Sponsors Link

Jenis Jenis Ragam Hias Terlengkap Beserta Penjelasannya

Jenis jenis ragam hias  secara garis besar terdiri dari ragam hias geometris, ragam hias flora, ragam hias fauna, ragam hias polygonal dan ragam hias figuratif. Pengertian dari ragam hias itu sendiri merupakan bentuk dasar dari hiasan/dekorasi yang biasanya digunakan pada sebuah karya seni. Hiasan/dekorasi ini akan menjadi sebuah pola yang khas dan menghiasi sebuah karya seni.

ads

Kontek ragam hias yang disebutkan disini adalah motif atau objek yang biasa digunakan pada sebuah karya seni. Motif dikenal dan digunakan, baik pada karya seni rupa 2 dimensi ataupun karya seni rupa 3 dimensi. Seperti kita ketahui perbedaan seni rupa 2 dimensi dan seni 3 dimensi terletak pada wujud dan massanya.

Semua jenis ragam hias yang ada di Indonesia ini tidak lepas dari kebudayaan daerah yang menaunginya. Indonesia adalah negara yang kaya akan kebudayaan dan keseniannya. Perbedaan-perbedaan tersebut terbentuk dan dibangun karena adanya perbedaan kebudayaan. Seperti pebedaan antara kebudayaan suku jawadengan kebudayaan suku batak, ataupun perbedaan kebudayaan nusa tenggara timur dengan kebudayaan Sumatera Selatan.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa ragam hias pada umumnya terdapat 5 jenis, yaitu :

  • Ragam Hias Geometris

Memiliki pengertian sebagai motif hiasan yang dikembangkan dari bentuk-bentuk geometris. Setelah itu dikreasikan sesuai dengan imajinasi si pembuat. Apa sih bentuk-bentuk geometris itu? Yaitu bentuk yang mencakup lingkaran, poligon dan garis. Bentuk-bentuk dasar tersebut biasanya disusul secara acak atau tidak teratur sehingga membentuk sebuah bentuk baru. Jenis ragam hias geometris ini merupakan salah satu jenis yang tertua. Kemunculannya berawal dari adanya faktor tenik dan bahan. Perkembangannya mulai dari bentuk titik, garis, bidang berulang, dari hal yang terlihat sederhana hingga pola yang begitu rumit.

  • Ragam Hias flora

Seperti namanya, ragam hias ini adalah salah satu jenis ragam hias atau motif yang memiliki bentuk atau objek flora/tumbuh-tumbuhan. Cara merepresentasikan jenis ragam hias ini dalam sebuah karya seni dapat dilakukan dengan berbagai cara, yaitu dengan cara natural dan stilirisasi sesuai imajinasi dan keinginan sang seniman. Ragam hias jenis ini merupakan salah satu jenis ragam hias yang dapat dengan mudah dijumpai di seluruh pulau Indonesia. Objek yang sering dijadikan sebagai pola hiasan ini biasanya mencangkup akar, daun, bunga, biji, tunas, buah, ranting atau bahkan satu pohonnya.

  • Ragam Hias Fauna

Berbeda dengan ragam hias flora, ragam hias ini mengambil objek hewan untuk dijadikan hiasan/dekorasi hingga menjadi pola yang unik.  Sama halnya seperti ragam hias flora, cara merepresentasikannya dapat dilakukan dengan cara natural dan stilirisasi (gubahan). Namun begitu, dalam ragam hias jenis ini lebih banyak ditemui objek dalam hasil gubahan daripada natural.

  • Ragam Hias Figuratif

Objek manuasia merupakan objek yang biasanya digunakan sebagai pola dan ragam hias figuratif ini. Manusia biasanya digambarkan dengan berbagai bentuk pengayaan. Sebenarnya dalam ragam hias ini tidak hanya manusia yang dijadikan objek, namun terdapat unsur lain seperti flora, fauna, ataupun geometris. Hanya saja yang menjasi poin objeknya adalah manusia.

Sponsors Link

  • Ragam Hias Poligonal

Yang terakhir adalah ragam hias poligonal yang merupakan ragam hias dengan bentuk yang seringkali berupa garis dan berdimenasi datar. Mengapa disebut poligonal karena bentuknya memiliki 3 sampai dengan 4 sudut.

Itulah penjelasan mengenai jenis jenis ragam hias yang dapat kamu pelajari. Kamu dapat menemui ragam hias di kehidupan sehari-hari dan mulai mengapresiasinya. Semoga kita dapat mengambil pelajaran mendapatkan maanfaat belajar seni.

, ,




Oleh :
Kategori : Dasar Seni