Sponsors Link

8 Tips Terjun ke Dunia Film Indonesia

Dunia film memang selalu menarik perhatian banyak orang bukan hanya orang dewasa bahkan dari anak-anak kecilpun tertarik dengan industri ini. Tidak sedikit juga orang yang ingin terlibat dalam produksi film, tapi di antara mereka masih kebingungan dengan bagaimana cara memulainya. Di Indonesia, tidak ada cara pasti buat bisa masuk ke dunia film. Tidak seperti bidang pekerjaan lain yang punya tes atau syarat pasti untuk terjun ke bidang tersebut, misalnya pekerjaan formal di perkantoran. Secara teknis, di dunia film nggak mengenal tes dan syarat semacam formalitas itu, akan tetapi untuk terjun ke duania film ada hal-hal yang dapat dijadikan pembelajaran melalui suatu dan lain hal. Berikut merupakan tips bagaimana memulai terjun ke dunia film.

ads
  1. Menentukan Passion Hidup Ingin Menjadi Filmaker

Menjadi orang yang mempunyai minat yang besar dalam dunia yang diinginkan harus menjadi nilai mutlak seseorang ingin terjun ke berbagai macam industri, tak terkecuali dengan impian menjadi seorang filmaker. Dari sebuah minat yang besar akan menjadikan integritas menjadi seseorang yang terlibat di dunia film semakin berkualitas, menyenangi suatu hal akan menjadikan semangat yang menggebu-gebu dan akan efek ingin produktif.

Artikel terkait:

  1. Bergaul Sekaligus Membangun Relasi

Setelah sudah cukup mempunyai idealis menjadi seorang filmaker dan memiliki minat yang besar di dunia film, hal selanjutnya adalah mencari link, mulailah dengan mencari tahu orang-orang yang berhasil menaungi industri kreatif ini, kemudian cari tahu seluk beluknya, memfolow semua akun media sosialnya dan juga mengikuti semua perkembanganya dari berbagai media. Mulai mencari cara bagaimana cara mengenal orang tersebut dari orang-orang terdekatnya, bergaul dan serap ilmu yang diajarkan.

Berteman dengan orang yang memiliki passion sama dengan kita akan menjadi pacuan semangat dan bisa menjadi rekan untuk berkembang bersama-sama, dengan minat yang sama tentu saja untuk menjangkau dunia yang diimpikan dapat lebih mudah. Alternatif lain, bergabunglah dengan komunitas-komunitas pecinta film atau komunitas filmaker, dari sana kita akan mendapatkan lebih dari sekedar pembelajaran tetepi calon-calon relasi di masa depan.   

3. Membuat Film Pendek

Cara lain untuk dapat memasuki dunia film adalah dengan membuat film pendek, film pendek yang tidak memakan biaya yang mahal dan sulit, buatlah dulu sebuah film pendek yang sederhana yang hanya membutuhkan membutuhkan biaya kaset dan biaya riset, akan tetapi film pendek yang dibuat harus mempunyai ide cerita yang bisa berkembang dan berkelanjutan. Fokuskan cerita yang akan kita buat, garap dengan serius, walaupun minim budget film pendek yang kita buat harus sebuai dengan idealisme kita.

Selama membuat film pendek kita bisa mengekspresikan bagaimana ekslusifitas karya kita tanpa campur tangan dari pihak lain. Film pendek kemudian dapat di upload di youtube sebagai bentuk memanfaatkan media promosi gratis, share kepada teman-teman agar mereka dapat melihat hasil karya orisinil yang kita miliki, besar kemungkinan banyak yang akan mengapresiasi karya kita kemudian hal ini dapat kita jadaikan batu loncatan agar dapat terjun ke dunia film yang profesional.

Artikel terkait: Tips membuat film pendek

Sponsors Link

4. Mengikuti Kompetisi

Ketika sudah membuat sebuah karya misalnya film pendek, kita akan tergerak agar karya kita dapat dinikmati bukan hanya oleh keluarga dan teman-teman dekat kita saja. Cara yang paling baik adalah dengan mengikuti sebuah kompetisi atau festival-festival film pendek. Banyak sutradara berkualitas yang lahir dari ajang kompetifi atau festival film indie, dari sana kita tidak hanya mendapatkan kesempatan memperlihatkan hasil karya kita ke orang banyak tetapi juga akan mendapatkan kritik dan masukan yang bisa mengembangkan lagi kemampuan kita di dunia pembuatan film.

