Sponsors Link

21 Alat Musik Betawi dan Penjelasannya Terlengkap

Selain kita mengetahui Nama Alat Musik Tradisional Indonesia di indonesia maka kita juga harus mengetahui alat musik betawi terdiri dari apa saja. Jika kita bicara mengenai DKI Jakarta, maka yang langsung terlintas adalah ibu kota Negara Republik Indonesia yang memiliki penduduk dari berbagai etnis. Sejak  jaman penjajahan Belanda, Jakarta sudah menarik pendatang baik dari dalam maupu dari luar Nusantara.

ads

Suku Betawi adalah salah satu suku di Indonesia yang penduduknya mayoritas bertempat tinggal di Jakarta. Dalam bidang kesenian, Betawi memiliki lagu, tarian, dan alat musik tradisional yang mempunyai beragam jenis.

Dibandingkan jaman dulu, saat ini lumayan sulit untuk menemukan alat musik tradisional Betawi. Kurangnya generasi penerus dan peminat untuk mempelajari budaya Betawi, menjadi  faktor yang menyebabkan sulitnya menemukan alat musik tradisional.

Jenis Jenis Alat Musik Betawi : 

  1. Gambang

Gambang adalah alat musik tradisional yang terdiri dari 18 bilah bambu. Jenis kayu yang digunakan untuk membuat gambang yaitu kayu suangking, haru batu, menggarawan, ataupun kayu manis.  Cara memainkan alat musik ini yaitu dengan cara dipukul, suara yang dihasilkan oleh gambang akan terdegar empuk. Alat musik gambang biasaya digunakan dalam kesenian betawi yaitu gambang kromong.

  1. Gendang

Kendang atau yang biasa disebut dengan gendang adalah alat musik tradisional betawi yang biasanya terbuat dari kayu nangka, kelapa, dan kayu cempedak. Kulit kerbau biasanya digunakan untuk bam dalam alat musik ini. Bam sendiri adalah permukaan bagian gendang yang memancarkan ketukan dengan nada yang rendah. Dan kulit kambing digunakan untuk membuat chang. Chang yaitu permukaan luar yang mancarkan ketukan dengan nada tinggi.

Terdapat tali pengikat atau tali rotan yang berbentuk “Y”, tali tersebut berfungsi untuk mengubah nada dasar. Untuk menaikan nada suara dapat mengencangan tarikan kulitnya, dan untuk mengecilkan nada suara dapat mengendurkan tarikan kulitnya. Cara memainkan alat musik gendang yaitu dengan memukul permukaan kulit dengan telapak tangan.

Gendang mempunyai 3 jenis yaitu :

  • Gendang kecil disebut ketipung
  • Gedang sedang disebut ciblon atau kebar
  • Gendang ketipung mempunyai pasangan, yaitu gendang besar yang biasa disebut dengan gendang kalih
  1. Gender

Gender adalah alat musik jenis gamelan, yang cara memainkannya yaitu dengan ditabuh, alat musik ini terbuat dari bahan logam (kuningan, besi, dan perunggu). Gender terdiri dari 10 sampai 14 bilah. Untuk badan gender terbuat dari kayu dan untuk bumbungannya terbuat dari bambu. Dimana gender ini juga merupakan salah satu alat musik betawi yang sering digunakan untuk pentas Seni Musik Tradisional.

Sponsors Link

Fungsi gender yaitu :

  • Sebagai penuntun suara atau vokalis saat akan mulai bernyanyi dan menuntun rebab saat mengambil nada
  • Untuk megiringi rebab saat bernyanyi
  • Untuk menyelaraskan lagu agar komposisi yang dibawakan harmonis
  • Mewakili pembuka lagu bila rebab tidak ada
  • Memimpin jalannya lagu
  1. Gong

Gong adalah alat musik tradisional yang cara memainkannya dengan cara dipukul. Gong terbuat dari bahan perunggu atau logam. Dalam kesenian betawi gong tergabung dalam kesenian gambang rancang yang mengiringi tari topeng betawi.

ads

Fungsi gong yaitu :

  • Dimainkan saat upacara kematian
  • Alat musik yang berhubungan dengan ritual keagamaan
  • Digunakan saat acara pernikahan
  1.  Kecrek

Kecrek adalah alat musik tradisional yang berasal dari Jakarta. Kecrek yang biasa digunakan dalam teater musik betawi menggunakan besi yang dsusun diatas balok kayu, dan dipukul dengan tongkat kayu kecil. Fungsi dari alat musik kecrek yaitu sebagai pemberi isyarat berbagai macam aba-aba, iringan, maupun sikap dari wayang.

  1. Bonang atau Kromong

Alat musik bonang atau kromong dimainkan dengan cara dipukul atau ditabuh di bagian atasnya menonjol atau basa disebut dengan pencu (pencon). Alat pemukulnya menggunakan tongkat berlapis yang biasa disebut dengan bindhi. Fungsi dari bonang yaitu sebagai pembawa melodi pokok dari semua alat musik lainnya.

