Sponsors Link

15 Tips Menonton Film Horor Agar Tidak Takut

Walaupun film horor terkesan menakutkan dan juga memacu adrenalin, orang-orang yang menyukain film genre ini (baca: Film Horor Terseram) terbilang sangat banyak. Jalan cerita yang biasanya terkesan menceritakan misteri dan juga penuh dengan teka-teki cukup membuat sebagian besar orang penasaran dan puas akan sensasi ketakutan, tercekam, dan dibuat lelah saat menonton.

ads

Banyaknya film-film horor yang menempati tangga Box Office movie pada setiap penayanganya, seperti film The Conjuring, Annable, dan franchise horor serupa menandai kebangkitan perfilman bergenre seram ini, dan lagi film jenis ini masih dipercaya memiliki penggemarnya tersendiri ari dulu sampai saat ini.

Artikel terkait:

Maraknya taburan film-film horor baru yang bermunculan, semakin menambah penasaran sebagian besar orang untuk dapat menonton film-fim horor, akan tetapi tidak semua orang memiliki keberanian untuk sekedar menonton film horor dikarenakan tidak mempunyai cukup keberanian untuk melihatnya, berbagai macam halusinasi dan fikiran negatif selalu saja membayangi dan menjadi salah satu faktor ciutnya seseorang dalam menonton film horor. Berikut merupakan beberapa tips dan juga anjuran untuk para penikmat film horor agar dapat dengan nyaman menonton dan meminimalisir ketakutan ketika menonton film horor.

  1. Menonton beramai-ramain dengan teman

Cara yang paling ampuh untukmeminimalisir rasa takut pada saat menonton film horor adalah tidak menonton sendirian. Menonton beramai-ramai, baik itu dengan pacar, sahabat, teman kantor, atau teman-teman lainnya sangat dianjurakan.

Menonton rame-rame akan mengurangi rasa takut secara drastis karena kita berpresepsi bahwa kita tidak sendirian walaupun nanti suasananya terbawa dalam cerita film yang ditonton, setidaknya kita mempunyai seseorang yang akan ketakutan bersama. Lebih baik lagi ketika teman nonton film horor adalah seorang teman yang pemberani atau humoris, perbincangan dengan teman jenis ini akan meminimalisir ketakutan dengan celetukan-celetukannya.

  1. Menyiapkan tameng berupa bantal atau boneka

Setelah mempunyai teman untuk diajak menonton, hal kedua yang kita butuhkan ketika menonton film horor adalah tameng atau bala bantuan untuk sekedar menjadi penutup mata ketika adegan-adegan menyeramkan terjadi. Salah satu rekomendasi adalah menyiapkan benda-benda yang dianggap membuat nyaman seperti bantal atau boneka, jadi seketika saat film sedang menayangkan adegan seram kita bisa langsung mendekap dan menotup mata dengan bantal atau boneka tersebut.

  1. Mencari tahu sinopsis film yang akan ditonton

Sebelum memantapkan diri untuk menonton film horor, sebagai preparasi tingkat pertama adalah mengetahui alur dari film yang kita akan tonton. Sebaiknya kita mencari tahu dulu bagaimana jalan cerita film horor yang akan ditonton. Setidaknya kita mengetahui seberapa tingkat keseraman dari film tersebut, apakah visualisasi tokoh hantunya, apakah suara sosok hantunya, ataukah bebunyian khas yang mengagetkan.

Artikel terkait:

  1. Memilih waktu yang tepat untuk menonton

Salah satu cara cerdas untuk menonton film horor adalah persiapan waktu yang tepat. Ketika menonton film horor pastikan untuk penakut dilarang keras menontonya pada saat malam hari, terlebih lagi pada saat dini hari. Waktu paling tepat untuk menonton film horor adalah pada siang hari agar tidak terlalu terbawa suasana film yang kebanyakan menceritakan setting pada saat gelap.

  1. Memaksimalkan fungsi tangan

Selain menyiapka tameng, hal paling dasar dari perlindungan diri adalah bagian dari tubuh kita sendiri, siapkan tangan kita agar bisa refleks menutup mata atau menutup telinga ketika film menampakan atau memperdengarkan adegan yang dianggap menyeramkan. Gerakkan tangan secepat yang kita bisa agar dapat terhindar dari paranoid.

  1. Memakai Earphone

Salah satu yang dianjurkan ketika menonton film horor adalah dengan memakai earphone atau headset, dengan menggunakan alat ini kita dapat secara cepat melepaskan diri dari keseraman audio ketika sebuah film horor memperdengarkan suara-suara yang menyeramkan, metode ini cukup efektif dan cepat guna.

