Sponsors Link

Contoh Tembang Dolanan Anak Paling Lengkap

Sobat semua yang paham akan budaya Jawa atau sobat yang berasal dari Jawa tentunya sudah tidak asing lagi dengan tembang dolanan anak ya sobat. Seperti yang sudah kita ketahui bersama, tembang dolanan anak berbahasa Jawa memiliki nilai-nilai luhur budaya nasional yang sangat erat kaitannya dengan budaya kita setiap harinya.

ads

Tembang dolanan ini merupakan salah satu warisan nenek moyang kita yang sepatutnya harus kita lestarikan agar tidak punah atau tergerus oleh perkembangan zaman yang semakin hari semakin berkembang tersebut.  Tembang dolanan berbahasa Jawa tersebut merupakan sarana komunikasi yang mengandung pesan mendidik. 

Adapun contoh tembang dolanan anak dan contoh dolanan anak tempo dulu tersebut adalah seperti kesenian yang mengandung bahasa Jawa yang seyogianya digunakan sebagai sarana untuk bersenang senang dalam mengisi waktu luang dan juga sebagai sarana komunikasi yang mengandung pesan mendidik.

Untuk ulasan selanjutnya mengenai tembang dolanan tersebut, nah sobat pada kesempatan kali ini penulis akan menyajikannya untuk anda. Yuk , langsung saja kita simak ulasan berikut ini dengan seksama. Cekidot.

1.Apa Itu Tembang Dolanan

Adapun yang dimakud dengan tembang dolanan adalah lagu atau tembang yang memiliki sifat lagu dolanan anak anak yaitu bersifat didaktis dan sosial.

dapun yang dimaksud didaktis tersebut merupakan lagu dolanan tersebut mengandung unsur pendidikan, baik itu yang yang disampaikan secara langsung dalam lirik lagu dolanan tersebut, maupun yang disampaikan secara tersirat dengan berbagai perumpamaan atau bisa juga berupa analogi.

Salah satu keahlian orang Jawa dalam hal ini adalah mampu membuat ajaran dengan berbagai perumpamaan yang tersirat dalam lagu dolanan tersebut. inti sari dari dolanan anak tempo dulu juga wajib anda ketahui sebagai informasi tambahan.

Semantara itu, lagu dolanan tersebut juga bersifat sosial yang aritnya bahwasanya lagu dolanan tersebut memiliki potensi untuk menjalin hubungan sosial anak dan menumbuhkan sifat-sifat sosial, jadi tembang atau lagu dolanan ini memang dinilai cukup memberi nilai yang positif bagi perkembangan sosialnya anak-anak.

2. Apa Saja Contoh Tembang Dolanan Anak Tersebut?

Berikut ini adalah beberapa contoh tembang dolanan anak tersebut, antara lain :

  • Sluku Sluku Batok

Adapun penggalan lirik  tembang dolanan anak Sluku Sluku Batok tersebut adalah sebagia berikut.

Sluku-sluku bathok
Bathoke ela-elo

Sluku-sluku bathok
Bathoke ela-elo

Si Rama menyang solo

Oleh-olehe payung motha

Mak jenthit lolo lobah

Wong mati ora obah

Nek obah madeni bocah

Nek urip goleka dhuwit.

  • Ilir-ilir

Adapun penggalan lirik  tembang dolanan anak ilir-ilir  tersebut adalah sebagia berikut.

Lir-ilir, lir-ilir

Tandure wus sumilir

Tak ijo royo-royo

Tak sengguh temanten anyar

Cah angon, cah angon

Panekno blimbing kuwi

Lunyu-lunyu penekno

Kanggi mbasuh dodotiro

Dodotro, dodotiro

Kumitir bedah ing pinggir

Dondomono, jlumatono

Kanggo sebo mengko sore

Mumpung padhang rembulance

Mumpung jembar kalangane

Yo sorako, sorak yo !!

  • Jaranan

Adapun penggalan lirik  tembang dolanan anak jaranan tersebut adalah sebagia berikut.

Jaranan-jaranan, jarane jaran teji

Sing numpak ndoro bei

Sing ngiring para mentri

Jeg-jeg nong, jreg-jreg gung

Jeg-jeg gedebuk krincing

Gedebug jedher

Gedebug krincing

Jeg-jeg gedebug jedher


Semua lirik tembang doalan tersebut tentunya memiliki makna tersendiri yang tentunya bisa menambah wawasan atau hal positif bagi yang mendengarkannya.

Itulah sobat beberapa contoh tembang dolanan anak yang bisa penulis sajikan untuk anda pada postingan kali ini. Semoga ulasan tersebut bisa bermanfaat bagi anda yang sudah berkunjung dan membacanya. Salam

, , , ,
Oleh :
Kategori : Seni Budaya