Sponsors Link

Kaitan Seni dan Sains yang Belum Diketahui

Jika kita berbicara mengenai seni, tentunya yang ada dalam pikiran kita adalah mengenai segala sesuatu yang ada kaitannya dengan hasil kreativitas seseorang yang tentunya berbeda antara satu dengan yang lainnya, yang mana kreativitas tersebut timbul dari imajinasi yang bersifat keindahan yang bisa menenangkan jiwa. Berarti dalam hal ini manfaat belajar seni memang cukup penting agar hidup anda seimbang.

ads

Untuk itulah seni tersebut sangat penting untuk kita miliki dari segi apapun dalam kehidupan kita. Sementara itu sobat, hal yang lainnya yang  juga masih berhubungan dengan seni tersebut adalah sains. Nah sobat semua, untuk mengetahui apa saja kaitan dan juga perbedaan antara sain dan juga seni tersebut, yuk langsung saja kita simak ulasan berikut ini. Cekidot.

Apa Perbedaan Seni dan Sains Tersebut?

Pada umumnya, perbedaan mendasar yang bisa kita lihat dari seni dan juga sains tersebut adalah tentang bagaimana cara penelitiannya. Pada bidang sains, fenomena yang diteliti pada umumnya berupa fenomena alam atau fakta yang berhubungan dengan alam. 

Tentunya untuk mendapatkan hasilnya diperlukan beberapa tahap terlebih dahulu sehingga  hasil yang di dapat bisa bersidfat akurat. Langkah atau proses  tersebut adalah seperti observasi ( pengamatan ), penelitian, membuat hipotesa, lalu melakukan pengujian terhadap hipotesa tersebut  dengan suatu kasus atau percobaan, dan  dari hasil percobaan tersebut lahirlah sebuah hukum atau teori yang dapat menjelaskan fenomena yang  tadi.

Sementara itu sobat, berbicara mengenai seni tentunya kita akan  berbicara mengenai unsur perasaan dan juga estetika untuk menilai suatu benda atau  suatu peristiwa. Selain itu, seni  ini juga menilai bagaimana sebuah keterampilan tercipta, skill dan juga kegunaan dari suatu karya yang sedang di teliti tersebut. 

Meski memang dalam proses tersebut memerlukan suatu perhitungan perhitungan untuk meyakinkan bahwa suatu penemuan karya tersebut beguna atau layak bagi kehidupan. Hal ini tentunya penting untuk kita lakukan guna menilai sejauh mana hasil seni tersebut berperan dan memberi manfaat untuk penikmatnya. Seperti pentingnya seni dalam dunia kuliner juga bermanfaat bagi penikmatnya.

Itulah perbedaan mendasar yang bisa kita lihat dari  seni dan juag sains tersebut, Namun meski demikian sobat, bukan berarti kedua hal ini tidak memiliki kaitan sama  sekali, karena pada kenyatannya ada kaitan seni dan sains tersebut. Berikut ulasannya untuk anda.

Kaitan Seni dan Sains

Seperti yang sudah penulis utarakan diatas, bahwasanya terdapat perbedaan mendasar dari seni dan sain tersebut,  namun meski demikian walau terdapat perbedaan yang esensial, namun keduanya berlandaskan proses yang sama. 

Sebut saja dari perkembangan daya, kreatifitas, imajinasi, dan kemampuan sintesis sangat diperhatikan dalam seni dan sains tersebut. Hal ini dikarenakan dalam berkarya, seorang saintis dan juga seniman didorong untuk  meresepresentasikan alam sesuai dengan persepsinya.  

Seorang saintis pada umumnya berasal dari imajinasi dan keyakinan tidak serumit yang dibayangkan dan juga tentunya memiliki keteraturan. Hal tersebut dituangkan pada permodelan hukum hukum alam sesuai dengan azas estetika tentunya. 

Oleh karena itulah sobat, walau hasil karya yang diciptakan atau  yag ditemukan berbeda satu dengan yang lainnya, daya kreatifitas seorang saintis menerjemahkannya layakanya seperti seorang seniman, sehingga keduanya memang memiliki keterkaitan.


Demikian ulasan yang bisa penulis sajikan untuk anda pada postingan kali ini sobat. Sampai jumpa di ulasan selanjutnya tentunya dengan bahasan yang menarik dna bermanfaat menambah wawasan anda tentunya. Terima kasih bagi anda yang sudah berkunjung dan membaca postingan ini. Salam hangat selalu dari penulis.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Seni Budaya