Sponsors Link

  1. Menyiapkan cemilan

Sepertinya menyiapkan cemilan merupakan hal yang wajib untuk semua genre film, dalam kasus menonton film horor sendiri menyiapkan cemilan dapat memberikan bantuan semacam pemecah konsentrasi, agar tidak terlalu menghayati cerita menyeramkan. Menyiapkan cemilan berupa makanan-makanan ringan juga membantu untuk meminimalisir tngkat majinasi dan sekaligus mencegah lapar ketika menonton film horor.

  1. Menyalakan lampu

Kewajiban selanjutnya ketika menonton film horor adalah menyalakan lampu. Cahaya yang terang akan sedikit membantu memecah kebisuan dan kesuraman film horor yang kita tonton, setidaknya cahaya lampu dapat memberikan kesan realita yang kita alami saat ini tidak suram, bukan malam, dan terang benderang.

  1. Banyak berdiskusi dengan teman nonton

Berdiskusi dengan teman menonton dapat dijadikan pengalihan dari rasa takut dan mencekam yang kita rasakan ketika menonton film horor, dengan mengobrol atau sekedar berdiskusi dengan teman setidaknya bisa mengurangi ketakutan dari hasil menonton film horor.

  1. Menyiapkan Handphone di dekat tempat nonton

Menyiapkan handphone menjadi alternatif lain untuk mengalihkan perhatian dari keseraman film horor yang kita tonton, kita bisa menggunakan handphone untuk beristirahat sejenak dari suasana mencekam film dengan sekedar ber-bbm, whatsaap, line, atau melihat-lihat instagram dikala lelah dengan tempo cepat mencekam film horor yang kita tonton.

  1. Membayangkan hal-hal yang lucu

Sebagai pengalihan dari rasa takut, kadang berimajinasi konyol juga dapat membantu menurunkan tingkat kecemasan pada saat menonton film horor, gunakan saja imajinasi kita untuk membayangkan film horor yang kita lihat menjadi skenario lucu yang menggelitik. Dengan begitu rasa takut yang dialami ketika mendalami film yang ditonton akan barbalik menjadi hal konyol yang tidak terpikirkan.

Artikel terkait :

  1. Mengekspresikan rasa takut

Ketika menonton film horor beramai-ramai kadang kita saling gengsi untuk mengekspresikan rasa takut akibat adegan-adegan atau audio yang mencekam dari film tersebut, hal ini akan menjadi suatu tekanan sendiri bagi penonton yang bisa mengakibatkan kecemasan atau bahkan stress. Sebaiknya kita dapat mengekspresikan rasa takut yang kita rasakan ketika sedang melihat film horor, tidak apa-apa untuk berteriak sekera-kerasnya, tidak apa-apa untuk menjerit sekencang-kencangnya, atau mengekspresikan ketakutan kita dengan memukul dan meremas bantal atau boneka, terapi ini dapat menjadikan perasaan kita sedikit lebih nyama, karena perasaan takut kita tersalurkan melalui hal-hal ekpresif yang kita lakukan ketika tegang menonton film horor.

  1. Memilih film horor dengan aktor kesukaan

Tips lainnya adalah dengan memilih film horor dengan cast artis kesukaan, pada saat kita menonton tentu saja tokoh dalam film akn berpengaruh besar dalam mencuri perhatian kita untuk melihat film sampai akhir cerita, dengan adanya aktor atau aktris favorit tentu saja akan menjadi pemecah nuansa takut menjadi suatu hal yang ingin begitu kita lihat sampai film berakhir.

Sponsors Link

  1. Memulai dari film horor Indonesia

Salah satu cara merasa nyaman ketika menonton film horor adalah mengetahui tingkat demi tingkat keseraman dari film yang aan kita lihat. Dengan menonton film horor yang memiliki tingkat keseraman yang lebih rendah seperti film-film horor Indonesia adrenalin penonton akan terlatih dengan sendirinya. Jadi sangat disarankan ketika ingin menonton film horor yang sejenis Insidious dan Annabele kita terlebih dahulu menikmati film-film horor dalam negri agar terlatih melihat adegan-adegan yang mencekam.

  1. Mengingatkan diri bahwa yang ditonton hanya sekedar film

Kadang kala saking terhanyutnya akan sebuah film kita jadi lekas paranoid dan selalu terbayang-bayang akan kejadian dalam film. Perlu diingatkan lagi bahwa hantu-hantu yang ada dalam film yang ditonton diperankan oleh manusia, dan juga setting lokasi dan tempat dibuat berdasarkan cerita dan dipermak sehingga terlihat mencekam, setidaknya kita harus sadar kalau yang kita tonton adalah hanya sebuah film dan jangan sampai terbawa perasaan.

Demikian merupakan beberapa tips untuk menonton film horor, jangan mengurungkan niat untuk menonton film horor hanya karena takut, semoga tips-tips diatas dapat memberikan kita berani dan juga punya nyali untuk menonton.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Monday 21st, November 2016 / 07:43 Oleh :
Kategori : Film