Sponsors Link

Pakaian Adat Sulawesi Barat dan Penjelasannya

Seperti yang sudah kita ketahui bersama sobat, negara kita Indonesia tercinta ini merupakan salah satu negara yang memiliki contoh seni budaya nusantara dan kesenian serta adat istiadat yang sangat beragam. Selain itu, kekayaan budaya tersebut sudah diakui oleh negara yang lain, sehingga kita yang merupakan bagian dari budaya tersebut harus bangga ya sobat. Dan salah satu wujud atau bukti dari kebanggaan tersebut, kita harus melestarikannya agat tak tergerus oleh waktu dan perkembangan zaman. Setuju ya sobat.

ads

Oleh karena banyaknya budaya tersebut, maka yang akan kita bahas pada postingan kali ini adalah mengenai pakaian adat Sulawesi Barat dan penjelasannya. Untuk ulasan selanjutnya, yuk sobat langsung saja kita simak ulasan berikut ini. Cekidot.

Salah satu hal yang tentunya patut dibanggakan dari provisi Sulawesi Barat adalah pakaian adatnya. Tak jauh berbeda dari daerah yang lainnya, pakaian adat dari Sulawesi Barat itu sendiri tentunya beragam dan mempunyai ciri khas tersendiri, antara lain :

1.Pakaian Adat Wanita Mandar Sulawesi Barat

Pakaian yang satu ini sering disebut dengan pattuqduq Towaine yang biasanya digunakan oleh kaum wanita Mandar Sulawesi Barat pada acara pernikahan. Selain untuk acara perniakahan juga digunakan untuk menarikan tarian tradisioan khas Sulawesi Barat tersebut. Adapun aksesoris yang ada pada pakaian yang satu ini antara lain adalah :

  • Pakaian utama
  • Penghias kepala
  • Perhiasan badan
  • Perhiasan tangan

2. Pakaian Adat Pria Mandar Sulawesi Barat

Pakaian adat pria Mandar ini tergolong sangat sederhana. Yakni jas tertutup warna hitam yang berlengan panjang. Pakaian ini dipadukan dengan celana panjang dan juga sarung ynag dililitlan di pinggang sebagai bawahan. Atau dengan singkatnya, pakaian adat pria Mnadar ini melambangkan bahwasanya pria Mandar tergolong gesit dalam  bekerja dan bersikap.

3. Pakaian Adat Pria Toraja Sulawesi Barat

Pakaian yang satu ini merupakan pakaian tradisional Toraja yang panjannya sampai dengan lutut. Pakaian yang satu ini disebut dengan Sepa Tallung Buku.  Dan yang menariknya sobat, pakaian yang satu ini wajib digunakan oleh pria yang statusnya PNS pada hari kerja tertentu. Hal ini dilakukan untuk melestarikan budaya tersebut.

4. Pakaian Adat Wanita Toraja  Sulawesi Barat

Untuk mereka kaum wanita yang berasal dar suku Toraja, maka mereka menggunakan pakaian adat yang cenderung memiliki warna kuning, merah dan juga putih. Pakaian adat yang satu ini memiliki lengan pendek yang disebut dengan Pokko yang hingga kini masih dilestarikan secara tradisioonal oleh rakyat Toraja itu sendiri.

5. Pakaian Adat Kandore Sulawesi Barat

Kandore juga merupakan salah satu pakaian adat yang berasal dari Toraja. Pakaia adat yang satu ini dikenakan oleh kaum wanita.  Baju adat yang satu ini memiliki hiasan berupa manik manik yang dijadikan kalung, gelang, ikat pinggang, dan juga ikat kepala.

Dalam beberapa acara daerah, pakaian Kandore ini masih sering digunakan oleh masyarakat setempat dan juga masih dilestarikan hingga saat ini yang terbukti dari masih digunakannya pakaian adat tersebut dalam berbagai acara adat di daerah Sulawesi Barat tersebut.

Pakaian adat lainnya :


Itulah sobat ulasan yang bisa penulis share untuk anda mengenai pakaian adat Sulawesi Barat dan penjelasanya yang bisa penulis sajikan untuk anda. Semoga ulasan tersebut bisa bermanfaat untuk anda yang sudah berkunjung dan membacanya. Sampai jumpa, salam hangat selalu.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Dasar Seni