Sponsors Link

Inti Sari dari Acara Sedekah Bumi dan Penjelasannya

Sobat semua tentunya sudah paham bahwasanya negara kita tercinta Indonesia ini sangatlah kaya akan yang namanya budaya. Budaya yang ada dinegara kita tersebut merupakan budaya yang  sudah ada sejak zaman dahulu yang memang seyogianya dalah warisan dari nenek moyang kita yang harus kita lestarikan.

ads

Budaya yang kita miliki tersebut merupakan salah satu kebanggan tersendiri ayng kita miliki dan belum, tentu dimiliki oleh negara lain, oleh karena itulah sobat, sudah selayaknya jika kita melestarikan budaya tersebut. perbedaan ciri batik antar daerah jawa tengah bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

Salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk melestariakn budaya tersebut adalah dengan melakukan dan masih mengunakan budaya budaya tersebut serta bisa memperkenalkannya sehingga tidak akan tergerus oleh waktu dan zaman yang tak bisa terhindarkan.

Nah sobat, salah satu budaya yang akan kita bahas pada postingan kali ini adalah mengenai inti sari dari acara sedekah bumi. Sobat semua tentunya sudah paham akan tradisi yang satu ini ya. Untuk ulasan selengkapnya, yuk sobat langsung saja kita simak ulasan berikut ini. Cekidot.

1.Apa Itu Sedekah Bumi

Adapun traadisi sedekah bumi tersebut merupakan salah satu tradisi tahunan yang dilaksanakan oleh masyarakat Pati. Tradisi yang satu ini umummya dilaksanakan pada bukan Apit oleh masyarakat Dukuh Bantengan, Desa Trangkil kabupaten Pati.

Tradisi ini dilakukan pada bulan Sura yang tentunya mempunyai tujuann tersendiri. Adapun tujuan dari dlaksanakannya acara sedekah bumi tersebut pada saat Sura adalah sebagai berikut :

  • Sebagai penghormatan terhadap leluhur
  • Sebagai ungkapan rasa syukur
  • Sebagai kegiatan gotong royong dan kebersamaan antar sesama masyarakat
  • Ketertiban
  • Kepatuhan

Adapun sosial dari tradisi Suroan yang dilaksanakan bersamaan dengan tradisi sedekag bumi tersebut. Adapun tujuan dilaksanakan secara bersamaan adalah sebagai berikut :

  • Sebagai sarana integrase
  • Sebagai kesempatan interaksi sosial
  • Sebagai pewarisan norma sosial
  • Sebagai pelestarian budaya dan sosial serta hiburan bagi khasanah budaya dan juga wisata lokal di masyarakat Pati.

Umumnya, pelaksaan sedekah bumi ini tidak bisa dilakukan sembarangan atau pada saat hari yang bertentangan dari hari yang sudah ditentukan.  Masyarakat setempat mempercayai jika bertentangan akan mendatangkan bencana bagi masyarakatnya. pakaian adat jawa tengah bisa anda pelajari lebih lanjut.

Dari tahun ke tahun, acara sedekah bumi ini sudah mengalamami perubahan dan juga perkembangan, baik itu dari segi penyelenggaraan, prosesi, keikutsertaan warga, pemimpin upacara, alat upacara yang digunakan maupun berbagai hal yang lainnya. Namun perubahan yang paling fundamental adalah tradisi sedekah bumi sekarang ini sudah disesuaikan dengan ajaran agma Islam.

2. Inti Sari Dari Acara Sedekah Bumi

Adapun intisari atau tujaun dari sedekah bumi tersebut adalah upacara yang dilakukan oleh masyarakat setempat yang memiliki tujuan ungkapan rasa syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa yang dilakukan secara bersama sama dengan cara memberi sedekah hasil makanan dan hasil  pertanian.

Yang selanjutnya secara bersama sama memanjatkan doa kepada Tuhan Yang Maha Esa atas berkah dan kemakmuran yang diberikan dan dirasakan oleh semu penduduk desa. Atau dengan  akta lain acara sedekah  bumi tersebut berguna untuk mengingatkan masyarakat untuk mengucap syukur akan alam semesta.


Itulah sobat ulasan yang  bisa penulis sajikan untuk anda pada postingan kali ini mengenai inti sari dari acara sedekah bumi. Semoga ulasan tersebut bisa bermanfaat bagi anda yang sudah berkunjung dan membacanya. Salam hangat.  

, , , ,
Oleh :
Kategori : Seni Budaya