Sponsors Link

Batik Fractal dan Penjelasannya

Jika kita berbicara mengenai batik, tentunya yang ada dalam benak kita adalah  beberapa jenis kain batik yang di cetak menggunakan cara  tradisional dan juga  kain batik yang memiliki ciri khas tersendiri dari satu  dengan yang lainnya.

ads

Selain itu sobat, pada umumnya batik tersebut akan memiliki keunikan dan ciri khas tersendiri dari setiap asal batik tersebut. Umumnya, batik tersebut memiliki ciri khas sesuai dengan  daerah salah batik tersebut yang tentunya memiliki arti tersendiri dari setiap contoh seni batik tersebut.

Oleh karena itulah sobat, batik ini sudah terkenal di seluruh negara kita juga tentunya di manca negara, karena seperti yang sudah kita ketahui bersama batik ini sudah menjadi warisan budaya (contoh seni budaya nusantara) kita secara turun temurun dan juga tentunya sudah di akui oleh dunia. Inilah yang  mengharuskan kita agar tetap bangga dan menjaga kelestarian batik tersebut.

Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, ternyata batik ini juga mengikuti perkembagan teknologi tersebut, dimana teknologi  tersebut sudah mengasilkan salah satu jenis batik yang menggunakan teknologi di dalamnya.

Batik tersebut disebut dengan batik fractal. Batik fractal ini tentunya masih agak terdengar baru di telinga anda. Nah sobat semua, untuk ulasan selengkpanya mengenai batik  fractal tersebut, yuk langsung saja kita simak ulasan berikut ini. Cekidot.

Apa Itu Batik Fractal?

Batik fractal tersebut merupakan salah satu batik yang di design  dengan menggunakan teknologi. Batik dractal  ini sendiri merupakan batik yang  menggunakan rumus fractal yang di dalamnya terdapat software Batik.  Batik fractal ini sendiri sudah ada sejak tahun 2007 yang silam yang dipelopori oleh Nancy Margried dan juga dua orang rekannya yang melakuakn riset mengenai batik  yang konon merupakan salah satu warisan budaya kita Indonesia yang tercinta ini. 

Namun seiring berkembangnya waktu, Nancy ternyata menemukan sisi lain dari batik itu sendiri  yakni ia berpendapat bahwasanya dalam batik tersebut  bukan hanya unsur budaya saja yang terkandung di dalamnya namun anda juga unsur matematika, sains dan yang pasti teknologi yang dapat disinergikan menjadi sebuah hasil karya batik yang bervariasi.

Mengapa Harus Menggunakan Software?

Batik fractal ini menggunakan software karena memang software batik ini berperan untuk membantu para pengrajin batik dan juga para designer batik itu sendiri untuk memudahkan mereka menciptakan dan mengkreasikan design batik yang ada dalam benak dan tentunya hasil kreativitas mereka. 

Oleh karena menggunakan teknik dan juga ada rumusan matematika dan sains di dalamnya, memang dalam membuat suatu design atau motif suatu batik fractal memang tergolong susah, sehingga setiap design yang dihasilkan tentunya butuh perhitungan dan perincian secara detail. Namun meski demikian sobat, karena menggunakan software maka  orang awam sekalipun bisa menggunakannya.

 Roses pembuatannya sendiri tinggal dibuat design sesuai dengan yang diingkan, di print di atas kertas, setelah itu hasil printingan tersebut dijiplak kedalam kain dan dilakuakn canting jika anda membutuhkan batik tulis. Namun jika anda membuat batik cap, maka tinggal dibuat capnya atau langsung di print di atas kain sehingga terciptalah kain batik fractal tersebut.


Demikian sobat ulasan mengenai batik fractal yang bisa penuli sajikan untuk anda pada postingan ini. Sekarang anda sudah paham akan batik fractal tersebut ya sobat. Semoga ulasan tersebut bisa bermanfaat untuk anda. Salam cinta batik dan salam hangat selalu dari penulis.

, , , ,




Oleh :
Kategori : Seni Budaya