Sponsors Link

Contoh Seni Rupa Dua Dimensi dan Penjelasannya

Dunia seni merupakan salah satu ilmu pengetahuan yang telah berkembang untuk memberikan unsur keindahan pada dunia ini. Dari perkembangan dunia seni, muncul berbagai cabang cabang seni yang terus tumbuh dan terciptakan oleh para ahli seni di seluruh dunia. Seni rupa merupakan salah satu cabang seni yang perkembangannya cukup nyata dan bisa dirasakan diberbagai belahan dunia.

Seni rupa sendiri terbagi dalam beberapa cabang berdasarkan dari hal yang mempengaruhinya. Berdasarkan wujud, seni rupa terdiri dari seni rupa 2 dimensi dan seni rupa 3 dimensi. Seni rupa 2 dimensi merupakan salah satu cabang seni rupa yang karyanya banyak tersebar di belahan dunia dan menghasilkan para tokoh ahli seni rupa yang terkenal. Para tokoh dan ahli seni rupa tersebut sering kali membuat sebuah aliran yang tidak sengaja terbentu serta mempengaruhi para pekarya seni yang baru muncul.

Untuk lebih mendalami ilmu seni rupa khususnya seni rupa 2 dimensi, artikel iniakan lebih mencoba untuk memahami seni rupa dua dimensi melalui contoh karya yang ada. Dengan melihat contoh yang ada maka kita akan mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentan ilmu seni rupa serta dapat menerapkan berbagai teknik yang dilakukan oleh para ahli tersebut kedalam karya yang akan kita buat. Berikut beberapa jenis  contoh karya seni rupa dua dimensi dari berbagai belahan dunia yang cukup dikenal dan fenomenal baik di masyarakat indonesia maupun di masyarakat dunia.

Lukisan

Lukisan merupakan sebuah karya dari seni lukis yang merupakan cabang seni rupa dengan bentuk dua dimensi. Melukis merupakan sebuah kegiatan yang menyeluruh dan mengabungkan antara mengambar dengan mewarnai. Lukisan adalah contoh karya seni rupa 2 dimensi yang paling mudah ditemui, baik dalam hiasan yang ada di berbagai sudut ruangan maupun di pameran seni yang lebih khusus. Karya seni rupa dua dimensi ini mudah kita temukan dan telah melahirkan beberapa karya terkenal dari pelukis ternama seperti :

  1. Lukisan Monalisa, diciptakan tahun 1503 atau 1504 hasil karya Leonardo Da Vinci seorang pelukis yang berasal italia.
  2. Lukisan Whistler’s Mother, diciptakan tahun 1871 oleh James Abbott McNeill yang seorang pelukis terkenal yang lahir di Amerika.
  3. Lukisan The Crying Boy, yang didistribusikan pada tahun 1905 hasil karya pelukis italia, Giovanni Bragolin.
  4. Lukisan Starry Night karya pelukis Vincent van Gogh yang dibuat pada bulan juni 1889.
  5. Lukisan The Kiss dibuat antara tahun 1907 – 1908 oleh Gustav Klimt seorang pelukis terkenal asal austria.
  6. Lukisan The scream karya Edvard munch pelukis berkebangsaaan norwegia yang diperkirakan diciptakan antara tahun 1893 sampai dengan 1910.
  7. Lukisan Balinese Beauty karya Basuki Abdullah maestro lukis indonesia yang mengambarkan kecantikan wanita bali.
  8. Lukisan Perburuan Rusa, salah satu karya terbaik pelukis terkenal indonesia tahun 1846 dengan aliran romantisme dan naturalis, raden saleh.
  9. Lukisan Bedoyo Ketawang karya Srihadi Soedarsono yang tahun 2012 lalu dilelang dan terjual dengan harga 1,3 miliar untuk kegiatan amal.
  10. Lukisan Bunga Amarilis karya Affandi salah seorang maestro lukis indonesia yang penuh dengan filsafat.

