Sponsors Link

7 Jenis Jenis Industri Kreatif Berbasis Teknologi

Industri keratif merupakan sebuah aktifitas atau kegiatan ekonomi yang terkait dengan menciptakan atau penggunaan pengetahuan informasi. Di indonesi indutri kreatif biasa juga disebut sebagai ekonomi kreatif atau industri budaya. Industri kteatif memiliki peranan penting terhadap perekonomian suatu negara, apalagi untuk negara berkembang seperti Indonesia, peranan industri kreatif dalam memberikan sumbangsih pemasukan negara secara global.

Ekonomi kreatif yang dalam artiannya merupakan industri dihasilkan dari kreatifitas dan daya cipta setiap individu yang memanfaatkan ketrampila yang mereka miliki sehingga dapat menghasilkan keuntungan, bukan hanya menghasilkan laba akan tetapi industri kreatif juga bisa membuat lapangan pekerjaan baru dan menciptakan kesejahteraan di daerah ayng lambat laun akan menggerakan motor perekonomian negara secara global.

Industri kreatif pada umumnya dibagi dalam beberapa sub sektor seperti periklanan, arsitektur, pasar barang seni, kerajinan, desain, industri pakaian, video film dan fotografi, game, musik, penerbitan, layanan komputer dan piranti lunak, televisi dan radio, riset dan pengembangan, serta industri kuliner (Baca: Sub sektor industri kreatif).

Pada masa sekarang ini industri kreatif tidak hanya mengandalkan kreatifitas secara manual, akan tetapi pada saat ini industri kreatif semakin berkembang dan meluas hingga sektor teknologi. Mengikuti perkembangan global yang semuanya hampir berbasis teknologi yang sudah canggih industri kreatif sudah banyak yang berbasis teknologi, dan berikut merupakan jenis-jenis industri kreatif yang berbasis teknologi.

  1. Sektor industri Permainan

Sektor industri kreatif berbasis teknologi yang pertama adalah sektor permainan. Sektor industri permainan ini terkait dengan kreasi permainan, produksi permainan, tidak hanya bersifat untuk hiburan, permainan juga bisa memberikan edukasi dan ketangkasan otak tergantung dari jenis permainannya.

Salah satu contoh dari industri permainan adalah maraknya pembuatan miniatur tokoh-tokoh terkenal seperti superhero, artis terkenal, tokoh kartun, maupun tokoh dunia yang menginspirasi lainnya, industri miniatur tokoh sangat menjanjikan keuntungan, dengan penggarapan yang serius industri ini menghasilkan laba yang tidak sedikit, di indonesia sudah banyak bermunculan industri kreatif yang menciptakan tokoh-tokoh history futuristik seperti bima Gatot kaca, Bima Sakti, Pocongman yang dimotori oleh Jtoku dari Jogja.

Artikel terkait:

Selain industri permainan dalam bentuk miniatur ada juga beberapa produsen permainan yang tidak hanya memebrikan hibura akan tetapi memberikan efek edukasi secara langsung pada permainan yang di produksinya, seperti produsen Lego, serta permainan ketangkasan otak lainnya.

Salah satu industri contoh industri mainan yang berkembang di Indonesia adalah Desa karang anyar di perbatasan jepara dan Kudus, desa yang minim akan sumberdaya alam ini berhasil menjadi desa yang cukup berdaya, hampir semua keluarga di desa karang anyar terlibat dalam indutri permainan anak. Tiap anggota keluarga bisa turut ambil andil dalam bagian usaha dan mendapat penghasilan sendiri.

Keyakinan dari para warga desa Karanganyar adalah bahwa selama masih ada bayi yang lahir maka produk mainan akan tetap laku dan dibutuhkan. Dengan keyakinan itu, mainan anak desa Karanganyar terus berproduksi dan menjadi tulang punggung ekonomi rakyat daerah. Hanya perlu sedikit dukungan dalam bidang pemasaran atau marketing, packaging, strategi bisnis dan standar produksi agar UMKM ini bisa semakin maju dan sukses. Peran pemerintah dalam mendukung, memfasilitasi dan memajukan UMKM pun saat ini terus diprioritaskan oleh Presiden Jokowi, dan ketika industri ini digabungkan dengan bantuan peran teknologi maka besr kemungkinan akan menambah nilai jualnya.

