Sponsors Link

Ciri Khas Batik Cirebon dan Penjelasannya

Sobat semua tentunya sudah tau dan paham ya sobat bahwasanya Cirebon merupakan salah satu daerah yang tergolong penghasil dan pengrajin batik yang cukup terkenal di negara kita Indonesia tercinta ini. Batik Cirebon tersebut merupakan salah satu sentra dari empat sentra industri batik di Jawa Barat. Ketahui jug ciri khas batik blora juga tidak kalah menariknya.

ads

Cirebon itu sendiri merupakan salah satu sentra batik tertua yang memberikan pengaruh terhadap berbagai motif batik lainnya di Nusantara khususnya sentra batik yang ada di Jawa Barat.  Sebut saja seperti motif batik Cirebon yang paling terkenal, yakni motif “ Mega Mendung “.

Adapun motif yang satu ini dipercaya adalah motif yang melambangkan awan pembawa hujan sebagai lambang kesuburan dan pemberi kehidupan. Motif ini sendiri memiliki sejarah tersendiri yakni sejarah kedarangan bangsa Cina ke Cirebon, yakni Sunan Gunung Jati yang menukah dengan wanita Tionghoa yang bernama Ong Tie. Sebelum membahasnya lebih jauh, alangkah baiknya anda pelajari dulu pengertian seni batik sebagai dasar.

Selain motif Mega Mendung tersebut, masih ada begitu banyak motif lainnya dari Cirebon tersebut. Adapun beberapa motif yang dimaksud antara lain adalah sebagai berikut :

  • Motif Batik Wadasan

Adapun batik yang memiliki motif batik Wadasan ini adalah batik yang disebut dengan batik keraton, ciri khas dari batik yang satu ini adalah ditandai dengan adanya ornament ornament yang berasal dari keraton dair Cirebon itu sendiri. Nama untuk motifnya serig disebut dengan motif Singa Payung, Naga Saba, Taman Arum.

  • Batik Motif Geometris

Untuk batik yang memiliki motif geometris ini memiliki motif tambal sewu, liris, kawung, dan juga lengko-lengko. Untuk mendapatkan motif batik yang satu ini, maka kain yang akan di design, maka sebelumnya harus diberi garis garis dengan menggunakan bantuan penggaris, sehingga bentuk atau motif yang dihasilkan bisa geometris yang tentunya akan menambah indahnya motif dari batik tersebut.

  • Batik Motif Pangkaan ( Buketan )

Untuk motif batik yang satu ini, umumnya memilliki ciri khas yang menampilkan lukisan pohon atau rangkaian bunga yang lengkap, selain itu serig juga dilengkapi dengan burung atau kupu kupu. Setiap motif dalam batik pangkaan ini juga memiliki nama dan ciri khas tersendiri, yakni seperti Pring sedapur, Kelapa setundun, Soko Cina, dan juga Kembang terompet. Semua jenis motif tersebut sudah sangat umum dan menjadi ciri khas batik Cirebin tersebut.

  • Batik Motif Byur

Untuk motif batik yang satu ini, biasanya memiliki ciri khas dengan adanya ornament bunga dan juga dedauan kecil yang mengelilingi ornemet pokok secara keseluruhan.  beberapa motif yang menjadi ciri khas dari batik motif Byur ini antara lain seperti Karang jahe, mawar sepasang, Dara tarung, dan juga Banyak Angrum.

  • Batik Motif Semarangan

Untuk motif yang satu ini, umumnya menampilakn penataan ornament yang sama, atau sering juga disebut dengann motif ulang yang ditata agak renggang, sehingga lebih terlihat nilai seninya. Beberapa motif yang sering digunakan untuk motif semarangan ini adalah seperti Piring Selampad, dan juga Kembang Kantil.

Negara kita memang memiliki sejumlah budaya dan kesenian yang berbeda dari satu daerah ke daerah yang lainnya. Namun meski demikain hal tersebut justru membuat budaya dan kesenian negara kita semakin banyak dan kaya. 


Semoga ulasan di atas bisa bermanfaat untuk anda yang sudah berkunjung dan membaca postingan ini. Sampai jumpa di ulasan selanjutnya. Salam hangat.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Seni Budaya