Sponsors Link

Kebudayaan Suku Aborigin yang Paling Fenomenal

Selain di Indonesia kita juga dapat menemukan suku suku asli yang mendiami wilayah tertentu di dunia ini. Berbagai macam suku tersebut memiliki unsur unsur kebudayaan, kesenian, adat istiadat, kepercayaan, dan hal lainnya yang berbeda satu sama lain. Beberapa suku didunia ini cukup terkenal karena budayanya dan menjadikan ciri khas dari daerah ditempat yang didiaminya.

ads

Salah satu suku terkenal didunia dan cukup populer adalah suku aborigin di Australia. Suku aborigin menurut wikipedia Aborigin-Australia atau Pribumi-Australia adalah penduduk asli benua Australia dan kepulauan disekitarnya, termasuk juga mencakup Tasmania dan kepulauan selat Torres. Bentuk fisik orang Aborigin-Australia mirip orang Papua, karena memang keturunan orang Papua yang menjelajah ke benua Australia, sikitar 40.000 tahun lalu.

Bentuk fisik suku aborigin saat ini lebih kecil dan pendek dari orang asli papua dengan rambut keriting berwarna merah dan berwarna kulit gelap.Karena suku aborigin pada mulanya adalah orang papua, ada kemungkinan kebudayaan suku aborigin juga hampir sama dengan kebudayaan suku asmat yang merupakan suku asli papua. Untuk lebih jelasnya mari kita ulas mengenai kebudayaan suku aborigin tersebut seperti yang dijelaskan dibawah ini.

  1. Budaya Berburu

Pada mulanya, suku aborigin hidup dari berburu dan mencari ikan di sungai. Binatang liar yang mereka buru diantaranya seperti kanguru, yang merupakan hewan khas benua Australia. Peralatan memburu orang aborigin berupa tombak, panah, dan bumerang (senjata khas orang Aborigin). Australia merupakan daerah yang memiliki iklim bersuhu  dingin sehingga sangat membutuhkan pakaian hangat. Bagi orang aborigin, kanguru selain dikonsumsi dagingnya, kultinya juga dapat digunakan sebagai bahan pakaian.Karena imu bercocok tanam dan berternak belum dikenal, kelompok kelompok suku aborigin banyak tinggal di dekat sungai untuk memudahkan berburu. Budaya berburu yang dilakukan oleh suku aborigin hampir sama dengan budaya berburu dalam kebudayaan suku dayak.

  1. Bumerang

Bumerang merupakan senjata yang digunakan dengan melempat dan merupakan senjata berburu khas dari kebudayaan suku aborigin. Bumerang sangat identik dengan Australia sebagai daerah tempat tingga suku aborigin dan merupakan salah satu contoh seni rupa terapan yang dihasilkan oleh suku tersebut. Meskipun di beberapa belahan bumi lain juga ditemukan jenis senjata yang hampir sama dengan bumerang namun senjata ini masih tetap diidentikkan sebagai senjata asli suku aborigin di Australia.

Bumerang digunakan sebagai alat berburu oleh suku aborigin pada masa lampau. Bumerang telah diajarkan pada keturunan keturunan asli suku aborigin dengan tahapan awal menggunakan bumerang kayu lau bumerang logam tumpul dan terakhir menggunakan bumerang logam yang runcing. Bumerang logam runcing inilah yang nantinya digunakan sebagai alat berburu. Bumerang merupakan senjata yang cukup unik karena dapat kembali ketitik awal.

Seiring perkembangan jaman, bumerang sekarang bukan lagi digunakan sebagai alat untuk berburu melainkan sebagai sebuah olahraga baru yang memiliki ajang perlombaan. Bumerang olahraga tidak lagi menggunakan bahan logam yang runcing melainkan menggunakan bahan birchplywood Finlandia, kayu, plastik atau bahan komposit dan memiliki berat tidak lebih dari 100 gram. Ada kelas kelas tertentu dalam turnamen olahraga bumerang modern.

Sponsors Link

  1. Kesenian dan kepercayaan

Suku aborigin memiliki sebuah kepercayaan yang disebut sebagai dreamtime. Dreamtime merupakan suatu masa atau waktu bermimpi yang dapat terjadi selama orang tidur. Di dalam masa tersebut, suku aborigin percaya bahwa ada penjelasan penjelasan kehidupan serta wahyu dan petunjuk yang diturunkan. Dalam hal kesenian, menurut suku aborigin semua manusia adalah seniman sehingga tidak ada istilah ahli seni dalam masyarakat aborigin. Beberapa kesenian yang ditinggalkan oleh suku aborigin kuno berupa lukisan yang terdapat di pasir maupun gua. Seni lukis dengan media goa dan pasir ini sudah lama ditinggalkan oleh masyarakat aborigin modern.

  1. Ritual Adat

Sama halnya dengan kebudayaan dari suku bengsa di Indonesia, suku aborigin juga memiliki beberapa ritual adat yang sudah menjadi budaya sejak lama. Beberapa ritual adat tersebut dapat dilihat dari upacara upacara adat yang saat ini dilakukan hanya untuk pementasan. Beberapa ritual adat tersebut diantaranya :

Sponsors Link

  • Upacara Wogan – ma – gule, pertemuan air merupakan arti dari nama upacara tersebut yang mengambarkan sebagai bentuk upacara pertemuan semua masyarakat dalam suku aborigin.
  • Upacara Tiwi, kumpulan beberapa upacara dari masyarakat tiwi dalam suku aborigin yang terdiri dari upacara kulama, upacara pukumani, upacara mortuary, dan beberapa lainnya.
  • Upacara Yam, salah satu upacara dalam adat dan budaya yang dilakukan oleh masyarakat suku aborigin.
  1. Laura Aboriginal Dance Festival

Jika ingin mengetahui berbagai macam kesenian seperti seni tari, seni musik dari suku aborigin makan datanglah ke festival laura aboriginal dance tersebut. Suluruh rangkaian acara dalam festival tersebut diisi oleh berbagai kesenian dan kebudayaan dari suku terbesar di Asutralia tersebut. Festival Laura Aboriginal Dance ini dilaksanakan setiap dua tahun sekali pada bulan juli. Perayaan festival ini dirayakan oleh seluruh masyarakat suku aborigin yang ada di Cape York Peninsula.

Beberapa kebudayaan yang ada dari suku aborigin tersebut dapat menjadi ilmu dan wawasan baru bagi kita semua. Dalam ulasan diatas, masih banyak contoh budaya lainnya yang belum disebutkan.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Seni Budaya