  1. Sektor Industri Musik

Sektor industri kreatif berbasis teknologi yang kedua adalah sektor industri ini berkaitan dengan, kreasi musik, komposisi sebuah lagu, menciptakan lagu hingga proses produksi saat rekaman. Saat ini sudah banyak software yang bisa digunakan untuk mengolah musik dalam sebuah PC atau laptop, sehingga semakin mendukung industri kreatif musik di indonesia.

Sebagai buntut dari peralihan penjualan kepingan album ke bentuk digital, industri kreatif dibidang musik saat ini seakin berkembang dengan sangat pesat, dukungan penemuan teknologi membantu para musisi mengkomposisi sebuah lagu dengan bantuan dari sofware musik hanya dengan menggunakan Laptop atau personal komputer.

Artikel terkait:

Adanya teknologi yang canggih menambah khasanah musik di dunia dengan adanya elekronik musik yang pada saat ini sangat digemari oleh seluruh pecinta musik, para musisi dengan caranya sendiri dapat menghasilkan sebuah karya musik yang fenomenal dengan menciptakan sebuah lagu hingga melakukan proses produksi sebuah album dengan mengandalkan teknologi, ditambah lagi adanya internet sebagai penyedia jasa marketing seperti youtube, Soundcloud dan lain-lain dapat sekaligus menjadi ajang promosi gratis bagi orang-orang yang berkecimpung di industri kreatif musik.

  1. Sektor industri layanan komputer dan Perangkat Lunak

Sektor industri kreatif berbasis teknologi yang ketiga adalah sektor industri ini berkaitang dengan pengembangan suatu teknologi yang di dalam nya meliputi, jasa layanan komputer, pengolahan data, pembuatan website, periklanan berbasis internet, desain sistem dan desain portal termasuk perawatannya. Berikut merupakan beberapa penjelasan dari industri ini:

  • Jasa layanan komputer

Jasa layanan komputer biasanya berorientasi pada jasa pengetikan, jasa perbaikan perangkat komputer dan juga jasa instalasi data-data yang bisa digunakan untuk kemudahan seseorang dalam menggunakan suatu aplikasi baik itu untuk bisnis ataupun untuk pribadi.

  • Jasa pengolahan data

Jasa pengolahan data merupakan sebuah ladang kerja yang menjanjikan untuk sebagian orang yang memang sudah ahli dibidang pengolahan data. Misalnya saja seseorang yang ahli dibidang statistik, banyak data yang harus diolah menggunakan aplikasi atau sofware statistik untuk memudahkan orang awam membaca hasilnya.  jasa pengolahan data ini sebenarnya sangat mudah asalkan kita mempelajari dulu teknik-tekniknya, tetapi karena suatu dan lain hal orang yang berkepentingan merasa malas dan membuang waktu untuk melakukan kegiatan ini sehingga diserahkan kepada jasa pengolahan data.

  • Pembuatan website

jasa Pembuatan website, biasanya dikerjakan oleh para freelancer. Konsumen biasanya memberikan gambaran dari website yang akan mereka buat kemudian pembuat website akan membuat website sesuai dengan keinginan konsumen.

  • Periklanan Internet

Industri perdagangan online yang sangat berkembang beberapa tahun belakangan ini, menimbulkan satu peluang bisnis baru sebagai periklan internet. Penempatan inklan-iklan produk di internet menjadi industri kreatif tersendiri.

  1. Sektor industri Pertelevisian

Sektor industri kreatif berbasis teknologi yang terakhir adalah sektor industri kreatif ini berkaitan dengan, membuat kreasi, proses produksi hingga Pengemasan acara televisi. Yang bersangkutan dengan kebutuhan pertelevisian termasuk kedalam jenis industri ini.

Artikel terkait:

Industri pertelevisian di era globalisasi seperti sekarang ini bukanlah suatu hal yang langka bagi masyarakat pada umumnya. Kemajuan teknologi yang berkembang dengan sangat pesatnya mampu menciptakan berbagai macam fungsi didalamnya, begitu juga kaitannya dengan industri pertelevisian. pengaruh program-progam yang ditayangkan di televisi sangat besar imbasnya untuk masyarakat, dan kini industri pertelevisian tidak hanya mentah-mentah mencari keuntungan dari berbagai tawaran iklan akan tetapi dibuat industri sedemikian rupa sehingga semua yang ada di televisi menjadi manajemen yang seluruhnya dapat dijadikan lahan bisnis dan meraup berbagai keuntungan.

, ,




Oleh :
Kategori : Dasar Seni