Dari mengikuti kompetisi, kesempatan untuk mengenal orang-orang besar yang sudah berkecimpung di dunia film juga semakin besar, hal ini bisa juga untuk menambah kenalan dan relasi, dari hasil mengikuti kompetisi film pendek nantinya juga akan memberikan kepercayaan diri dan pengalaman dalam membuat sebuah film.

5. Magang

Dimana-mana semua teori pekerjaan akan jauh lebih dimengerti jika kita terjun langsung ke realita dunia kerja yang kita pelajari, begitu juga dengan terjun ke dunia perfilman, kesempatan untuk magang di industri-industri besar di bidang ini akan membuka kesempatan kita untuk mempelajari lebih jauh mengenai pembuatan sebuah film, mulai mencari dan mendekati orang-orang yang terlibat di sebuah proyek pembuatan film akan menjadi batu locatan.

Mulailah dengan mengenali setting pembuatan sebuah film, magang sebagai apa saja asalkan kita diizinkan melihat proses pembuatan film secara langsung, amati pekerjaan setiap orang, dari mulai sutradara, pengatur pencahayaan, kameramen, aktor, dan bagaimana cara mereka berkomunikasi dalam setting pengambilan gambar, catat, pelajari, dan mulai praktekan dengan mencoba pembuatan film pendek dengan teknik yang didapatkan saat ada di lapangan pada saat magang.

Artikel terkait:

6. Mempunyai Sineas Film Panutan

Panutan atau roll model akan sangat membantu menimbulkan passion didunia perfilman, temukan satu sineas yang busa dijadikan rujukan dan panutan baik itu sineas lokal ataupun maca negara, cari tahu segala seluk beluk idola kita dan bagaimana dia dapat menggapai pencapaian sampai saat ini, ambil pelajaran dari tokoh yang kita kagumi, tonton semua film-film yang melibatkat tokoh tersebut dalam pembuatanya.

pentingnya memiliki sineas panutan adalah untuk memotivasi kita agar dapat memiliki pencapaian seperti mereka atau bahkan bisa menandingi. Jadikan dulu salah satu sineas dalam negri sebagai panutan untuk memulai karir di industri negri ini, misalnya dengan mengidolakan tokoh-tokoh perfilman Indonesia seperti Nia Dinata, Riri Riza, Hanung Bramantyo dan lain-lain.

Sponsors Link

7. Mencintai Film dalam Negri

Cara selanjutnya dalah dengan mencintai film dalam negri, sedini mungkin sebelum terjun ke dunia film seharusnya kita harus memulai dengan mencintai film-film produksi dalam negri baik film-film independen maupun yang tayang di bioskop-bioskop tanah air. Buka wawasan terhadap produk lokal atau dalam negri, buat list apa saja yang dapat diambil dari berbagai genre film-film produksi anak bangsa, bagaimana cara membuat film di Indonesia, bagaimana menarik perhatian masayarakat lokal terlebih dahulu, dan kemudian selipkan gaya atau idealisme yang kita miliki terhadap karya yang kita hasilkan, jangan sampai sebagai calon sineas bangsa tidak menganal tokoh-tokoh dalam negri seperti Mira Lesmana atau Sheila Timothy.

Artikel terkait:

8. Memanfaatkan Internet

Pada zaman sekarang ini pemanfaatan internet untuk segala bentuk media informasi dan promosi hukumny adalah wajib, apalagi sebagai seseorang yang bergelut di industri perfilman. memanfaatkan internet adalah sarana yang paling mudah dijangkau. Selain memerlukan biaya yang tidak banyak, bahkan gratis internet dalam memberikan pengaruh yang besar.

Artikel terkait:

Sebagai seorang yang bergelut didunia perfilman media seperti Youtube akan menjadi subur yang bisa dimanfaatkan sebagai media unjuk diri, upload semua hasil karya kita di youtube bagikan ke semua orang dengan menggunakan hastag-hastag yang tepat, hidup dimasa sekarang ini kita harus banyak-banyak memanfaatkan interaksi dunia digital dan online untuk menjangkau seluruh dunia.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Saturday 26th, November 2016 / 06:36 Oleh :
Kategori : Film