Foto

Foto merupakan salah satu contoh seni rupa terapan dua dimensi yang saat ini sedang berkembang. Fotografi merupaka ilmu yang khusus mempelajari dunia foto. Para peseni yang menghasilkan karya seni foto disebut sebagai fotografer. Beberapa contoh karya seni foto yang cukup terkenal antara lain :

  1. Rhine II, karya Andreas Gursky seorang fotografer handal didunia yang karyanya ini ditetapkan sebagai foto dengan harga paling mahal didunia
  2. Untitled # 96, karya Cindy Sherman foto seorang wanita yang berbaring dihasilkan tahun 1981
  3. The Pond Moonlight, karya Edward Steichen diambil pada tahun 1904 dan termasuk kedalam foto dengan harga jual yang fantastis.
  4. Kremlin Tobolsk, karya Dmitry Medvedev asal rusia yang mengambarkan kota kremlin dari udara.
  5. Nude, karya Edward Weston yang diambil pada tahun 1925
  6. Georgia O’Keeffe (Hands), karya Alfred Stieglitz seorang fotografer legendari yang mengeksplorasi anatomi manusia yakni tangan.

Kaligrafi

Kaligrafi merupakan salah satu hasil karya seni rupa dua dimensi yang dibuat dengan mengayakkan hurus maupun tulisan agar terlihat lebih indah dengan barbagai teknik dan cara tertentu. Kaligrafi merupakan karya seni yang identik dengan agama islam sehingga berbagai huruf dan dapat yang diperindah kebanyakan berasal dari Al – Quran. Kaligrafi sendiri bukan hanya memperlihatkan keindahan sebuah karya namun juga terkandung doa dalam kutipan kalimat dari kitab suci umat islam tersebut. Kaligrafi sering kali diciptakan untuk menambah kesan religius dalam sebuah ruangan.

Karikatur

Karikatur merupakan sebauh lukisan yang dibuat dengan menambahkan sedikit maupun banyak unsur atau bentuk yang ganjil. Lukisan atau gambar yang ada pada karikatur merupakan lukisan dari seorang manusia. Kita dapat dengan mudah menemukan hasil karya seni rupa dua dimensi ini dengan objek tokoh terkenal.

Batik

Batik merupakan karya seni rupa dua dimensi yang banyak ditemukan dan telah menjadi salah satu ciri dari Indonesia. Batik dikenal sebagai salah satu warisan budaya dunia yang  berasal dari Indonesia. Perkembangan salah satu karya seni rupa dua dimensi ini telah menyasar berbagai daerah diseluruh Indonesia. Batik merupakan karya seni lukis dengan menggunakan lilin yang diaplikasikan pada sebuah kain. Batik sendiri termasuk dalam karya seni budaya yang dapat dibanggakan oleh indonesia.

Penggunaan batik dalam kehidupan masyarakat di indonesia sebagai busana merupakan sebuah hal yang sudah biasa. Dari penggunaannya untuk seragam sekolah sampai dengan untuk pekerja baik swasta maupun pekerja pemerintahan menunjukkan batik merupakan karya seni rupa 2 dimensi yang cukup familiar di masyarakat dan telah memiliki penambahan nilai bukan hanya sebagai karya seni namun juga memiliki fungsional dalam sebuah busana.

Karya lainnya

Perkembangan dunia seni rupa murni maupun terapan telah menghasilkan berbagai karya baik modern maupun traditional. Seni rupa saat ini, bukan hanya sebuah karya yang bisa dinikmati namun juga telah hadir dan dirasakan manfaatnya di berbagai sendi kehidupan masyarakat. Beberapa   Contoh karya seni rupa dan terapan dua dimensi lainnya antara lain :

  1. Banner
  2. Poster
  3. Desain Produk
  4. Logo

Berbagai karya seni rupa dua dimensi diatas baik yang termasuk seni rupa murni maupun terapan telah tersebar luas dan dapat kita temui di berbagai tempat dalam kehidupan bermasyarakat. Bahkan, saat – saat ini sering kita temui berbagai pameran seni rupa dua dimensi yang dibuka untuk umum. Berbagai karya seni rupa yang dapat tengah mudah berperan sebagai pemberi keinfahan pada setiap aktivitas kehidupan masyarakat melalui penerapan perubahan dengan menambahkan budaya maupun fungsional.

, ,




Oleh :
Kategori : Dasar Seni