Sponsors Link

Kenduri Seni Melayu Batam dan Penjelasannya

Ada begitu banyak kesenian yang dimiliki oleh negara kita tercinta Indonesia ini. Berbagai kesenian tersebut  merupakan hal yang menjadi kekayaan bagi negara kita tentunya. Kesenian tersebut  tentunya banyak sekali ragamnya mulai dari seni tari, seni musik, seni lukis, seni ukir dan juga berbagai jenis seni lainnya yang merupakan hal sangat penting yang harus kita lestarikan. Contohnya saja manfaat seni tari secara umum yang sangat erat hubungannya dengan kehidupan sehari – hari.

ads

Sehingga semua seni tersebut menjadi  kekayaan yang berharga bagi negara kita yang bisa kita banggakan  serta bisa menginspirasi orang lainnya  dan juga  kita bisa melihat seni tersebut dari berbagai aspek. Inilah yang menjadi hal  penting yang harus kita perhatikan.

Pada postingan ini sobat, hal yang  kita bahas adalah mengenai kenduri seni melayu batam. Memang jenis seni yang satu ini tidak terlalu familiar di benak anda, namn untuk daerah Melayu atau Batam sendiri kesenian  yang satu ini cukup terkenal. Dan untuk ulasan selengkapnya, yuk sobat langsung saja kita simak ulasan berikut ini. Cekidot.

Mengenal Lebih Dekat Dengan Kesenian Seni Melayu Batam

Adapun kesenian yang satu ini merupakan salah satu kesenian Batam yang cukup terkenal di daerah kepulauan  Batam yang berbau Melayu tersebut.  Kenduri seni Melayu ini sendiri diadakan secara rutin di daeah Batam tersebut yakni pada saat ulang tahun daerah Batam tersebut, yakni  pada tanggal 4 hingga 6 September di pulau Batam tersebut. 

Festival budaya seperti ini menunjukkan adanya budaya khas Melayu yang terlahir dari daerah Riau atau Batam tersebut. Namun  hal yang harus kita perhatikan sobat, meskipun namanya seni Kenduri Melayu, namun pada implementasinya tidak hanya menampilkan kesenian Melayu saja, tetapi juga diikuti oleh budaya yang lain yang ada di Indonesia. 

Pada umumnya kenduri kenduri seni Melayu juag dihadiri oleh peserta dari negara negara tetangga yang lain yang dekat dengan Batam, sebut saja seperti Singapura, Malaysia, dan juga Brunei Darusslam. Kesenian  Kenduri Melayu ini sering kali identik dengan budaya Mak Yong. Namun memang seni Mak Yong tersebut jarang ditampilkan  di tengah masyarakat namun pada saat festival Kenduri tersebut sering kali menyelenggarakan kesenian Mak Yong ini sendiri.

Apa Tujuan Kenduri Seni Melayu Batam Tersebut?

Pada umumnya, tujuan  dari diadakanya  kenduri seni Melayu  Batam tersebut adalah untuk melestarikan budaya nasional Indonesia, khusunya budaya Melayu itu sendiri.

Selain itu, hal  yang lebih penting lainnya adalah untuk menunjukkan ke  masyarakat luas atau negara yang lain bahwasanya kenduri seni Melayu Batam tersebut adalah kesenian atau budaya yang sangat menarik, sehingga wisatawan juga bisa melihat hasil karya atau budaya kita tersebut. 

Karena jika kenduri seni Melayu Batam ini digemari oleh banyak wisatawan, maka hal ini tentunya bisa menjadi daya tarik para wisatawan tersebut untuk  mendatangi negara kita tercinta Indonesia ini, sehingga tentunya akan menjadi pendapatan bagi negara kita.


Yang menarik lainnya adalah bahwasanya pada saat festival kenduri seni Melayu Batam tersebut menmpilkan artis artis Melayu yang memeriahkan acara atau festival  kenduri seni Melayu Batam tersebut. Jika penasaran, baiknya berkunjung ke daerah Batam tersebut ya sobat.

Itulah sobat ulasan yang  bisa penulis sajikan untuk anda pada postingan kali ini. Terima kasih buat sobat yang sudah berkunjung dan membaca postingan ini. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda. Salam hangat selalu dari penulis.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Seni Budaya