  1.  Rebab

Rebab merupakan salah satu alat musik yang mainkan dengan cara digesek. Aslinya rebab dibuat dar bahan tembaga, namun seiring berjalannya waktu rebab dibuat dari bahan alami. Pada bagian memanjang rebab terbuat dari bahan kayu nangka, pada bagian tubuh terbuat dari kayu berongga yang ditutup dengan kulit yang dikeringkan sebagai pengeras suara. Fungsi dari rebab yaitu untuk mengiringi tari dan pertunjukan khas daerah.

  1. Klarinet

Klarinet dibunyikan dengan cara ditiup. Disepanjang tabung klarinet terdapat lubang-lubang yang dilengkapi tombol. Tombol-tombol tersebut bernama klep, yang dapat membuka atau menutup untuk memperpanjang dan memperpendek kolom udara yang ada dalam tabung.

  1.  Piston

Piston merupakan salah satu alat musik yang mempunyai cirikhas, alat musik ii dimainkan dengan cara ditiup. Piston ini sangat populer sehingga seluruh masyarakat Indonesia maupun luar negeri banyak yang mecari alat musik ini.

  1. Trombon 

Trombon adalah salah satu alat musik yang cara memainkannya dengan cara ditiup. Trombon mempunyai satu slide yang dapat digeser-geser untuk mengubah nada. Bentuknya hampir sama seperti piston, namun lebih ramping dan memanjang.

  1. Saksofon

Saksofon adalah alat musik yang tergolong dalam keluarga brasswind. Saksofon terbuat dari bahan logam yang dimainkan dengan cara single-read seperti clarinet.

  1. Rebana

Rebana yaitu alat musik yang terbuat dari kulit lembu, menyerupai bedug namun dengan ukuran yang lebih kecil. Cara memainkannya dengan cara ditabuh dengan tangan kanan.

  1. Cello

Cello merupakan alat musik yang mirip dengan biola, namun dengan ukuran yang lebih besar. Cello dijadikan fondasi dalam orkes modern atau musik kamar yang merupakan instumental tunggal. Cello terbuat dari bahan kayu.

  1. Triangel

Alat musik ini berbentuk segitiga dan cara memainkannya pun sangat sderhana. Triangel berfungsi sebagai alat bantu bagi sebuah musik atau lagu yang sedang dimainkan.

  1. Seruling

Seruling adalah alat musik yang cara memaikannya dengan cara ditiup. Ciri dari suara seruling yaitu lembut dan dapat dipadukan dengan alat musik lainnya. Bahan untuk membuat seruling ada bermacam-macam, yaitu bambu, perak, emas, campuran dari perak dan emas, dan logam yang dilapisi perak.

  1. Kecapi

Dalam bentuknya, kecapi dibedakan menjadi dua macam, yaiu kecapi parahu dan kecpi siter. Pada alat musik kecapi terdapat dawai yang dikaitkan pada sekrup kecil dibagian kanan kotak. Sekrup pada kecapi berfungsi untuk mengontrol, yang dapat diatur berbagai sistem baik itu salendro, pelog, maupun madenda. Bahan untuk membuat kecapi yaitu kayu kenanga.

  1. Gengceng

Gengceng adalah alat musik yang diunyikan dengan cara diletakan pada kedua telapak tangan, lalu dibenturkan sehingga menghasilkan suara. Bahan untuk membuat aat musik ini yaitu logam.

  1. Djembe

Alat musik djembe adalah alat musik perkusi yang memainkannya dengan cara di pukul menggunakan tangan kosong ada banyak nama untuk alat musik berjenis seperti ini, diantaranya yaitu sangba, yimbei, jimberu, bata, tapo, dan lainnya. Fungsi dari alat musik ini yaitu sbagai pengiring musik dan media hiburan.

Sponsors Link

  1. Akordeon

Alat musik ini relatif kecil, memainkannya dengan cara digantungkan di leher. Pemusik memainkan tombol-tombol akord dengan jari-jari tangan kiri, dan tangan kanannya memainkan melodi lagu yang dibawakan. Adapun cara penggunaannya dengan memakai kedua tangan, pada tangan yang satu difungsikan sebagai pengatur alunan suara, sedangkan pada tangan yang kedua digunakan untuk mengatur nada. Pada saat dimainkan, akordeon didorong dan ditarik untuk menggerakkan udara di dalamnya.

  1. Tehyan

Tehyan merupakan alat musik yag dimainkan dengan cara digesek dengan bagian bawah yang agak melebar. Tehyan mempunyai tiga jenis, yaitu sukong, tehyan, dan kong ahyan.

  1. Gambus

Alat musik gambus yaitu alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik, yang terdiri dari 3 hingga 12 senar. Gambus dimainkan diiringin dengan gendang suatu orkes yang menggunakan gambus biasa disebut dengan orkes gambus. Gambus juga merupakan salah satu Macam Macam Alat Musik Petik yang juga merupakan hasil dari kerajinan orang betawi sehingga bisa disebut juga dengan alat musik betawi karena memang ciri khas dari betawi.

Diatas adalah berbagai macam alat musik suku betawi yang keberadaannya sudah semakin langka. Kita sebagai generasi muda sudah sepantasnya ikut melestarikan budaya betawi agar budaya kita tidak hanya tinggal nama dan diakui oleh negara lain.

, ,




Oleh :
Kategori : Dasar Seni
Search

Artikel Terbaru

Recent