru merupakan warna yang dominan pada lukisan ini. Dengan perpaduan warna biru tua, biru muda dan juga putih menjadikan lukisan ini terlihat nyaman jika dipandang dalam waktu yang lama. Berbagai bentuk sang pelukis padukan untuk bisa menambahkan nilai lebih pada lukisan ini.

4. Lukisan Kubisme Sepeda

Lukisan kubisme pada gambar ke empat berbentuk sepeda sebenarnya termasuk dalam lukisan kubisme yang lumayan sulit.  Hal tersebut bisa dilihat dari banyak warna dan juga bentuk yang dipakai. Tingkat kerumitan dalam lukisan ini pun sangat tinggi, butuh ketelatenan untuk pengerjaannya. Warna yang dipakai sang pelukis yang beragam memberikan kesan ceria pada lukisan ini.  Walaupun bentuk-bentuk yang dipakai itu banyak dan juga abstrak. Namun lukisan ini terlihat begitu indah. Pelukis berhasil mengkombinaskan beragam warna dan bentuk untuk menghasilkan lukisan yang berestetika tinggi.

5. Lukisan Kubisme Bunga

Lukisan pada gambar ke lima menggambarkan bunga matahari. Bunga yang identik dengan warna kuning berhasil dituangkan dalam media lukis dengan aliran lukis kubisme. Bentuk geometris yang mendominasi lukisan tersebut tidak menghilangkan keindahan lukisan tersebut. Bahkan menambahkan nilai lebih dari lukisan tersebut.

Sekian Artikel mengenai 4 Contoh seni lukis kubisme, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi pembaca baik untuk menambah ilmu, mengerjakan tugas, maupun untuk sekedar menambah wawasan tentang Seni Rupa Lukis, Aliran Aliran Seni Lukis, Karya Seni Lukis, Pengertian Seni Lukis, Unsur Seni Lukis dan Apa yang dimaksud dengan seni lukis.

, ,
Oleh :
Kategori : Lukis