Sponsors Link

Contoh Dolanan Anak Tempo Dulu Paling Lengkap

Tak aka nada habisnya jika kita berbicara mengenai budaya yang ada di negara kita tercinta Indonesia ini. Budaya merupakan salah satu asset dan kebanggan nagara kita yang tentunya sudah diwariskan oleh nenek moyang kita sejak masa lampau.

ads

Dan tugas kita sebagia generasi sekarang ini adalah untuk menjaga dan melestarikan setiap budaya tersebut. Salah satu cara yang bisa kita lakukan agar budaya tersebut tetap terjaga dan tetap lestari adalah dengan menggunakan dan menerapkan budaya tersebut dalam kehidupan kita.

Selain itu, dengan menggunakan atau menerapkan budaya tersebut secara tidak langsung kita juga akan mengenalakn budaya kita kepda setiap orang yang melihat kita, sehinga budaya tersebut semakin dikenal dan juga semakin disayang, karena seperti kata pepatah mengatakan “ kenal maka sayang, tak kenal maka tak sayang “, setuju ya sobat.

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas salah satu dari berbagai jenis budaya yang kita miliki tersebut, dan yang akan kita bahas adalah  mengenai contoh dolanan anak tempo dulu. Yuk sobat, langsung saja kita bahas ulasan berikut ini dengan seksma.

1.Dolanan Anak Tempo Dulu

Jika kita sekilas “ flashback “ kebelakang tentunya akan sangat berbeda dengan dolanan anak sekarang ini atau bahasa kerennya sering disebut dengan “ anak zaman now “ . 

Masa kecil tentunya merupakan salah satu masa yang sangat menyenangkan. Mengapa demikian? Karena memang pada waktu inilah kita masih berfokus pada mainan yang tentunya membuat kita senang.

Selain itu, semua dolanan tersebut masih dilakukan dengan cara manual atau langsung berhubungan dengan alam, yang seperti kita ketahui bersama hal ini tentunya sangat berbeda dengan dolanan masa sekarang yang cenderung dilakukan atau dimainkan pada “ gadget “. Namun tentunya, dolanan tempo dulu tentunya palng menarik.

2. Apa Saja Contoh Dolanan Anak Tempo Dulu Tersebut?

Bagi sobat semua yang dulu pernah melakukan dolanan anak tempo dulu tentunya masih ingat akan beberapa jenis contoh dolanan tersebut, namun tak sedikit juga yang lupa karena banyaknya dolanan yang bisa kita temukan pada gadget. Nah sobat, untuk mengingat kembali memori tersebut, berikut ini penulis akan mengulasnya untuk anda.

3. Bermain Engklek

Adapun permainan yang  satu ini dilakukan dengan cara melompat-lompat yang dibuat didalam kotak-kotak yang ditulis atau dibentuk diatas tanah yang dilompat dengan menggunakan satu kaki. contoh seni budaya nusantara bisa anda jadikan referensi tambahan.

4. Bermain Petak Umpet

Permainan yang satu ini juga tentunya sangat seru terlebih lagi jika diikuti oleh banyak orang. Setiap nama yang disebutkan berarti nama tersebutlah yang sudah berhasil ditemukan dan wajib untuk keluar dari area persembunyiannya. pengertian seni budaya juga bisa dijadikan sebagai informasi tambahan.

5. Bermain Monopoli

Siapa yang tidak kenal akan permainan yang satu ini. Permainan yang satu ini umumnya dimainkan oleh empat orang. Bermain monopoli ini sebenarnya mendidik kita untuk bisa menyusun strategi sebaik mungkin, sehingga bisa memenangkan permainan tersebut.

6. Bermain Ular Tangga

Mungkin sekarang ini permaina yang satu ini sudah jarang ditemukan, permainan yang menggunakan dadu ini tergolong permainan yang sangat seru apalagi pada saat akan finish kita menemukan ular. Hehehe seru ya sobat.


Itulah beberapa contoh dolanan anak tempo dulu yang sebenarnya masih bisa kita lestarikan dan ajarkan kepada generasi penerus kita agar tidak semakin tergerus. Semoga bermanfaat ya sobat. Salam hangat.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Seni Budaya