Sponsors Link

Ciri Khas Batik Blora dan Penjelasannya

Kabupaten Blora merupakan salah satu kabupaten yang ada di Jawa Tengah yang memiliki penghasilan minyak bumi terbesar di seluruh pulau Jawa. Namun selain minyak bumi tersebut, ada pula penghasilan lainnya yang tak kalah menarik dari kabupaten Blora tersebut.

ads

Seperti kabupaten yang lainnya yang ada di kabupaten Jawa Tengah, Blora memiliki salah satu kerajian tradisional yang juga sangat digemari oleh banyak orang. Dan salah satu kerajian tersebut adalah batik. Banyak daerah di Jawa Tengah yang juga memiliki kerajian batik dan tentunya berbeda satu dengan yang lainnya.

Jika batik hasil kerajian dari daerah yang lain memiliki ciri khas tersendiri, maka batik dari Blora tersebut juga memiliki ciri khas tersendiri. Untuk ulasan selengkapnya mengenai contoh budaya nasional yakni ciri khas batik Blora tersebut, yuk sobat langsung saja kita simak ulasan berikut ini dengan seksama. Check It Out!

Batik Blora atau yang sering disebut dengan batik Mbloro merupakan salah satu batik yang kini cukup banyak diminati oleh pecinta batik, memang batik ini baru diperkenalkan beberapa tahun belakangan ini namum meski demikina batik ini sudah begitu banyak digemari oleh para peminta dan pecinta batik tersebut. Ketahui juga ciri khas batik pekalongan yang tidak kalah menariknya.

Salah satu hal yang menarik dari motif batik khas Blora tersebut adalah motif budaya yang unik, yang dipadukan dengan berbagai motif khas Blora lainnya yang melambangkan  ciri khas ikon dari kota tersebut.

Berikut ini adalah beberapa ciri khas batik Blora tersebut, yakni :

1.Motif Batik Kilang Minyak

Motif yang satu ini sesuai dengan ciri khas khas dari daerah Blora tersebut, karena seperti yang sudah kita ketahui bersama Blora merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang mempunyai kekayaan alam seperti minyak bumi, dan merupakan kabupaten penghasil minyak bumi terbesar di seluruh Pulau Jawa. Oleh karena itulah kilang minyak tersebut dijadikan sebagai salah satu icon atau motif batik khas Blora tersebut.

2. Motif Batik Daun Jati

Jati juga merupakan salah satu tanaman yang banak kita jumpai di kabupaten Blora ini.  Unutk mengusung ikon yang ada pada daerah tersebut, maka salah satu kerajian batik dari Blora tersebut adalah motif batik daru jati.

Motif batik daun jati ini juga tergolong salah satu batik yang cukup digemari oleh masyarakat. Motif yang memadukan daun jati tersebut seolah daun yang sedang berguguran pada saat musim gugur sehingga menambah indahnya motif batik tersebut.

Selain dua motif utama diatas, tentunya masih ada beberapa jenis motif batik yang lainnya yang juga turut serta menambah ciri khas dari motif batik Blora tersebut, antara lain sebagai berikut :

  • Motif batik barogan
  • Motif batik tayub
  • Motif batik satai
  • Motif batik sedulkur sikeup atau motif samin
  • Motif batik alur jati
  • Motif panen Lombok
  • Motif batik tunggak semi

Dan juga berbagai jenis motif yang lainnya yang tentunya memiliki keunikan dan ciri khas yang berbeda satu dengan yang lainnya dan juga tentunya menambah kekayaan akan motif batik tersebut.


Sekian informasi yang bisa penulis sajikan untuk ada mengenai ciri khas batik Blora yang bisa penulis sajikan untuk anda pada postingan kali ini. Semoga ulasan ini bisa bermanfaat untuk anda yang sudah berkunjung dan membaca postingan ini. Sampai jumpa di ulasan selanjutnya. Salam hangat selalu dari penulis.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Seni Budaya