Sponsors Link

Nilai Nilai Karakter yang Terkandung dalam Dolanan Anak Ini Wajib Diketahui

Tidak usah diragukan lagi ya sobat bahwasanya negara kita tercinta Indonesia ini merupakan negara yang terkenal akan berbagai mcam budaya dan juga kesenian yang tentunya tersebar di seluruh daerah di Indonesia yang juga tentunya berbeda satu dengan  yang lainnya. 

Kekayaan budaya dan kesenian yang dimiliki oleh negara kita tersebut merupakan warisan yang harus kita lestarikan karena sudah tentu hal tersebut merupakan kebanggan dan asset bangsa  kita. Bahkan yang membanggakan lagi, semua negara di dunia telah mengakui kekayaan negara kita yang tentunya belum tentu dimiliki oleh negara yang lainnya.

Untuk itulah sobat, kita sebagia pemiliki warisan tersebut hendaknya terus melestarikan semua jenis budaya tersebut agar tidak lekang atau tergerus oleh perkembangan waktu dan zaman yang tak akan bisa terhentikan.

Salah satu contoh seni budaya nusantara yang patut kita lestarikan yang tentunya memiliki banyak manfaat untuk kita adalah seperti tembang dolanan anak. Umumnya tembang dolanan anak ini berasal dari Jawad an juga menggunakan bahasa jawa.

Nah sobat, untuk mengetahui lebih lanjut mengenai tembang dolanan tersebut serta nilai nilai karakter yag terkandung dalam dolanan anak tersebut, yuk langsung saja kita simak ulasan berikut ini. Check It Out.

Apa Itu Tembang Dolanan Anak

Tembang dolanan anak itu sendiri merupakan tembang atau lagu yang dijadikan sebagai sarana untuk bersenag-senang dan juga untuk mengisi waktu luang yang tentunya pesan didalamnya mengandung makna atau pesan yang mendidik.

Sebut saja seperti nilai sosial, nilai religious nilai kebersamaan, nilai kebangsaan, dan juga nilai estetis. Tembang dolanan anak ini bisa kita jadikan sebagia sarana untuk melatih seseorang dalma menumbuhkan nilai-nilai positif dalam dirinya. Untuk itulah, tembang dolanan tersebut sangat penting untuk kita lestarikan. contoh tembang dolanan anak bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

Apa Saja Nilai Nilai Karakter Yang Terkandung Dalam Dolanan Anak Tersebut?

Adapun beberapa nilai-nilai karakter yang terkadung dalam dolanan anak tersebut antara lain adalah sebagai berikut :

  • Nilai Kebersamaan

Yang pertama adalah nilai kebersamaan. Kebersamaan untuk saling membutuhkan, saling membantu, orang yang mempunyai kedudukan lebih tinggi membutuhkan orang yang berkedudukan lebih rendah, demikian juga dengan sebaliknya.

Kedudukan yang tertinggi tersebut diibaratkan seperti ndara Bei yang membutuhkan pengawalan dari para mentrinya yang dianggap mempunyai kedudukan yang lebir rendah. Untuk itulah nilai kebersamaan ini sangatlah penting untuk diperhatikan dan dilestarikan.

  • Nilai Saling Menghormati

Yang kedua adalah saling menghormati. Pada dasarnya setiap budaya pasti mengajarkan tentang saling menghormati. Seseorang yang memliki kedudukan yang lebih rendah sudah sepatutnya menghormati kedudukan yang lebih tiggi. Namun disamping itu, dalam hal ini mereka yang memiliki kedudukan lebih rendah tersebut juga harus senantiasa menghargai seseorang yang memiliki kedudukan lebih rendah tersebut.

  • Penghargaan Terhadap Alam Semesta

Yang ketiga adalah pengharagaan terhadap alam semesta. Penghargaan pada alam semesta juga tentunya ada hubungannya dengan nilai religious. Hal ini bisa kita lihat dari keagungan alam semesta pada saat bulan purnama akan menggambarkan betapa agungnya kebesaran sang pencipta. Hal inilah yang perlu diperkenalkan kepada anak-anak, sehingga sejak dini mereka sudah mulai bisa mencintai alam dan segala keindahannya.

Sekian sobat ulasan mengenai nilai-nilai karakter yang terkandung dalam dolanan anak pada postingan kali ini. Terima kasih kepada anda yang sudah berkunjun dan membaca postingan ini. Semoga bermanfaat, salam hangat selalu.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Dasar Seni